'manusia hidup bukan dari roti saja…'

Bahan Khotbah , Cell Getsemani 12 Mei 2006

Belajar dari Hidup Simson

Latar Belakang
Manoah, ayah simson dari keturunan Dan,
Kej 49:16 adalah kata-kata nubuatan/wasiat Yakup yang terakhir sebelum meninggal, bisa jadi digenapi dalam diri Simson, karna Simson adalah satu-satunya hakim dari suku Dan.

Kelahiran Simson melalui cara yang ajaib Hak 13:1-25
Ayah dan ibu Simson adalah pasangan Suami istri yang senantiasa menerapkan prinsip segitiga dalam pernikahan mereka, ada Tuhan di tengah-tengah suami istri itu

Pengurapan yang turun atas Simson adalah pengurapan kekuatan fisik yang sangat dasyat.

Eksposisi
• Pada saat yang terdesak, Simson berseru kepada Tuhan., Pada saat simson Haus, dia berseru kepada Tuhan , dan Tuhan memberi air secara ajaib (Hak15:19)

• Simson sangat mengumbar hawa nafsunya, merengek kepada orang tuanya untuk dinikahkan dengan gadis Filistin di Timna,tidak mau mendengarkan nasehat orang tuanya, dia tidur dengan perempuan sundal (Hak 16:1), dan pada puncaknya dia jatuh cinta pada Delila.

• Simson bermain-main dengan dosa, Simson berada di arena/wilayah musuh/
Simson tidak menyadari bahwa kebiasaannya mengumbar nafsu itu terbaca oleh pihak lawan sebagai titik lemahnya (Hak 16:5), Simson suka berbohong, tiga kali ia menipu delila.

• Simson kurang membangun keintiman dengan Tuhan. Simson selalu terlibat cinta dengan wanita-wanita yang tidak sungguh-sungguh mencintai dia dengan tulus, buktinya gadis Timna itu dengan segera jatuh ke pelukan lelaki lainnya, perempuan sundal itu hanya sekedar bersundal, dan Delila adalah wanita yang memanfaatkan Simson untuk mengeruk keuntungan yang sangat besar (Hak 16:5),
Mengapa demikian? Orang yang takut di tolak dia merasa tidak aman, dia rela jadi budak /diperbudak siapa saja, asalkan dia mendapatkan cinta, walau cinta yang diterimanya hanyalah cinta nafsu belaka yang menipu, bukan cinta yang sesungguhnya. Ini adalah sebuah kebodohan.
Mengapa hal ini bisa terjadi, dimana seseorang sangat menyimpang dari jalan-jalan Tuhan, hanya untuk mengumbar nafsunya ?
Jawabannya adalah karena orang-orang yang seperti ini kurang membangun keintiman dengan Tuhan.

• Simson takut ditolak manusia lebih dari pada takut ditolak Tuhan, ikatan terhadap manusia melebihi ikatan dengan Tuhan
( Hak 16:4-15) Tiga kali Simson di akali oleh Delila, tetapi dia tidak peka bahwa wanita ini sangat membahayakan, ayat 16 menunjukkan pada kita bahwa Simson tidak tahan terhadap desakan Delila, yang ditakutkan simson adalah perkataan Delila yang seperti ini:
“ Engkau ndak cinta padaku…!”
Simson takut ditolak oleh pujaan hatinya. Simson sudah terikat pada wanita ini. Simson sudah masuk dalam jerat wanita ini. Dia lebih takut kehilangan wanita ini daripada kehilangan Tuhan. Ikatan Simson dengan Tuhan begitu lemahnya. Kebutuhan simson untuk diterima oelh Delila begitu kuatnya.
Seseorang yang terikat hatinya dengan Tuhan, dan Firman-Nya, tidak takut ditolak oleh manusia. Daniel tetap berdoa 3 kali sehari dan tidak takut jabatannya diambil, tidak takut nyawanya diambil ketika harus berhadapan dengan singa-singa. Daniel tidak mau makan daging yang telah dipersembahan pada berhala, dia tidak takut terhadap sangsi apapun, dengan cerdik dan win-win solution dia menawarkan uji coba. Yusuf tidak takut jabatannya sebagai kepala urusan rumah tangga di rumah Potifar dicabut daripadanya, karna hatinya melekat pada Tuhan dan Firman-Nya. Rekan- rekan Daniel tidak mau mengikatkan dirinya dengan patung, sekalipun mereka menghadapi dapur api.

• Simson bermain-main dengan Kasih Karunia Tuhan, (Hak 16:20), pengurapan yang simson terima adalah kasih karunia Tuhan, tetapi Simson gagal berlaku sebagai bendahara atau pengelola, dia memperlakukan talenta/ karunia itu sekehendak hatinya sendiri. (Hak 16:20). Ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah bilang-bilang kalau mau meninggalkan seseorang, (Ingat bahwa yang diserukan Daud saat ia bertobat adalah permohonannya agar Roh Allah yang kudus jangan meninggalkan dia, dia takut kalau diposisi ditolak Tuhan, Mas 51:13) Ingat, letak kesaktian Simson bukanlah pada rambutnya yang panjang, tetapi lebih kepada ikat janji/ nazar dengan Allah. Ketika Simson melanggar perjanjiannya dengan Allah, Allah meninggalkan dia.

• Hati dan Visi simson dibentuk Tuhan. Kekuatan simson diambil, matanya dicungkil. Tuhan ingin Simson mengubah visi hidupnya, dari wanita kepada Tuhan, dari kekuatan’nya’ kepada kekuatan Tuhan, dari ‘cinta gombal’ kepada cinta sejati, Tuhan membentuk hati Simson menjadi hati hamba, dia harus menggiling, pekerjaannya membantai musuh dengan kekerasan, kini harus diganti dengan menggiling yang keras jadi lembut, Tuhan sedang melembutkan hari Simson dan membentuknya jadi hati hamba. Simson yang besar, harus dituntun seorang anak kecil. Hati Simson yang sudah dilembutkan membuat Simson mau mempercayai seorang bocah kecil dan lemah

• Titik balik pertobatan Simson, saat ia mulai sadar kembali bahwa ia membutuhkan kasih karunia Tuhan untuk bisa mendapatkan kembali pengurapan kekuatan, Seruan Simson kali ini menggunakan kata Tuhan Allah (16:28), sebelumnya Dia gunakan kata Tuhan (15:18) Seruan pertama, “menang untuk terus hidup”, seruan ke dua “mati untuk menang” Seruan pertama, artinya : tujuannya adalah HIDUP, dengan cara MENANG
Seruan kedua artinya: tujuanku adalah MENANG dengan cara MATI
Simson telah menang atas kedagingannya, dia rela mati daging tetapi meraih kemenangan iman, berbedah jauh dengan dulunya sebelum bertobat : Simson berbuat sebaliknya, Simson akan melakukan apa saja termasuk diantaranya kalah iman, demi meraih kemenangan daging.
Simson tidak takut mati lagi. Simson tidak gengsi mengalami mati.

• Pertobatan Simson membawa kemenangan terbesar, mencatat rekor dalam catatan sejarah. (16:30)

Kesimpulan:
1. Pengurapan/karunia bukanlah segala-galanya, tetapi keintiman dengan Tuhan merupakan yang sangat hakiki.
2. Kasih karunia adalah titipan Ilahi, jangan bermain-main dengan karunia/talenta dari Tuhan
3. Minta Visi/ Diriction/ Arah dari Tuhan dan Hati hamba, buang sayang diri untuk meraih Kemenangan Iman !

zwani.com myspace graphic comments

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: