UJIAN LAGI…UJIAN LAGI…LAGI-LAGI UJIAN !!

Bahan Renungan Pengantar Ujian
Hari I

Lagu :

Mengapa harus ada Ujian ?

Bacaan Alkitab: Kejadian 3:6

Masa ujian adalah masa yang paling melelahkan, kita harus banyak-banyak belajar, kita harus menyediakan banyak konsentrasi, bahkan beberapa kegiatan yang menyenangkan sekalipun harus diabaikan dan digantikan dengan yang namanya persiapan ujian.

Adam dan Hawa adalah manusia pertama yang mengalami ujian.
1. Ujian pertama apakah mereka dengar-dengaran akan Firman Tuhan atau perkataan Tuhan.Iblis menguji Hawa tentang pengetahuan Hawa akan Firman Tuhan.Iblis memutar balikkan Firman Tuhan, menambah dan menguranginya, dan Hawa terkecoh. Sebagai siswa apakah kalian dengar-dengaran akan penjelasan dan pemaparan materi oleh Guru ? Saat inilah pendengaran kalian diuji.
2. Ujian yang kedua adalah ujian kepercayaan. Iblis menyuntikkan rasa curiga terhadap Allah, seolah-olah ada kerugian kalau mentaati Allah. Sebagai siswa kepercayaan kalian akan nasehat orang tua dan Guru juga diuji. Apakah semua nasehat itu bertujuan untuk menjerumuskan kalian ataukah sebaliknya untuk mengangkat kalian jadi orang yang berhasil? “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian” nampaknya adalah nasehat yang kuno, lapuk dan nggak gaul, tapi sebenarnya nasehat itu betul. Ada bayar harga yang mahal untuk mendapatkan sebuah kesuksesan, di dunia ini tak ada yang instant.
3. Ujian yang ketiga adalah ujian nafsu. Hawa melihat buah terlarang itu dan tergiur. Disiplin diri adalah kata yang tepat untuk siswa seperti kalian. Disiplin diri atau self discipline adalah memotong nafsu yang tidak mendukung persiapan ujian, misalnya nafsu nonton TV berlebihan (keinginan mata), nafsu kemalasan belajar, nafsu dolan-dolan, dlsb.

Hadapilah ujian tiga hari ini dengan persiapan yang matang. Selamat ujian ! Kesusksesan menantimu !! Kesusksesan di tanganmu !!

Diterbitkan oleh Susan Grace Hadazah Sumilat Widiono S.MG. HP.081946262599

Saya sangat bersyukur bisa berbagi rhema dengan anda semua. Kunjungi Kanal YouTube BERBAGI RHEMA

Tinggalkan komentar