'manusia hidup bukan dari roti saja…'

KUASA PERKATAAN

KUASA PERKATAAN
SERI 1
Berfirmanlah Allah: “ Jadilah terang.” Maka terang itu jadi. (Kejadian 1;3)
Di dalam perkataan/ucapan Tuhan mengandung kuasa menciptakan dari tidak ada menjadi ada.
Berfirmanlah Allah: ”Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” (Kejadian 1: 26)
Ketika manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Tuhan, manusia juga memiliki kuasa yang sama dalam perkataan/ucapannya. Kuasa yang diberikan pada manusia adalah kuasa untuk menguasai dan menaklukkan yang diciptakan Tuhan, yaitu seluruh bumi dan binatang-binatang yang ada di dalamnya, dan kuasa untuk memenuhinya dengan keturunan/anak-cucu.
Bagian Tuhan menciptakan, tetapi setelah itu, Tuhan memberi mandat pada manusia untuk berkuasa atas ciptaan-Nya yang lainnya.
Bagaimana cara menjalankan kuasa itu..?? Sama saja dengan rupa dan teladan Tuhan, yaitu lewat PERKATAAN.
Bukti pertama bahwa hal tersebut adalah benar;
Kejadian 2:19 Lalu Tuhan Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya: dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nam makhluk itu.Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.
Adam diberi wewenang istimewa oleh Tuhan untuk memberi nama-nama binatang. Dan Tuhan sama sekali tidak menginterupsi Adam, apapun yang Adam katakan tentang nama suatu binatang, misalnya GAJAH, maka binatang itu akan bernama GAJAH, tidak diganti menjadi SINGA.
Bagaimana mungkin si Adam bisa menyimpulkan bahwa tidak ada binatang mana pun yang sepadan dengan dia? Itu dimungkinkan karena dalam memberi nama-nama binatang tersebut Adam juga ikut menentukan spesifikasi binatang tersebut apa, misalnya GAJAH akan banyak beraktifitas melalui belalainya, tetapi KUDA memiliki kekuatan yang lebih dari binatang sejenis lainnya, sedangkan KELEDAI sanggup mengangkat beban berat, dll. Semua spesifikasi tersebut ditentukan oleh arti yang terkandung pada tiap nama binatang itu. Dari spesifikasi itulah Adam menyadari bahwa tidak ada yang sepadan dengan dia.
Bagaimana hal itu bisa terjadi…??? Lewat memberi nama, lewat PERKATAAN.
Pada kata bagaimana ia MENAMAINYA, dipakai kata asli QARA, yang mengandung arti:

Dalam TB : Memanggil, Panggillah, dipanggil, dipanggilnyalah , dipanggilnya, Kupanggil , memanggil-manggil, dipanggillah, memanggil-Mu , memanggil datang , kupanggilkah, dipanggil-Nyalah, kupanggil
berseru , berserulah , menyerukan, diserukan , berseru-seru, Serukanlah, diserukannya, kuserukan, seruku, menyeru-nyerukan, menyerukannya
berteriak-teriak, berteriak sekeras-kerasnya
disebut , disebutkan , menyebutkan, menyebut, kusebutkan, sebutkanlah, menyebutkannya, sebutkan, disebutkannyalah, disebut-sebut, dipanggil dengan disebutkan, kausebutkan

berkata
Kusebut, Sebutlah, Sebutkanlah, menyebutnya

menamai , menamainya , dinamai , dinamainya, menamakan, dinamainyalah, dinamailah, Namailah, diberikan nama, namanya
dinamai-Nya
mengundang, diundangnya, undangan
membacakan, dibacakan, membacanya, membacakannya, bacalah, diberikannyalah
mendatangkan

berpanggil-panggilan
memaklumkan, maklumkanlah, maklumkan, dimaklumkan , memaklumkannya
memberi, diberikan, diberi, Berilah, diberinya , memberikan
memberitakan
dikabarkan
termasyhur, Termasyhurlah
mengumumkan
baca, dibacakannya, dibacakannyalah, bacakan, dibacakanlah , dibaca, kaubacakannya menjadi nama, membaca, kaubacakan

dilekatkan
bertemu
didengar
Kutunjuk
DIGOLONGKAN
menumbuhkan
menunjuk
menggerakkan
menggenggam
mengajukan pengaduan
menganggap
menyelenggarakan
panggil
sampaikanlah
pahlawan-pahlawan perang
orang-orang undangan
menyuruh
mengadakan
diundang, umumkan undangan-Nya, undanglah
kata
disampaikan, kusampaikan
memberitahukan
menawarkan
mengajak
dikerahkan, mengerahkan
digolongkan = berbicara mengenai spesifikasi kan????

KUASA PERKATAAN
SERI 2
Yesus menyembuhkan hamba seorang perwira di Kapernaum
Matius 8:5-13
8:5 Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: 8:6″Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh q dan ia sangat menderita.” 8:7 Yesus berkata kepadanya: “Aku akan datang menyembuhkannya.” 8:8 Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. r 8:9 Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya.” 8:10 Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman s sebesar ini 1 tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel. 8:11 Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat t dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga, u 8:12 sedangkan anak-anak Kerajaan itu v akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. w ” 8:13 Lalu Yesus berkata kepada perwira itu:”Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya. x ” Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.
Seorang perwira di Kapernaum percaya, satu kata/sepatah kata saja dari Yesus dapat menyembuhkan hambanya.
Yang menarik di sini adalah jawabn Yesus kepada perwira itu bukanlah kalimat semacam ini “Pulanglah dan hambamu itu sekarang juga telah sembuh”, sama sekali bukan !
Tetapi Tuhan Yesus menjawab dengan kalimat “Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya.”
Jadi kesimpulannya kalimat kesembuhan itu siapa yang mengatakannya??
Saya rasa ya perwira Kapernaum itu sendiri yang kemudian berkata-kata sesuai dengan yang dia percaya.
Yesus tidak memperkatakan kesembuhan hamba dari perwira ini, tetapi Yesus justru mengatakan bahwa JADILAH KEPADAMU SEPERTI YANG ENGKAU PERCAYA.
Apa yang dipercayai oleh perwira ini, DIKATAKAN sebagai SEPATAH KATA yang berkuasa. Karena iman itu pasti akan mempengaruhi perkataan kita.
Jika kita cemas dan takut pasti kalimat yang muncul adalah “ Aduh…cilakak…aduh…dia pasti akan mati…”
Jika kita beriman maka kalimat yang muncul adalah “Dia pasti sembuh sekarang juga!”
Perhatikan kalimat terakhir pada Matius 8:13
Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.
Seandainya imannya berkata begini “Waaahhh bisa jadi sembuhnya minggu depan.”
Maka bisa jadi ayat 13 akan berbunyi lain, “Maka seminggu setelah itu, sembuhlah hambanya itu.”
Yesus tahu, bahwa perwira ini mengerti KUASA PERKATAAN, dia tahu bahwa sepatah kata saja dari Yesus dapat menyembuhkan. Yesus memujji imannya yang besar, walaupun dia bukan orang Israel. Oleh karena itu secara tidak langsung Yesus juga mau menegaskan bahwa apa yang kau percayai, apa yang kau katakan, akan terjadi. Karena ada kuasa bukan hanya pada perkataan Yesus, tetapi juga di dalam perkataan iman daripada perwira ini.
Kata-kata apa yang sering secara latah/klise diucapkan yang dapat MEMPERPENDEK UMUR/mengurangi tingkat kecerdasan seseorang/menghambat berkat turun, baik terhadap diri sendiri atau orang lain.
1. Mateng aku!
2. Mateng lu!
3. Mati aku!
4. Mati kamu!
5. Mampus deh gue!
6. Mampus deh lu!
7. Gila kali aku ni!
8. Gila kali dia tuh!
9. Gila lu…
10. Bodoh kali aku ni
11. Emang bodoh kau!
12. Bener-bener mampus deh gue!
13. Bener-bener mampus deh lu!
14. Sial!
15. Setengah mati aku jungkir balik!
16. Kepala jadi kaki, kaki jadi kepala!
17. Setengah mati !
18. Rugi deh gue!
19. Cilakak dua belas!

KUASA PERKATAAN SERI 3
Rahab berkata (Yosua 2:8) “Tuhan TELAH memberikan negeri ini kepadamu.” Bukan menggunkan diksi ( pilihan kata) : Tuhan SEMOGA…….., Tuhan AKAN……,Tuhan HAMPIR……, Tuhan NYARIS….., Tuhan SEPERTINYA….., Tuhan KALAU JADI…., dst..tetapi menggunkan kata TELAH.
Iman selalu akan membuat perkataan seseorang mendahului apa yg telah dilihatnya dgn mata iman. Bukan dgn mata jasmani.
Perkataan iman Rahab ternyata berkuasa menularkan imannya pada dua pengintai yg justru sebagai org Israel malah menggunakan diksi “Tuhan AKAN…..” pada awalnya saat berbicara dgn Rahab. Namun perhatikan laporan 2 pengintai pada Yosua selepas bertemu dgn perempuan beriman raksasa ini! Mereka tertulari perkataan iman Rahab karena diksi yg mereka pakai di hadapan aYosua adalah “Tuhan TELAH…”
Kuasa perkataan yg keluar dari iman dapat menular.
Sebaliknya perkataan yg melemahkan pun dapat menyuntikkan ketakutan, kekawatiran dan keputusasaan.
Apapun kondisi ekonomi negara kita saat ini, saya salut pada pidato presiden yg menyuntikkan optimisme, tetapi tetap jujur dgn hal hal yg mana yg masih perlu diperbaiki.

KUASA PERKATAAN SERI 4
Mengapa Kaleb dan Yosua adalah dua orang yang boleh masuk ke tanah Kanaan?
Karena hanya dua orang ini yang lolos AUDISI PROMISE LAND. Lho kog bisa…?? Apa kriterianya…??
Hanya yang bersungut-sungut TIDAK LEBIH DARI SEPULUH KALI, yang boleh masuk ke tanah KANAAN. Ternyata menurut catatan para malaikat pencatat semua ucapan berguna dan sia-sia dari bangsa Israel, hanya dua orang ini yang terbukti berdasarkan catatan, bersungut-sungutnya tidak lebih dari sepuluh kali.
PERSUNGUTAN akan menjauhkan kita dari TANAH PERJANJIAN, bahkan bisa membatalkan kita memasukinya. Tidak perduli Tuhan sudah menjanjikan, persungutan akan dapat menjadi kegagalan untuk kita meraihnya.
Bayangkanlah pada saat bangsa Israel berkata “Aduh, kita bisa mati di padang gurun ini….!! Hausnya luar biasa…mana nggak ada minuman lagi !”
Pada saat yang sama, Yosua dan Kaleb berkata ” Puji Tuhan, Engkau baik, Engkau pasti berikan kami air di perjalanan nanti, Engkau sanggup mengadakan air bagi kami, meskipun di padang gurun sekering ini…itu mudah bagiMu, sedangkan air laut saja sanggup Engkau keringkan Tuhan…Haleluya !!”
“Iya benar…aku setuju denganmu Yos!”
BIlangan 14: 22-23 Semua orang yang telah melihat kemuliaan-Ku dan tanda-tanda mujizat yang Kuperbuat di Mesir dan di padang gurun, namun telah SEPULUH KALI mencobai Aku dan tidak mau mendengarkan suara-Ku , pastilah tidak akan melihat negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka! Semua yang menista Aku ini tidak akan melihatnya. tetapi hamba-Ku Kaleb, kerena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke nengeri yang telah dimasukinya itu, dan KETURUNANNYA akan memilikinya.
ayat 29-30 Di padang gurun ini bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang DICATAT, semua tanpa kecuali yang berumur dua puluh tahun ke atas, karena kamu telah bersungut-sungut kepada-Ku. Bahwasannya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kujanjikan akan Kuberi kamu diami, kecuali KALEB BIN YEFUNE DAN YOSUA BIN NUN!
Lihatlah, ternyata sebuah PERKATAAN/UCAPAN SYUKUR pun punya kuasa yang dampaknya sampai bisa dirasakan anak cucu. Tentunya keturunan KALEB menjadi orang-orang yang luar biasa MAKMUR, karena mereka menduduki HEBRON, yang tersubur di antara tanah tersubur di seluruh muka bumi.
Perbandingan orang yang bersungut-sungut dengan yang mengucapsyukur angkanya sangat fantastis, jutaan banding dua orang saja.
Mengapa anak cucunya ikut mencicipi berkat?
Secara teori dapat diteorikan sebenarnya. Begini.
Kaleb dan Yosua suka mengucap syukur, dan jarang bersungut-sungut. Bisa jadi persungutannya pernah, tetapi cepat bertobat. Nah, keluarganya, anak-anaknya, isterinya, orang-orang yang terdekat dengannya ikut mendengar ucapan mereka, ucapan dua ayah ini. Sehingga mereka pun ikut berpengharapan akan tanah perjanjian yang Tuhan janjikan. Memang haus, memang lapar, memang ada rasa bosan terhadap manna, memang ingin daging, memang capek, memang terasa tidak sampai-sampai pada tujuan, tetapi harapan mereka akan menduduki tanah perjanjian jauh lebih besar dan mengalahkan memang memang dan memang itu tadi. Yang mereka katakan bukan hausnya, laparnya, bosannya, tetapi yang mereka katakan adalah ‘nggak papa…ini kan sekarang…nantinya kalau kita udah sampai sana…pasti akan keren’
Sedangkan anak-anak dan isteri orang lain yang memiliki kepala keluarga suka bersungut-sungut, memberontak pada Tuhan, walaupun sudah lihat mujizat berkali-kali bukannya berharap akan mujizat berikutnya, malah selalu berputus asa dan mengeluh, mereka ini akan mendengar kepala keluarga yang bersungut, mengeluh, tidak mengucap syukur.
Akibatnya mereka pun bertumbuh menjadi pribadi yang mudah mengeluh, mudah bersungut-sungut. Itulah sebabnya walaupun yang umur 20 tahun ke bawah, ikut masuk dalam tanah perjanjian, anak-anaknya Kaleb lah yang berhasil menduduki HEBRON, karena kapasitas iman mereka cukup tangguh untuk menumpas penduduk asli yang notabene RAKSASA.
Darimana keberanian mereka untuk berperang itu…?? Bukankah ayah mereka, Kaleb, sudah tua..??
Dari iman yang terus diperkatakan sang ayah dan ternyata membekas di hati anak-anaknya.
AYAH yang berbeda. Ayah yang optimis, ayah yang selalu pegangn janji Tuhan, ayah yang berkata-kata positif sesuai dengan iman dan harapan.
Tak heran pengelilingan tembok Yerikho tidak boleh ada perkataan apa pun, kecuali hanya untuk bersorak di akhir acara.
Generasi ini lahir dari didikan para ayah yang bersungut.
Bisa bisa jika mereka diijinkan bicara tembok itu tidak jadi runtuh.
Ayo jadi ayah yang berbeda, jadi ibu yang berbeda, ayah dan ibu yang menemani anak-anak mencapai tanah KANAAN dan MENDUDUKINYA
Contoh ucapan ayah kebanyakan.
Sudahlah…nggak usah berani beraninya ingin jadi dokter…biaya kuliahnya mahal. Papa ndak punya uang.
Contoh ucapan ayah yg berbeda.
Kamu ingin kuliah di kedokteran? Baik, kita berdoa sejak sekarang, Tuhan pasti sanggup buka jalan jika Tuhan berkehendak. Belajar yg rajin ya nak, kamu jangan lihat papa, ttp harus lihat Papa di surga.

 

KUASA PERKATAAN SERI 5

Kuasa perkataan pemimpin yang bagaimana yang bisa menggerakkan orang yang dipimpinnya mencapai suatu goal / sasaran dengan pencapaian berdasarkan waktu yang akurat dan fantastis/ cepat.

Nehemia memang pemimpin yang keren abiz.

Pembangungan kembali tembok Yerusalem yang telah roboh tidak mudah, karena telinga rakyat yang membangun, sangat diganggu oleh serangan ejekan-ejekan orang dari luar yang membenci proyek pembangunan tembok Yerusalem ini.

Sebagai seorang pemimpin, perkataan Nehemia sangat berpengaruh.

Apakah dia akan menyerang balik ?
Apakah ia bahkan mengerahkan orang-orang yang dipimpinnya untuk sakit hati secara korporat/ secara massal, dan menyerang balik dengan ucapan yang tidak kalah pedasnya?
Apakah dia akan menghabiskan waktu yang banyak sekali dalam mengatasi masalah ini?
Strategi apa yang dia jalankan?

Kewaspadaan terhadap orang-orang yang menentang pembangunan
4:1 Ketika Sanbalat c mendengar, bahwa kami sedang membangun kembali tembok, bangkitlah amarahnya dan ia sangat sakit hati.

Ia mengolok-olokkan orang Yahudi 1 4:2 dan berkata di hadapan saudara-saudaranya d dan tentara Samaria: “Apa gerangan yang dilakukan orang-orang Yahudi yang lemah ini? Apakah mereka memperkokoh sesuatu? Apakah mereka hendak membawa persembahan? Apakah mereka akan selesai dalam sehari? Apakah mereka akan menghidupkan kembali batu-batu dari timbunan puing e yang sudah terbakar habis seperti ini?” 4:3 Lalu berkatalah Tobia, f orang Amon itu, yang ada di dekatnya: “Sekalipun mereka membangun kembali, kalau seekor anjing hutan meloncat dan menyentuhnya, robohlah tembok batu g mereka.” 4:4

Ya, Allah kami, dengarlah bagaimana kami dihina. h Balikkanlah cercaan mereka menimpa kepala mereka sendiri 2 dan serahkanlah mereka menjadi jarahan di tanah tempat tawanan. 4:5 Jangan Kaututupi kesalahan i mereka, dan dosa mereka jangan Kauhapus dari hadapan-Mu, j karena mereka menyakiti hati-Mu dengan sikap mereka terhadap orang-orang yang sedang membangun.

Nehemia melakukan edukasi doa, dan doa edukasi. Doa yang dinaikkan tetapi memakai kata KAMI, karena mewakili seluruh rakyat, dan pada doa ini, sekaligus Nehemia melatih mereka untuk punya sikap hati yang tepat. SEMUA HINAAN DAN CERCAAN MEREKA ditujukan kepada TUHAN, dan sikap itu ditunjukkan kepada mereka. Jadi karena ditujukan kepada Tuhan, kita serahkan saja apa yang telah mereka tabur itu kepada Tuhan, biarlah mereka menuainya.

kuasa perkataan daripada Nehemia sebagai seorang Pemimpin inilah yang sanggup membuat semua ejekan, hinaan, cercaan, intimidasi, tidak akan dapat sanggup menghentikan langkah mereka untuk membangun kembali tembok Yerusalem.

4:6 Tetapi kami terus membangun tembok sampai setengah tinggi dan sampai ujung-ujungnya bertemu, karena seluruh bangsa bekerja dengan segenap hati. 4:7

Coba bayangkan kalau Nehemia berkata kalimat seperti ini:
‘Kurang ajar sekali mereka itu, berani beraninya mereka menghina kita. Mereka itu belum tahu siapa kita yang sebenarnya…begini saja, besok kalau mereka datang lagi ,kita akan katakan pada mereka bahwa mereka itu bangsa kelas tempe’

dan bayangkan kalau ayat berikutnya berkata seperti ini:
‘karena perang mulut itu tidak henti-hentinya, berlangsung, akhirnya pembangunan tembok itu juga tertunda selama beberapa bulan.’

ORANG yang menggunakan kuasa perkataan untuk membalas ejekan dengan ejekan, caci maki dengan caci maki, hinaan dengan hinaan akan melihat dalam hidupnya ada tembok-tembok yang terus terbuka, ada kebocoran yang menyebabkan hidupnya tidak aman, ada target-target yang tidak tercapai, karena waktunya banyak dihabiskan untuk melakukan yang bukan bagiannya, karena pembalasan adalah hak Tuhan. hak kita adalah mengampuni. Kewajiban kita terus berjalan ke depan, semua ejekan, hinaan dan cercaan itu cuma bumbu , agar pembangunan tembok itu tidak sepi, ha ha ha.

Nehemia tidak terpancing. Dia justru pakai perkataannya untuk memacu semua rakyat terus bekerja, tetap Fokus pada tujuan mereka. bukan fokus pada bumbu bumbu yang meramaikan suasana.

lha tapinya bu Grace, dia itu yang memulai duluan, saya khan cuma membalas saja
Biarlah mereka memulai dengan mengejek, dan mengakhiri dengan tercengang. MEngapa bisa tercengang….karena mereka pada akhirnya tahu, bahwa Tuhan bekerja secara dahsyat dalam hidup kita.
Kalau mereka memulai dengan mengejek, kita memulai dengan doa pengampunan. Kalau mereka mengakhiri dengan tercengang, kita pun dapat mengakhiri semuanya dengan memuliakan nama Tuhan, karena kita sendiri sadar, bahwa itu semua karena anugrah Tuhan dalam menjawab doa-doa kita.

Pada akhirnya orang-orang yang mengejek bisa kita ajak berbalik menjadi pemuji nama Tuhan, ketika mereka melihat bahwa kita bukan anggota barisan orang-orang yang sakit hati, tetapi orang-orang yang lebih dari pemenang,karena Yesus yang menngasihi kitaKUKASA PERKATAAN SERI 10

Amsal 24:26

Siapa memberi jawaban yang tepat mengecup bibir.

kata TEPAT berarti:

benar
jelas
lurus hati
tepat

wauu..jawaban yang tepat digambarkan seperti kecupan di bibir.

Siapa sih yang tidak suka dikecup bibirnya?
Kecupan yang hangat akan menumbuhkan gelora cinta.

Demikian juga perkataan yang TEPAT, BENAR,JELAS, didasari dari motivasi HATI YANG LURUS, akan menumbuhkan gelora cinta bagi yang mendengarnya.

Misalnya seperti ini:
-dalam hal memuji. Mengapa kita takut orang yang kita puji akan SOMBONG. Lha sombongnya atau tidaknya dia kan itu tanggung jawab dia di hadapan TUHAN, yang penting bagi kita adalah bagaimana memuji secara TEPAT, BENAR, JELAS, dan didasari oleh motivasi yang LURUS HATI.
– contoh : Ada seorang pianis gereja yang telah melayani Tuhan dengan sungguh-sungguh, datang tepat waktu saat berlatih, siap dengan semua lagu- main dengan performa yang prima, selalu berinovasi pada permainannya, selalu mau bekerja secara team dengan organis gereja atau pemimpin pujian, dll, dan permainannya telah menyemangati anda dalam ibadah, anda memuji Tuhan dengan sangat terbantu sekali pada kepiawaiannya dan kecintaannya pada Tuhan dan pada pelayanan musik tersebut. Sudah tepat saat anda berkata demikian:

“Ibu Lincie..saya sangat diberkati sekali dengan permainan musik anda, saat memuji Tuhan tadi, saya merasakan intro anda, semua accord yang anda mainkan, serasa semakin membuat saya bersemangat memuji Tuhan. Terima kasih ya.”

Di saat itulah saya seperti sedang ‘mengecup bibir’ ibu Lincie dengan perkataan saya, artinya saya sedang membangkitkan gelora ibu Lincie sehingga di lain hari dia lebih bergelora lagi dalam melayani Tuhan di bidang musik.

Lho kalau ibu Lincie merasakan ‘kecupan bibir’ ini dia akan lebih luar biasa lagi nanti di hari ke depan. Tapi kalau dia sombong, walau tidak ada yang memuji pun dia tetap bisa sombong dari dalam hatinya. Kalaupun gara-gara ucapan kita dia jadi sombong, itu bukan urusan kita. Itu murni urusan dia dengan Tuhan. Tetapi tugas kita untuk ‘mengecup bibirnya’/ membangkitkan hasratnya untuk lebih bergelora lagi bagi Tuhan, lewat ucapan kita, sudah kita lakukan dengan tepat, tidak berlebihan, motivasi kita lurus.

Tapi ini contoh pujian yang berlebihan

“Wah ibu Lincie memang pianis yang saya rasa, adalah pianis terbaik di bumi dan di surga….” ( ha ha ha…bombastis banget ya)

Beda lagi kalau ada pianis lain yang motivasi hatinya iri, dia akan berkata perkataan yang tidak tepat seperti ini

“Ibu Lincie..tadi mainnya sih sudah bagus, namun sayang sekali menurut saya anda terlalu berlebihan dalam memilih accord yang terlalu jazzie”

Huhuiiii….iri nich ye…

Atmosfir iri hati seperti ini jika dibudayakan oleh sebuah komunitas tidak akan menciptakan ‘kecupan di bibir’ yang menjamur di mana-mana. Akibatnya di tempat itu akan dijumpai ‘robot-robot’ yang berjalan dan beraktifitas tanpa gelora cinta, tanpa ada sesuatu yang membara/passion/hasrat yang berapi-api. Semuanya tampak normal, bahkan mungkin teratur, semuanya oke, tetapi tidak ada ‘rasa’-nya, tidak ada ‘hasrat’-nya, tidak ada ‘kehangatan’ di dalamnya, dan tentunya jika tidak ada hasrat- maka akan MINIM KREATIFITAS/ MINIM INOVASI.

Tetapi ketika perkataan kita tidak tepat, semisal seperti ini:
Ada seorang penjaga perpustakaan gereja yang selalu datang terlambat, kartu kartu perpustakaan tidak dirapikan, buku buku tidak disampul dan berdebu, tidak pernah tersenyum, dll

Tetapi karena anda sedang jatuh cinta pada tuh cewek penjaga perpush, anda bisa mengeluarkan pujian yang tidak tulus seperti ini

“Aduh….perpustakaan ini semakin maju ya sejak kamu yang mengelolanya….bener bener beda banget lho !”

(ngegombal….ini adalah perkataan yang tidak tepat- tidak akan berimbas seperti sebuah kecupan di bibir- karena si penjaga perpus itu tahu dengan sendirinya bahwa cowok ini nggak bener dalam ucapannya- dia sendiri bakalan sadar bahwa dia itu sebenarnya bukan penjaga perpush yang baik)

Sebaliknya ( bukan dalam hal pujian lagi- melainkan dalam hal teguran) , ucapan kita dalam hal teguran harus juga memenuhi kriteria TEPAT, BENAR, JELAS, dan dari LURUS HATI

Contoh:
“Neng Lia…perpustakaan ini akan lebih menarik bila buku-buku ini bersih, dan disampul rapi. Dan pengunjung perpus ini akan lebih semangat bila Neng Lia datang tepat waktu dan memastikan semua kartu lengkap dan pencatatannya lebih teliti.”
( perhatikan di sini- tidak ada kata negatif seperti DEBU, KOTOR, TERLAMBAT- tetapi dipakai kata BERSIH,DISAMPUL, TEPAT WAKTU-TELITI”

Walaupun itu teguran, tetapi karena motivasi penyampaiannya dengan lurus hati, dan memakai kata-kata yang tepat dan benar sesuai fakta, maka itu tetap berpengaruh seperti kecupan di bibir, dia akan lebih termotivasi untuk jadi penjaga perpus yang lebih baik. Dia akan memperhatikan ucapan anda dan tidak akan marah.

tetapi jika kita menegur dengan tidak tepat, contoh:
“Dasar Neng Lia ini ya ..bener bener malas, masa buku buku bisa berdebu gini, masa ruangan perpus kog nggak menarik seperti ini, siapa yang mau ke sini kalau begini caranya? Nah..kartu kartu aja berserakan kaya begini…apa apan ini…???”

ini sih bukan kecupan di bibir- tapi tamparan di pipi…ha ha ha ha…

Inginkah keluarga kita memiliki hasrat yang membara dan bergelora bagai orang yang mendapatkan kecupan di bibir…??

Inginkah isteri anda masak dengan lebih enak lagi…??
Inginkah anak-anak anda mendapatkan nilai lebih oke lagi di sekolah..??
Inginkah suami anda mendapatkan hasil pekerjaan yang lebih luar biasa lagi..??
Inginkah murid-murid sekolah minggu anda lebih cinta Tuhan lagi..??
Ingin punya anak buah di kantor yang penuh kreatifitas dan inovasi???

berikan mereka ‘kecupan bibir’ ( eit…tapi bukan kecupan beneran !), tapi kecupan dalam arti KATA-KATA YANG TEPAT-BENAR-JELAS dan didasari oleh MOTIVASI HATI YANG LURUS- menegur dengan kasih, bukan menegur dengan judes/jutek/kasar/menyinggung perasaan. Juga memuji dengan tulus, memberikan dorongan yang tepat, dan memberikan apresiasi yang wajar, tidak dibuat-buat, tidak dilebih-lebihkan.

Bapa di surga aja nggak pelit pujian pada Anak-Nya saat berkata
“Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.”

Lha kita ini sering nggak seimbang- kita sering menegur dengan kasar tanpa takut orang yang kita tegur tersinggung/sakit hati/dendam, atau di ekstrem yang lain takut menegur pada orang yang memang perlu ditegur, akhirnya yang terjadi adalah orang-orang ini terus berjalan dalam kesalahan mereka, tambahan lagi takut memuji dengan wajar karena alasan takut orang yang kita puji jadi sombong…hanya gara gara kita menakutkan apa yang bukan jadi tanggung jawab kita ( takut orang itu sombong, padahal kan itu tanggung jawab dia di hadapan Tuhan) akibarnya kita jadi pelit pujian, pelit kata ‘terima kasih’. Atau pada ekstrem lainnya terlalu mengobral pujian sehingga orang-orang yang anda puji sudah tidak bisa lagi percaya manakala anda sedang memuji benar benar dengan ketulusan hati anda, mereka sudah tidak dapat lagi membedakan kapan anda tulus hati dan
kapan anda mengobral pujian pada hal hal yang tidak tepat.

Ini salah.

Kita harus berani berkata tegas tanpa menyakiti, menegur dengan kasih, agar orang tidak tersinggung tetapi tetap kita bantu melihat sisi sisi kelemahan yang harus diubah,DENGAN cara ini, lingkungan kita, komunitas kita tidak dipenuhi dengan orang-orang yang sakit hati,

dan kita juga harus berlatih memuji dengan tulus, agar lingkungan kita dipenuhi dengan orang-orang yang berhasrat- bukan kerja seperti robot. Jangan pelit pujian pada orang-orang yang memang layak menerima apresiasi. Ndak perlu takut mereka sombong. Latih mereka untuk berkata/menjawab “Puji Tuhan, semua hanya oleh karena anugrah Tuhan”

 

saya bersyukur dapat berbagi dengan guru-guru Play Group Bintang Nusantara, Semarang. Haleluya !!

Saya bersyukur dapat berbagi dengan guru-guru Play Group Bintang Nusantara, Semarang. Haleluya !! Materi ini tidak saya sampaikan kepada rekan-rekan guru di sana, namun foto ini saya tampilkan hanya sebagai inspirasi bagi kita, para guru, untuk terus berjalan dalam Visi Tuhan atas panggilan-Nya dalam hidup kita sebagai seorang pengajar.

 

DAUD SEORANG GURU..??

Jika tampilan wordpress di sini kurang sempurna, maka anda dapat download tulisan ini langsugn dari komputer saya, dengan klik sbb:

DAUD SEORANG GURU

(BAGI ANDA YANG SUDAH PERNAH DOWNLOAD – saya anjurkan download ulang, karena ini materi edit. )

Pada tulisan nanti, akan selalu saya muat KURIKULUM SEKOLAH DAUD, untuk menjelaskan pada anda mana bagian kurikulum itu yang sedang diajarkan Daud pada murid-muridnya pada tiap peristiwa yang berbeda.

Jika anda mendownload tautan tersebut akan terlihat jelas, bagian-bagian dalam kurikulum yang saya tebalkan, garis bawahi dan tercetak miring, namun pada tampilan wordpress ini sangat terbatas. Untuk itu saya sarankan anda download dari komputer saya.

Baik, kita akan mulai dengan petualangan kita tentang pak guru Daud

Read the rest of this entry »

Read the rest of this entry »

Saat mempersiapkan materi sekolah injil liburan, saya dapat rhema yang luar biasa…yang sering kita baca di Alkitab tetapi tidak pernah terpikir bahwa sekalipun Daniel sering mengungkapkan arti mimpi raja dan arti SMS dari surga Mene Mene Tekel Ufarsin…tetapi sebenarnya Daniel adalah pribadi yang selalu diremehkan dan tidak pernah diperhitungkan !! Simak dalam tulisan ini !

BELAJAR DARI DANIEL

 

1. Ada sesuatu yang aneh dalam kisah hidup Daniel, dia didapati paling bijaksana dan berpengertian 10 kali lipat dari orang-orang berilmu dan ahli-ahli jampi, mungkin kalau di zaman sekarang dia itu memiliki IQ yang super jenius.
(Daniel 1:21) Tapi tidak ada jabatan apa-apa yang diberikan kepadanya saat itu, walau dia adalah seorang juara test IQ.

SATU- JANGAN TARUH PENGHARAPANMU PADA YANG NAMANYA PRESTASI APA PUN

 

 

Read the rest of this entry »

Materi ini akan disampaikan nanti malam pada KKR Natal Wanita gereja Kibait, se klasis Kendari

Tulisan terkait ( untuk anda bisa memahami lebih dalam anak-anak Batsyeba) bisa anda klik di tautan berikut ini:

RAHASIA DI BALIK SILSILAH YESUS KRISTUS

BERJUMPA DENGAN ALLAH DALAM KELUARGA

IMAMAT 26: 12

PEREMPUAN YANG KREATIF

Kedua tema ini akan kita gabungkan menjadi satu tema:

Perempuan Kreatif dalam Keluarga

CREATIVE WOMAN IN THE FAMILY

Mengapa sosok Batsyeba saya angkat dalam khotbah ini, apakah Batsyeba sesosok wanita kreatif seperti Debora..? Yael…? Abigail…? Ester…? Ruth…? Maria…?

Arti kata kreatif sebenarnya berasal dari kata to create/mencipta, dari akar kata creation/ ciptaan. Untuk kita bisa kreatif, kita harus akrab dengan sang pencipta/ creator.

Banyak kreatifitas perempuan ditinjau dari pekerjaannya, karyanya, kariernya, atau kecantikannya, hartanya, ketenarannya, dll, tetapi kita akan melihat sosok Batsyeba sebagai sesosok wanita yang creatif dalam keluarganya, bagaimana dia sebagai seorang isteri dan seorang ibu rumah tangga biasa, tetapi yang berperan dalam keluarga, sehingga Tuhan memakai kedua anaknya masuk dalam silsilah Yesus Kristus, yaitu Salomo  dan juga Natan.

Berbeda dengan perempuan-perempuan lain yang gagal dalam mendidik anak-anak mereka, gagal menjadi perempuan yang kreatif, seperti kegagalan dari Ahinoam, perempuan Yizreel, ibunda daripada Amnon (yang memperkosa Tamar) ,

kegagalan dari Maakha, anak perempuan Talmai raja Gesur, ibunda daripada Absalom ( yang membunuh Amnon, karena dendam pada Amnon yang memperkosa Tamar adiknya serta memberontak pada ayahnya sendiri) ,

kegagalan dari  Hagit, ibunda dari Adonia (yang karena telah meninggikan diri dan mengangkat diri sendiri menjadi raja)

Kreatifitas seorang ibu rumah tangga dalam mempersiapkan generasi berikutnya tidak bisa dianggap remeh, ini perkara mempersiapkan generasi pemimpin di akhir zaman/ atau untuk kelangsungan generasi berikutnya

Ini adalah kreatifitas dalam BUKAN MENCIPTA BARANG, tetapi mencipta SDM-sumber daya manusia/ arsitek jiwa.  Prosesnya lama dan butuh ketekunan, tetapi hasilnya bisa dipetik di kemudian hari. Butuh seni dalam membesarkan anak-anak dengan cara yang Tuhan mau.

SOSOK PRIBADI BATSYEBA MASUK DALAM DAFTAR SILSILAH YESUS, walaupun nama batsyeba tidak ditulis. Bahkan dalam kedua silsilah Yesus Kristus, baik yang versi kitab Matius maupun yang versi kitab Lukas. Namun kehadiran kedua anaknya, yaitu Salomo dan juga Natan, merupakan suatu keistimewaan, karena kedua anak ini adalah anak dari istri Daud yang bernama Batsyeba, bukan nama-nama isteri Daud yang lainnya

Inilah beberapa ayat yang kita pelajari tentang 2 silsilah Yesus Kristus dan juga tentang ayat terkait dalam perjanjian lam.

Matius 1: 6

Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria.

Lukas 3: 31

Anak Melea, anak Mina, anak Matata, anak Natan, anak Daud, anak Isai.

I Taw 3: 5

Inilah yang lahir bagi dia di Yerusalem: Simea, Sobab, Natan dan Salomo, empat orang dari Batsyua binti Amiel, …

II Sam 5:14

Inilah nama anak-anak yang lahir bagi dia di Yerusalem: Syamua, Sobab, Natan, Salomo

II Sam 11: 3

lalu Daud menyuruh orang bertanya tentang perempuan itu, dan orang berkata; “Itu adalah Batsyeba binti Eliam, isteri Uria, orang Het itu.

Batsyeba adalah sesosok perempuan yang dipilih untuk menjadi moyang Yesus. Yang dalam silsilah menurut versi Matius ini berujung ke Yusuf, ayah Yesus secara HUKUM.

Dengan menjadi suami Maria, tentunya saat Yesus lahir, secara hukum Yesus memiliki nama ayah dalam surat kelahirannya.

Bahkan dari silsilah versi Lukas, ini berujung pada Eli, mertua daripada Yusuf, ayah daripada Maria, yang mana Maria melahirkan Yesus secara biologis.

Ada banyak wanita hebat dalam Alkitab, seperti Debora, Abigail, Ratu Ester, dll, tetapi apa istimewanya daripada Batsyeba ini?

Ada banyak juga wanita isteri-isteri Daud yang lainnya, mengapa memilih Batsyeba? Dari anak-anak Batsyebalah yang dipakai Tuhan untuk namanya dituliskan dalam kedua silsilah Yesus Kristus..?  Bukankah isteri – isteri Daud yang lain banyak…semisal Abigail yang terkenal cantik dan bijaksana…dll?? Mengapa harus Batsyeba ??

Apa arti nama batsyeba :

Bath-Sheba= “daughter of an oath”= putri yang subur, yang segar,  ………… binti ELIAM

Nama Batsyeba ini  ditulis 2 ayat di 2 Sam pasal 11 dan 12, 5 ayat di kitab 1 Raja 1, ditulis di 3 ayat di I Raj 2.

Semua nama ini dipakai pada masa Batsyeba menikah dengan Uria orang Het, sampai kisah hidupnya diceritakan bersama Daud, sampai masa Daud meninggal dunia.

Tidak pernah dalam kitab Samuel maupun kitab Raja-raja menyebut nama Batsyeba sebagai Batsyua

Nama Batsyeba muncul sebagai Batsyua dalam kitab Tawarikh, yang adalah kitab yang ditulis pada masa pembuangan, yang diperkirakan ditulis oleh Ezra. I Taw 3:5. Bisa dipastikan yang ditulis di kitab Tawarikh ini adalah orang yang sama , karena melahirkan 4 anak dengan nama yang sama.

Pada kitab Samuel, ditulis BINTI ELIAM

Eliam = ‘ God of the people”= Allah dari orang-orang.

Bisa dipadukan dua nama ini kira-kira sbb: Putri yang subur, anak dari seseorang yang jadi Allah dari orang-orang.

Bisa jadi Eliam alias Amiel ini adalah orang yang sangat sombong/sangat bangga terhadap dirinya sendiri. (Semua nama dalam Alkitab memiliki arti tersendiri yang terkait dengan pribadi orang tersebut)

Bath-Shuwa`”daughter of wealth”= putri kekayaan ……………….. binti AMIEL

Dalam kerangka pemikiran bahwa kitab Ezra ditulis lebih akhir daripada kitab Samuel dan kitab Raja-raja, maka bisa kita katakan bahwa si Batsyeba ini dijuluki Batsyua oleh penulis kitab Tawarikh.

Ada perubahan nama dari – Putri yang subur- yang segar = menjadi putri kekayaan

Penulis kitab Tawarikh ingin menyoroti bahwasannya Batsyeba ( yang subur) telah dipakai Tuhan menjadi sesosok wanita yang kaya….Kaya seperti apakah..?? Kita akan terus bahas nanti, dan kita akan simpulkan kekayaan batin seperti apakah yang dimiliki oleh sesosok Batsyeba alias Batsyua ini.

Dalam kitab Tawarikh ditulis BINTI AMIEL. Sebenarnya ini menunjuk pada orang yang sama, namun jangan kaget, karena di kitab Tawarikh ini kita akan sering temui ada nama-nama baru yang diberikan oleh penulis kitab Tawarikh ini pada tokoh-tokoh Alkitab, walaupun merujuk pada orang yang sama tetapi dengan nama yang berbeda.

AMIEL= ‘my kinsman is God’ = sanakku adalah TUHAN.

Bisa dipadukan dua nama ini kira-kira sbb:  Putri yang kaya, anak dari seseorang yang menjadikan sanaknya  sebagai  Tuhan.

Bisa jadi Amiel alias Eliam ini adalah orang yang sangat mengagung-agungkan kehormatan martabat nama keluarga/nama kaum keluarga/nama kerabat.

Nah untuk menyelikidi lebih jauh mengenai tokoh kita Batsyeba, kita akan belajar lebih lanjut tentang semua seluk beluk Batsyeba, mulai dari keluarganya, arti-arti nama dlsb.

Latar belakang keluarga batsyeba:

Ayah Batsyeba

Ayah Batsyeba ELIAM/ AMIEL  juga adalah seorang  anggota pahlawan Daud – II Sam 23: 34 , termasuk dalam 37 orang pahlawan-pahlawan Daud.

Nama Aliam cukup terkemuka/terkenal II Sam 11:3. Dengan sekali menyebut saja, Daud sudah mengetahui siapa Eliam ini . Bisa jadi karena selain Eliam terkenal, Daud cukup hafal dengan nama –nama orang-orangnya, yang sudah mengikuti dia sejak dari gua Adulam sampai dia menjadi raja.

Kakek Batsyeba

Kakek Batsyeba, ayah daripada Eliam adalah Ahitofel, adalah sahabat raja Daud/ penasehat raja Daud

Ahitofel kakek daripada Batsyeba, ikut dalam persepakatan gelap Absalom, serta menasehati Absalom untuk berbuat tidak senonoh dengan gundik gundik Daud, serta dalam peperangan antara kubu Absalom dengan kuku Daud, Ahitofel bernafsu untuk membunuh Daud. Tetapi saat nasehatnya tidak dituruti/diikuti, dia memilih bunuh diri.

( II Sam 15; 12,31,34 ; II Sam 16:15,20,21,23 ; II Sam 17: 1,6,7,14 , 21, 23 ;  II Sam  23: 34)

Jika ternyata telah terbukti dalam ayat-ayat di atas,  bahwa ternyata Ahitofel menaruh dendam pada DAUD, maka perlakuan Daud terhadap Batsyeba adalah perlakuan yang sangat mencoreng nama baik keluarga ini. Ini menggugurkan penafsiran bahwasannya Batsyeba juga suka sama suka pada Daud

Pembelaan  sang kakek daripada batsyeba ini yang berupa ‘dendam’ kepada Daud, menunjukkan bahwa bisa jadi Batsyeba menjadikan kakeknya sebagai tempat curhatnya atas perbuatan Daud pada dirinya, dan saking cintanya pada sang cucu, si kakek sampai bela belain bunuh diri segala, ketika dia gagal membalaskan dendam dengan membunuh Daud secara langsung dengan tangannya sendiri.

Dari ayah dan kekak Batsyeba yang seperti inilah ( Anggota Barisan Tentara Daud, dan juga Penasihat istana raja Daud) , bisa kita duga keluarga Batsyeba adalah keluarga terpandang/ terhormat/terkenal.

Suami Batsyeba

Batsyeba adalah  Istri Uria orang Het, Uria adalah salah seorang pahlawan Daud yang gagah perkasa, termasuk dalam  37 tujuh orang pahlawan-pahlawan Daud – II Sam 23: 39, – I Taw 11: 26, 41

Nama Uria cukup terkemuka/terkenal II Sam 11:3. Dengan sekali menyebut saja, Daud sudah mengetahui siapa Uria. Bisa jadi karena selain Uria terkenal, Daud cukup hafal dengan nama –nama orang-orangnya

ORANG HET- sebenarnya URIA adalah orang asing/ orang HET, yang adalah suku turunan daripada Kanaan/ anak daripada Nuh yang dikutuk oleh Nuh. ( I Taw 1: 13, Kej 9: 25), orang Het sebenarnya adalah musuh daripada Israel.

Namun dalam hal ini Uria orang HET adalah orang HET yang telah menggabungkan diri dengan orang Israel. Uria adalah seorang prajurit yang setia dan taat pada Hukum peperangan Irael. Hanya dua orang Het yang menjadi pahlawan Daud, yaitu Uria dan juga Ahimelekh

Pernikahan dengan orang asing adalah suatu larangan. Apalagi dengan orang HET yang merupakan salah satu bangsa yang harus ditumpas orang Israel.

Bisa jadi Batsyeba memulai kehidupan keluarganya dengan berat, karena mendapat pertentangan dari kaum bangsanya, mendapat pertentangan dari kaum keluarganya.

ARTI NAMA ANAK-ANAK BATSYEBA

Inilah keempat nama anak dari Batsyeba:

Simea/ Syamua  arti namanya adalah  ( diprediksikan adalah anak Uria- dan Batsyeba)

Simea = ketenaran / renowned,    

Syamua = terkenal / fame

Sobab, ( diprediksikan adalah anak Uria dan Batsyeba)

            Sobab = pemberontak/ rebellious

Natan , ( diprediksikan adalah anak Uria dan Batsyeba)

Natan = pemberi/ giver

dan Salomo ( SALOMO adalah anak yang dilahirkan setelah anak pertama pasangan Daud-Batsyeba meninggal dunia di usia 7 hari)

Salomo= Peace/ damai

Apakah Uria orang Het ini memiliki motifasi ingin menjadi terkenal dengan menikahi Batsyeba ini? Apakah ada masa-masa dimana keluarga ini pernah memberontak terhadap penolakan dari kaum keluarga atas pernikahan silang bangsa ini?  Apakah ada masa-masa dimana Uria mengalami perubahan karakter sehingga pada akhirnya memberi nama anaknya Giver/pemberi …?? Apakah perubahan karakter Uria ini sedikit banyak juga dipengaruhi oleh pengaruh Batsyeba sebagai isterinya?

Nama Salomo mengisyaratkan bahwasannya Daud mau berdamai dengan Tuhan setelah sekian lama dia hidup dalam perzinahan dan pembunuhan berencana.

TAFSIRAN MENGENAI PERISTIWA SOTOH ISTANA

http://juliamt.wordpress.com/2009/03/10/batsyeba-istri-yang-baik/

Mungkin karena keluarganya termasuk orang terpandang, maka rumahnya dekat istana

Sotoh istana tentu lebih tinggi dari sotoh rumah pada umumnya

Pada masa perang, bisa saja suami dan ayahnya pergi berperang, Batsyeba tentunya tidak tahu menahu apabila pada saat itu raja Daud tidak pergi berperang ( karena baru kali itu raja Daud tidak berangkat berperang justru pada musim peperangan)

Pemilihan mandi pada waktu petang , menunjukkan bahwa Batsyeba tidak pernah sengaja memamerkan kemolekan tubuhnya pada raja. Kata ‘elok rupanya’ dalam II Sam 11: 2- kata ‘ rupanya’ , dipakai kata ‘mar’eh’ yang mengandung arti perawakannya. Jadi bisa diperkirakan Daud juga tidak dapat melihat dengan sejelas-jelasnya wajah Batsyeba ini, hanya terlihat elok perawakannya saja. Tentu karena pada petang hari pencahayaan kurang.

Tentunya tidak berani si Batsyeba mempertaruhkan reputasi suaminya, ayahnya dan juga kakeknya untuk menggoda raja, dan hukumnya mati bagi pasangan yang berzinah ( Ulangan 22: 22)

Jadi Batsyeba melakukan semua perzinahan ini karena tak kuasa menolak permintaan sang raja yang berkuasa, dan sebagai istri yang setia dia PULANG ke rumahnya. Dialah yang menanggung semua perkara ini.

Ketika mendapati dirinya hamil, Batsyeba memilih memberitahukan kepada Raja untuk mempertimbangkannya, ya pada waktu itu semua orang Israel akan menghadap Raja untuk mengadili perkara-perkara yang mereka hadapi (2 sam 15:6). Batsyeba tidak memberitahukan kepada suaminya supaya tidak mengganggu konsentrasi di medan perang. Batsyeba yang tidak meninggalkan suaminya, Batsyeba diam, dengan diamnya dia tidak mencemarkan suaminya, juga tidak mempermalukan Raja,.. Ya Betsyeba adalah istri yang baik dan istri yang sabar menderita, semua perkara dia coba tanggung sendiri, hingga ketika di puncak kekuatannya lah dia baru mengajukan kepada Raja untuk menimbang perkaranya.

Saat diketahuinya suaminya meninggal dunia, dalam medan pertempuran. Reaksi Batsyeba adalah: meratapi kematian suaminya itu, dan masuk dalam masa perkabungan.

http://www.sabdaspace.org/wanita_penggoda

Bukan hubungan suka-sama-suka, karena Daud perlu menanyakan siapakah wanita itu, jadi Daud tentunya bukan mengenal Batsyeba terlebih dahulu sebelum peristiwa sotoh istana ini

Batsyeba membersihkan diri dari kenajisannya. Itu ditulis dalam Alkitab, mengindikasikan bahwa Batsyeba memiliki kesadaran yang penuh akan kenajisan sebuah perzinahan, dan dikatakan Batsyeba PULANG ke rumahnya. Kalau suka sama suka tentunya Batsyeba akan tetap tinggal di istana raja.

Batsyeba hanyalah sebagai korban, terlihat dari teguran seorang Nabi Natan: II Sam 12: 4, Batsyeba tidak berdaya menolak perintah raja.

Kita lihat Ul 22:22-30

Tetapi jikalau di padang laki-laki itu bertemu dengan gadis yang telah bertunangan itu, memaksa gadis itu tidur dengan dia, maka hanyalah laki-laki yang tidur dengan gadis itu yang harus mati, tetapi gadis itu janganlah kauapa-apakan. Gadis itu tidak ada dosanya yang sepadan dengan hukuman mati, sebab perkara ini sama dengan perkara seseorang yang menyerang sesamanya manusia dan membunuhnya. Sebab laki-laki itu bertemu dengan dia di padang; walaupun gadis yang bertunangan itu berteriak-teriak, tetapi tidak ada yang datang menolongnya………. Seorang laki-laki janganlah mengambil isteri ayahnya dan jangan menyingkapkan punca kain ayahnya.

Apakah dengan melihat kejadian Daud bisa meniduri Batsyeba PASTI berarti tidak ada penolakan dari Batsyeba? Dalam ulangan 22 tertulis walaupun gadis itu teriak2 tidak akan yang menolong, sama kejadian dengan Tamar, walaupu teriak2 juga tidak ada yang mendengar.. meski di 2 Samuel tidak disebutkan Batsyeba teriak-teriak, namun juga tidak disebutkan batsyeba tidak menolak…

NAMUN dari kata Daud menyuruh mengambil, mengambil dalam bahasa mengambil <03947laqach artinya : to take, get, fetch, lay hold of, seize, receive, acquire, buy,
bring, marry, take a wife, snatch, take away
Dan kata laqach ini juga dipakai untuk kata mengambil istri ayahnya dari Ul 22:30.. ini lah yang biasa disebut insiatif dari Daud

PERJALANAN HIDUP BATSYEBA

Jadi ketika nama Batsyeba tidak bisa dilupakan orang dengan mudah hanya karena dia adalah sesosok ‘korban’ dari Daud, merupakan peristiwa naas. Memory buruk yang terus melekat dalam hidupnya.

Sama sekali kita jauhkan pemikiran bahwa Batsyeba juga ikut andil dalam ‘menjebak’ raja Daud dalam sebuah perselingkuhan terencana.

Masa Kehamilan anak haram

Dia hamil, dia harus berkata apa pada suaminya sepulang suaminya perang nanti. Dia memiliki 3 anak juga…apa kata mereka tentang adiknya ini nanti.

Rasa bersalah terhadap suaminya, merasa diri najis dan tidak layak.

Kalau sampai ayahnya tahu bagaimana, ayahnya adalah seorang prajurit yang disegani.

Kalau sampai kakeknya tahu bagaimana, kakeknya adalah seorang penasihat raja.

Janin ini dikandung dalam keadaan ibu yang stress/dalam tekanan.

Dalam keadaan hamil muda ( lebih kurang janin sudah berusia 1 bulan jika diketahui seorang perempuan tidak mendapat menstruasi pada bulan berikutnya) , dia mendengar kabar bahwa suaminya mati di medan laga.

Menghadapi kematian suami

Batsyeba pun meratap, menangis, berkabung atas kematian suaminya itu. Sudah sekian lamanya mereka menikah, dan kini dipisahkan oleh kematian.

Ini menambah beban stress juga pada si Batsyeba yang sedang hamil muda.

Menjadi Isteri Tanpa Cinta

Waktu berkabung telah lewat, kini Batsyeba dibawa ke rumah raja. Dinikahi oleh raja, dan akhirnya anak hasil perselingkuhan itu lahir.

Bisa jadi Batsyeba harus menjadi isteri raja , tanpa cinta, karena dia sangat mencintai Uria. Bisa jadi Batsyeba menikah dengan raja Daud, tetapi dalam hatinya ada dendam pada raja atas perlakuan raja yang kejam pada dirinya, pada suaminya, juga pada keluarga besarnya.

Bisa saja banyak perempuan memuja Daud sang raja yang hebat, pahlawan yang keren, dan penulis puisi yang romantis, tetapi di mata Batsyeba Daud tak lebih dari pria yang mengumbar nafsunya sehingga menghalalkan segala cara, dan dia serta keluarganya yang harus menjadi korbannya.

Nafsu beda dengan cinta. Perbuatan Daud padanya adalah nafsu sesaat.

Terpisah dari ketiga anaknya.

Bisa jadi Batsyeba harus terpisah dari ketiga anaknya yang terdahulu, hal ini bisa kita lihat dari Amsal 4; 3.  Dimana Salomo mengatakan saat dia kecil, dia tinggal sebagai anak tunggal, bisa jadi ketiga kakak kandung Salomo, yang adalah anak dari Uria orang Het dan Batsyeba, tidak ikut tinggal di istana bersama papa Daud.

Walaupun kita tidak tahu berapa usia anak-anaknya hasil pernikahannya dengan Uria itu, namun bagaimana pun juga harus terpisah dari ke3 anaknya yang lain , merupakan suatu beban tersendiri

Campur Tangan kehadiran Tuhan dalam sebuah keluarga

Bisa jadi Batsyeba hanya mencurahkan isi hatinya pada Tuhan, sampai akhirnya Tuhan mengutus nabi Natan untuk menegur dia

Titik pertobatan Daud pun terlihat di II Sam 12: 13. Sikap hati Daud yang sangat lembut dan mau ditegur inilah yang merupakan titik balik daripada pertobatan Daud.

Tuhan menulahi anak ini, sehingga pada usianya yang ke 7 hari ( belum sempat menginjak hari ke 8- anak ini mati- belum sempat diberi nama)

Bahkan ketika anak itu mati, Daud malah berhenti berpuasa, dan sujud menyembah pada Tuhan ( II Sam 12: 20). Daud tahu bahwasannya Tuhan berdaulat atas anak ini, dia siap menerima tulah kematian anak ini.

Menghadapi Kematian Anak

Bagaimana pun juga anak ini sudah dikandung dalam 9 bulan , 10 hari, tentunya dalam masa-masa berat mengandung yang penuh dengan gelombang emosi, dari marah, dendam, tidak bisa menolak dosa yang penuh aib, tidak kuasa menahan rasa bersalah terhadap suaminya, akhirnya pada puncaknya anak ini lahir dan setelah ditimang seminggu lamanya dalam kondisi sakit parah, anak ini mati.

Kesedihan yang beruntun dan membuat Batsyeba ini menjadi wanita pendiam. Kata-katanya tidak banyak ditulis dalam Alkitab. Bahkan untuk mengirim pesan pada Daud pun hanya dipakai 2 kata . “Aku mengandung” (II Sam 11;5)

Menghadapi aib yang terbuka  pada seluruh bangsa Israel

Setelah Daud ditegur oleh Nabi Natan, Daud membuat mazmur pengakuan dosa di Mazmur 51.

Dan mazmur ini dinyanyikan oleh paduan suara istana dan didengar oleh seluruh bangsa Israel.

Namanya pun ( Nama Batsyeba) disebut-sebut dalam pengakuan dosa ini, padahal semua perselingkuhan itu adalah inisiatif dari Daud dan Batsyeba tidak kuasa menolak sang baginda raja.

Pada titik inilah, namanya menjadi buah bibir pembicaraan orang banyak, dan pada titik inilah nama baik keluarganya, ayahnya, kakeknya tercoreng.

Pemulihan HATI

Perhatikan ayat berikut :

II Sam 12:24

Kemudian Daud menghibur hati Batsyeba, isterinya;

Inilah untuk pertama kali ditulis Daud perduli pada hati isterinya.

Setelah sebelum-sebelumnya Daud mencabik-cabik hati Batsyeba dengan menjadikannya korban, membunuh suaminya dengan kejam, memaksanya menjadi isterinya, baru kali inilah Daud perduli pada Hati ….hati seorang Batsyeba.

Ternyata Batsyeba sakit juga selama ini dimanfaatkan, diperas habis-habisan untuk memuaskan nafsu, tanpa cinta.

Tetapi setelah Daud bertobat, setelah Daud pulih hubungannya dengan Tuhan, Batsyeba melihat perubahan dalam hidup Daud, dimana Daud mulai melihat dirinya bukan sebagai objek pelampiasan nafsu, melainkan sebagai sesosok subyek yang perlu diperhatikan masalah hati.

Kemana selama ini keperdulian Daud, dia tidak pernah menghibur dia saat suaminya meninggal, dia tidak pernah menemaninya saat dia harus menghadapi aib ini…

Tinggal keputusan Batsyeba sekarang , apakah ia mau melepaskan pengampunan untuk Daud.

Ketika dia mau melepaskan pengampunan, saat itulah berkat Tuhan mengalir (Maz 133)

II Sam 12:24-25

Kemudian Daud menghibur hati Batsyeba, isterinya; ia menghampiri perempuan itu dan tidur dengan dia, dan perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki, lalu Daud memberi nama Salomo kepada anak itu. Tuhan mengasihi anak ini dan dengan perantaraan nabi Natan Ia menyuruh menamakan anak itu Yedija, oleh karena Tuhan

Yedija = “beloved of Jehovah”= disayangi Yehowa

Tuhan mengubah kutuk dalam keluarga ini menjadi berkat. Anak pertama yang mati, mati dalam kutuk, anak kedua yang dilahirkan ini, hidup dalam kasih Tuhan.

Karena Batsyeba hidup dalam pengampunan pada Daud, maka selama mengandung Salomo pun , Batsyeba memiliki emosi positif, sehingga kelak Salomo menjadi anak yang : wordsmart, menciptakan 300 amsal, pandai bergaul, karena pandai menjalin hubungan diplomatik dengan semua negara pada saat itu,  pandai design, pandai mengarang lagu/ musik, peneliti binatang dan tumbuhan.

Jadi bisa kita tarik kesimpulan pada point pertama :

  1. PEREMPUAN YANG KREATIF DIMULAI DARI HATI YANG MAU DIPULIHKAN

Bagaimana kehidupan Batsyeba selanjutnya?

  1. PEREMPUAN YANG KREATIF ADALAH PEREMPUAN YANG MEMPERSIAPKAN ANAK-ANAKNYA MENJADI PEMIMPIN
    • Batsyeba mendapatkan janji bahwa Salomo kelak akan menggantikan Daud menjadi raja, dan hal ini ditulis sampai 3 kali I Raj 1: 13, 17, 30.
    • Untuk itu sejak Salomo masih kecil (Amsal 4:3) , Batsyeba berperan penting mempersiapkan Salomo untuk menjadi pemimpin Israel.

Kita akan memakai banyak ayat dari Amsal, yang ditulis oleh Salomo, putra tunggal dari pasangan Daud dan Batsyeba ( kakak Salomo meninggal saat masih bayi). Dari kitab Amsal inilah kita akan banyak menggali bagaimana sebenarnya cara Batsyeba mendidik anak-anaknya, baik Natan maupun Salomo, sehingga mereka dipakai Tuhan masuk dalam daftar silsilah Yesus Kristus.  Karena tentunya Salomo bisa menuliskan Amsal salah satunya karena hasil dari cara didikan orang tuanya.

Perhatikan di sini bahwa penulisan kitab Amsal terdiri dari beberapa bagian:

  • Bagian pertama: pasal 1- pasal 4;4 a adalah perkataan dari DAUD kepada ‘hai anakku’ – generasi di bawahnya
  • Bagian kedua; dimulai dari catatan –catatan Salomo mengenai pengajaran ayahnya Daud- yang dimulai dari Pasal 4 : 4b- terus sampai pasal 9; 18
  • Bagian ketiga; kembali merupakan kata-kata Salomo. Pasal 10-24
  • Bagian keempat: pasal 25:1- pasal 29:27 adalah amsal Salomo yang dikumpulkan oleh pegawai-pegawai Hizkia, raja Yehuda.
  • Bagian kelima: pasal 31, perkataan Lemuel raja Masa ( bagian Amsal 31 ini, sengaja tidak saya pakai karena saya hanya memfokuskan pembahasan pada apa yang dikatakan oleh Salomo dan apa yang dikatakan oleh Daud pada Salomo- sehingga perkataan Lemuel ini- walaupun sering dikotbahkan tentang wanita yang bijak itu yang seperti apa- tidak saya ambil. Di sini kita murni menyelidiki pribadi Batsyeba dalam mendidik anak-anaknya)

Kita lihat di sini bahwa hasil didikan Daud dan Batsyeba pada Salomo, membuat Salomo memiliki prinsip-prinsip hidup yang ditularkannya pada generasi berikunya ( hai anakku) – dan bahkan sampai menjadi semacam semboyan yang dianut oleh umum ( dikoleksi oleh pegawai –pegawai Hizkia)

Darimana Salomo bisa menuliskan tentang isteri/perempuan/ibu/ayah, dst….dari apa yang sudah ditanamkan ayah dan ibunya sejak ia kecil (Amsal 4; 3-4) Dia melihat sosok Batsyeba, bagaimana Batsyeba mencetak dia menjadi seorang calon pemimpin bangsa.

  1. PEREMPUAN YANG KREATIF ADALAH PEREMPUAN YANG MENGAJAR

 

Amsal 1: 8 ( perkataan Salomo sendiri) Amsal 6: 20 ( perkataan Daud pada Salomo)

 

  1. PEREMPUAN YANG MENGAJAR AKAN MEMETIK KARAKTER ANAK YANG TERPUJI

Amsal 10:1 ( perkataan Salomo), Amsal 15:20 ( perkataan salomo)

Amsal 17: 25 ( perkataan Salomo)

  1. PEREMPUAN YANG KREATIF MENJADIKAN KARAKTER ANAK YANG TERPUJI/ AKHLAK SEBAGAI HAL UTAMA YANG DICETAK PADA ANAK-ANAK, YANG MENDATANGKAN KEBAHAGIAAN – jadi bukan juara kelas, bukan piala, bukan uang banyak, bukan jabatan tinggi, dll

Amsal 23: 1-26 ( Perkataan Salomo)-

sepanjang pasal 23- menahan nafsu rakus ( ayat 1-3)- pandangan atas kekayaan ( ayat 4-8), pandai memilih pendengar ( ayat 9)- integritas ( 10-11, 16), penuh perhatian ( 12), iri hati (17), anti miras dan dugem ( ayat 21), hormat orang tua ( 22-26), anti free sex ( ayat 27), anti narkoba (29-35)

  1. PEREMPUAN YANG KREATIF ADALAH PEREMPUAN YANG BISA MENANAMKAN SIFAT MENGHORMATI ORANG TUA PADA ANAK-ANAKNYA, KARENA INI ADALAH KUNCI BERKAT UNTUK MASA DEPAN MEREKA KELAK.

Amsal 19: 26, 20:20, 23:22, semuanya adalah perkataan Salomo.

Amsal 28:24- koleksi pegawai Hizkia, perkataan Salomo.

  1. PEREMPUAN YANG KREATIF ADALAH PEREMPUAN YANG TAHU CARA MENDISIPLIN ANAK-ANAKNYA

Amsal 29:15- koleksi pegawai Hizkia, perkataan Salomo.

  1. KARAKTER SEORANG PEREMPUAN YANG KREATIF:
    1. Baik Hati Amsal 11: 16 ( Perkataan Salomo)
    2. Tahu sopan santun Amsal 11: 22 ( Perkataan Salomo)
    3. Cakap Amsal 12: 4 ( Perkataan Salomo)
    4. Bijak- sehingga rumahnya berdiri/ dibangun, tidak merobohkannya dengan tangannya sendiri Amsal 14:1 ( Perkataan Salomo)
    5. Berakal budi Amsal 19;14 ( Perkataan Salomo)
    6. Menciptakan suasana damai di rumah Amsal 19:13- (Perkataan Salomo)
    7. Amsal 21:9, 19 ( Perkataan Salomo); 25:24, (Koleksi pegawai Hizkia, perkataan Salomo) tidak suka bertengkar, sehingga suami betah tinggal di rumah
    8. Rajin berkarya/bekerja/karier Amsal 27; 25-27, (Koleksi pegawai Hizkia, perkataan Salomo)

Pada akhirnya setelah bertahun tahun mendidik Salomo dengan baik, Batsyeba mengingatkan Daud untuk menobatkan Salomo menjadi raja menggantikan dia, pada saat itu Adonia mengangkat dirinya sendiri menjadi raja.

Setelah kita mendidik anak-anak dan menjadi wanita yang kreatif dalam keluarga, maka pada akhirnya kita akan melihat hasilnya ketika mereka dewasa.

Perempuan yang kreatif, akan menjadikan keluarganya keluarga yang memuliakan nama Tuhan.

Semua materi ini dapat anda download secara gratis langsung dari komputer saya, dan dapat anda sharekan jika anda terdorong untuk itu , klik tulisan biru di bawah ini… (dengan mendownload ini berarti anda mendapatkan tampilan yang lebih baik dari semua tabel yang ada di tulisan wordpress yang tidak sempurna ini, dan juga anda mendapatkan seri editing 2)

RAHASIA DI BALIK SILSILAH YESUS KRISTUS

Keterangan untuk para pembaca:

Mohon maaf bila pada pembahasan panjang lebar di bawah ini,  terpaksa ada bagian-bagian yang diulangi / disinggung/dibahas kembali, karena ini seperti jalinan, saat kita membahas Daud, kita tak terlepas dari pembahasan mengenai Uria, demikian seterusnya, sehingga ada pembahasan yang berulang Hal ini kita lakukan mengingat ada penyorotan yang lebih mendalam mengenai suatu tokoh yang mau tidak mau terkait dengan pembahasan mengenai peristiwa lain yang menyangkut tokoh lain. Jika pembahasan dimungkinkan tidak berulang, dikawatirkan sisi kronologisnya dirusak oleh pengurangan pengulangan itu. Jadi jika anda bisa memaklumi, anda saya harap tidak akan bosan belajar bersama.

Sebenarnya ada keuntungan daripada hal tersebut, jika anda ingin mengkotbahkan naskah ini secara berseri/ khotbah seri, maka anda tidak perlu lagi mencari data dari bagian-bagian lain, karena per bagian sudah memiliki data lengkap ( walaupun mungkin ada bagian-bagian yang berulang dari ulasan sebelumnya)- dan hal ini menolong jemaat yang belum sempat mendengar seri sebelumnya, serta menolong jemaat yang sudah pernah mengikuti seri sebelumnya melalui pengulangan beberapa hal penting, tetap bisa mengingat kembali info dari seri-seri sebelumnya

Materi ini pernah di sampaikan di GKII Bener Yogyakarta, pada ibadah raya, tanggal 28 Desember 2014 menutup akhir tahun 2014.

20141228_072352

20141228_100553

Read the rest of this entry »

Status-status FB saya yang berbau natal, saya koleksikan di sini untuk bisa jadi perenungan buat kita semua…

GBU

SIAPA YANG POTONG TALI PUSAT YESUS?

 

Kalau bukan karena cinta pada kita, ngapain ya Tuhan Yesus capek-capek mengunjungi planet bumi kita , jadi bayi mungil , di tolak sana-sini, lahir di kandang hina, dibaringkan di palungan tempat makanan keledai, serta dibungkus kain lampin (kain perca), dan tamu yang menjenguk para gembala.

Bisa jadi tanpa pertolongan bidan ( biasanya kehadiran bidan dicatat dalam Alkitab- tapi untuk peristiwa kelahiran Yesus tidak dicatat ada bidan yang hadir) – bisa jadi Yusuflah yang secara darurat memotong tali pusat bayi mungil Yesus.

Yusuf berhak memberi nama kepada Yesus sesuai dengan petunjuk Tuhan lewat malaikat-Nya. Karena dia sah sebagai ayah Yesus secara hukum.

Yusuf adalah orang pertama yang melihat wajah Yesus lahir ke dunia ini.

Kereeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnn

Read the rest of this entry »

Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yang saling terkait mengait dengan tulisan ini: anda bisa klik di sini:

BAROMETER VISI HIDUP KITA – MENGENALI VISI HIDUP SAUL

 

 ANAK CUCU ORANG BENAR VS ANAK CUCU ORANG FASIK

 

  Read the rest of this entry »

UNTUK MENGAWALI KHOTBAH INI ANDA BISA MENJADIKAN TULISAN PADA TAUTAN BERIKUT INI SEBAGAI ULASAN PEMBUKAAN/ sesi 1

PESTA PERTAMA YANG DIHADIRI YESUS

POWER POINT MATERI INI BISA ANDA UNDUH GRATIS DENGAN KLIK TAUTAN DI BAWAH INI

DIPULIHKAN UNTUK MEMULIHKAN

 

ENOS ADALAH ORANG PERTAMA YANG MENYERUKAN DAN MEMPELOPORI MEMANGGIL NAMA TUHAN PADA ZAMANNYA

DIPULIHKAN UNTUK MEMULIHKAN

GMS KENDARI

KKR CG FAMILY AGUSTUS 2014

 

SESI 1 . ANGGUR YANG LEBIH MANIS

Bacaan Alkitab: Yohanes 2:1-11

(ay 11)Perkawinan adalah sebuah lembaga yang amat penting di mata Yesus, sehingga ia menjadikan perkawinan sebagai moment yang paling pas untuk membuat mujijat yang pertama. Mujijat pertama bukanlah kebangkitan Lazarus yang menghebohkan itu, bukan pula kesembuhan si timpang, bisu atau tuli, atau bahkan setan yang terbirit-birit meninggalkan si anak muda yang terserang penyakit ayan. Tuhan Yesus menunjukkan bahwa yang paling pertama membutuhkan muzizat adalah sebuah perkawinan.

Mengapa ? Karna Tuhan Yesus tahu bahwa dalam sebuah perkawinan terjadilah yang namanya ‘dua jadi satu’, pada saat dua insan disatukan dalam pernikahan kudus, masing-masing akan mengalami Merriedge Blessing/ berkat pernikahan yang tidak akan pernah diterima saat sebelum menikah. Kejadian 1: 28 menyatakan bahwa perintah untuk berkuasa dan memenuhi bumi adalah untuk ‘mereka’ bukan untuk Adam saja atau Hawa saja, tetapi berkat itu adalah untuk Adam dan Hawa yang telah disatukan oleh Tuhan dalam sebuah perkawinan. Detik saat seseorang menikah, dia menerima berkat yang luar biasa, kuasa untuk menaklukkan bumi, yang dia tidak dapatkan saat dia masih membujang/melajang.

Iblis paling tidak suka hal ini. Hal yang paling dibenci iblis adalah melihat keluarga-keluarga yang diberkati. Si jahat ini berupaya agar dalam sebuah pernikahan terjadilah malapetaka…yaitu kehabisan anggur. Yang disebut terjadi sebuah mujijat adalah kalau terjadi sesuatu yang dasyat yang mengubah dari peristiwa negative jadi positif, misalnya dari sakit jadi sembuh, dari mati jadi bangkit, dlsb. Kekurangan anggur dalam sebuah pesta adalah malapetaka yang membuat malu.

Read the rest of this entry »

BAROMETER VISI HIDUP KITA

BAROMETER VISI HIDUP KITA

 

 

 

VISI TUHAN ATAS HIDUP KITA

 

Kita akan mempelajari kisah hidup Saul yang tercermin dari arti-arti nama dari segenap keluarganya.

 

BERKENALAN DENGAN LATAR BELAKANG KELUARGA SAUL

Read the rest of this entry »

DAUD BUKAN RAJA PERTAMA.

Mengapa saat Daud melawan Goliat dia bisa menang??

Karena penyertaan Tuhan tentunya ! Benar sekali !

Read the rest of this entry »

MAHKOTA PEMBEBASAN

Naskah khotbah ini pernah disampaikan di LAPAS KENDARI, 19 April 2014

dan Power Point dapat anda unduh di sini:

MAHKOTA PEMBEBASAN

materi ini sebenarnya adalah pengembangan dari materi sbb:

KORBAN PENEBUS SALAH DAN KETOPONG KESELAMATAN

TETAPI materi ini sudah saya olah sehingga menjadi materi siap pakai, jika anda ingin mengkotbahkannya.

 

Selamat berbagi rhema !

 

Read the rest of this entry »

david_as_a_shepherd

Tulisan ini telah saya edit, Juli 2015, pada saat liburan di Magelang, setelah Tuhan tuntun untuk mengerti lebih dalam lagi mengenai ke-Guru-an Daud

 

Rajaku, Tuanku, Ayah Mertuaku, Pemburuku, Pahlawanku (1)

24 Maret 2014 pukul 9:35

 

Read the rest of this entry »

IMAMAT 14: 8

Seremonial pentahiran si kusta ada beberapa hal:

mencuci pakaiannya

mencukur seluruh rambutnya

membasuh tubuhnya dengan air

MAKA IA MENJADI TAHIR

Read the rest of this entry »

Hari ini kita berbicara mengenai HUKUM PENTAHIRAN KUSTA

Jadi jika anda ingin mempelajari hasil penelitian sebelumnya yang membahas mengenai ciri-ciri penyakit kusta dan bagaimana menangani orang yang sakit kusta, semua ada di pembahasan Imamat pasal 13, yang bisa anda baca di sini: (KLIK DI TULISAN BERIKUT INI)

PENYAKIT KUSTA

Read the rest of this entry »

ADA APA DI TAHUN 2014???

ADA APA DI TAHUN 2014

Angka – angka di dalam Alkitab mengandung banyak arti secara rohani.

Mari kita selidiki semua angka 14 di Alkitab untuk mengetahui apa yang Tuhan inginkan buat kita di tahun 2014 ini.

TAHUN 2014

ADALAH TAHUN

SORAK SORAI

Read the rest of this entry »

Jika kita sampai di pembacaan Imamat 12: 3 sampailah pada pembacaan mengenai sunat pada bayi berusia 8 hari.

dan seteleah browsing saya menemukan tulisan ini:

SUNAT PADA HARI KEDELAPAN

 

Kebenaran Alkitab sangat didukung oleh ilmu kesehatan. Misalnya tentang SUNAT. Allah menetapkan sunat pada hari ke 8 dan menurut ilmu kesehatan:

Pada hari ke 2 dan ke 5 setelah kelahirannya, seorang bayi rentan terhadap pendarahan.

5 sampai 7 hari setelah kelahirannya, pembekuan darah belum terbentuk.

Hari ke 8 merupakan hari teraman pertama. Ini berhubungan dengan produksi protrombin, yaitu suatu unsur penting pembekuan darah. Pada hari ke 3 produksinya baru mencapai 30% dan mencapai puncaknya yaitu 110% pada hari ke 8. Setelah itu ia akan menurun menjadi 100%. Allah sudah mempertimbangkan semuanya ketika memutuskan sesuatu. Pendapat dari ilmu kesehatan mendukung Kebenaran Alkitab.

 

http://groups.yahoo.com/neo/groups/islam-kristen/conversations/topics/26575

Read the rest of this entry »

IMAMAT 7: 22-27

Ada larangan untuk memakan lemak dan darah.

Jelas hal ini secara kesehatan sangat digarisbawahi, bahwa lemak hewani tidak baik untuk tubuh kita

Dan analisa terhadap darah telah membuktikan bahwa darah banyak mengandung zat Uric Acid, yang zat ini sangat membahayakan apabila dimakan oleh manusia.

Terkadang, di dalam darah juga mengandung bakeri-bakteri dan virus penyakit menular. Dan ketika itu, darah sangat berbahaya bagi pemakannya.

Jadi kesimpulannya: larangan dalam Taurat Tuhan, untuk memakan lemak dan darah, adalah bagi kesehatan kita juga.

IMAMAT PASAL 11

semua binatang yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan dibahas dalam seluruh pasal, tentunya semua berkaitan dengan kebaikan kita sendiri/ untuk kebaikan kita.

BERKAT JASMANI DAN ROHANI

ROTI BERAGI DAN TIDAK BERAGI

IMAMAT 7: 11-21

KORBAN KESELAMATAN :

  • Untuk memberi syukur
    • Disertai roti bundar yang tidak beragi yang diolah dengan minyak
    • Roti tipis yang tidak beragi yang diolesi dengan minyak
    • Roti bundar dari tepung yang terbaik yang teraduk, yang diolah dengan minyak
    • Persembahan itu harus beserta dengan roti bundar yang beragi, di samping korban syukur yang menjadi korban keselamatan

    Read the rest of this entry »

IMAMAT 7: 1-10

Ada penjelasan mengenai KORBAN PENEBUS SALAH

Yaitu, korban penebus salah ini harus dimakan oleh imam yang mengadkan pendamaian dengan korban itu, dia harus memakan korban itu.

Hal itu juga berlaku bagi korban penghapus dosa, dan korban sajian.

Jadi tiga korban ini harus dimakan oleh imam, yaitu

Read the rest of this entry »

KETAATAN DAN KERELAAN

YESUS UNTUK MELAKUKAN KEHENDAK BAPA DALAM HIDUP-NYA

Imamat 6: 24-30

1. TEMPAT KORBAN BAKARAN SEBAGAI PATOKAN TEMPAT KORBAN PENGHAPUS DOSA

Perikop ini membahas khusus mengenai KORBAN PENGHAPUS DOSA.

Kalimat kesimpulan saya setelah membaca ayat 25 adalah:

Korban penghapus dosa harus disembelih di tempat korban bakaran.

Read the rest of this entry »

IMAMAT 6: 8-13.

Ayat 13.
Harus dijaga supaya api tetap menyala di atas mezbah, janganlah dibiarkan padam.

Ayat ini adalah ayat thema PASSION, NCWC, Senayan, Jakarta, tahun 2012 lalu. NCWC singkatan dari National Conference Worker Children.

Api dalam ayat ini menggambarkan api/semangat/passion/hasrat, yang harus dijaga tetap menyala-nyala.

Read the rest of this entry »

Imamat 6: 1-7

…maka haruslah ia membayar gantinya sepenuhnya dengan menambah seperlima;haruslah ia menyerahkannya kepada pemiliknya pada hari ia mempersembahkan korban penebus salahnya.

Sebagai korban penebus salahnya haruslah ia mempersembahkan kepada Tuhans eekor domba jantan yang tidak bercela….dst

Dosa kepada Tuhan adalah satu lini, yaitu antara kita dengan Tuhan saja.

Tetapi dosa kepada sesama adalah dua lini, yaitu antara kita dengan orang lain, dan antara kita di hadapan Tuhan.

Read the rest of this entry »

PA DENGAN CIK ANIE Mat 6: 25-34

Hal kekuatiran
Ayat 25: Siapa yang bilang: AKU
Kalimat perintah, tidak bisa ditawar
Tidak ada alasan untuk KUATIR
Kekuatiran biasa tentang apa?
• Hidup, makanan dan minuman, sandang
• Itu semua menyangkut kebutuhan pokok, tetapi bagi Tuhan itu semua hanyalah sebagai pelengkap

Bagi Tuhan yang terpenting adalah kehidupan itu sendiri, dan tubuh kita, jadi yang lain-lain itu pasti Tuhan cukupkan

Burung dipelihara Tuhan, kita lebih dari pada burung-burung

Burung diberi makan, walaupun dia tidak menabur dan menuai/ tidak bekerja, tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, artinya tidak punya tabungan
Kekuatiran tidak menambah, malah bisa mengurangi

Read the rest of this entry »

Khotbah di Doa Puasa, Jumat, 16 Maret 2007
Grj Bethany Madiun

Daud Seorang Pemimpin yang Menitikberatkan pada Proses untuk Mencapai Output yang Bagus

Input ………………..> proses…………………> output

Read the rest of this entry »

Selasa 21 Juli 2009, PA DENGAN CIK ANIE

Matius 5: 17-48

Alinea ayat 17-20
• Tuhan Yesus bukan datang untuk menghapus Hukum Taurat, tetapi untuk menggenapinya

• Rumus
Hukum Taurat + Tuhan Yesus = Sempurna
Aya 17 ayat 17 ayat 48

• Ternyata di surga ada tingatan-tingkatannya
o Tingkatan yang paling bawah adalah bagi siapa yang meniadalan hukum taurat dan mengajarkannya / pengajar sesat
o Tingkatan yang tinggi apabila melakukan dan mengajarkannya

• Lukas 18 : 9-14 Tuhan ingin ketaatan kita minimal seperti orang Farisi yang
o Berpuasa minimal 2 kali seminggu
o Membayar perpuluhan
Namun sayang sekali ketaatan mereka tidak disertai kebenaran, karna di dalamnya ada kesombongan rohani
Mat 16: 12 dikatakan hati-hati terhadap ragi orang Farisi, karna kemunafikan orang farisi membuat mereka tampaknya beribadah, namun tidak punya kasih (Mrk 12: 40)

Read the rest of this entry »

Senin, 27 Juli 2009 PA DENGAN CIK ANIE

Matius 6: 1-4
Melakukan sesuatu jika hanya berdasarkan kewajiban hasilnya akan sangat berbeda dengan jika kita melakukannya berdasarkan kerinduan

Ayat 1 motivasi mengikut Tuhan jangan karna ingin mencari pujian dari orang lain

Ternyata ibadah itu ada upahnya, jika kita mencari pujian manusia kita tidak dapat upah dari Tuhan

Ayat 2 Motivasi menabur jangan untuk mencari pujian orang
Menabur jangan hanya berupa program, melainkan harus berdasar belas kasihan

Menabur ternyata juga ada upahnya

Ayat 3, jangan digembar-gemborkan tetapi harus dengan diam-diam, jika kita melakukannya untuk menyenangkan hati Tuhan, kita akan mendapat tuaian

Ayat 5- 14 Doa ternyata juga ada upahnya
Cirri-ciri orang munafik: doa di depan umum (tidak pernah doa pribadi)
Motivasinya untuk mancari nama

Ciri doa yang benar:
Berurusan secara pribadi dengan Tuhan

Kamar doa di sini bisa di mana saja, kita bisa intim dengan Tuhan

Cirri cirri doa dari orang yang tidak mengenal Tuhan adalah berdoa dengan bertele-tele, menyangka dengan banyaknya kata-kata indahnya kata-kata yang puitis doanya dikabulkan

Read the rest of this entry »

5-10 2009

Mat 8: 5-13
Luk 7: 1-10
Yoh 4: 40-53

Mat 8
Perwira itu rendah hati- punya kasih- terhadap hambanya yang sakit lumpuh dan sangat menderita, disini perwira itu punya kepedulian/ empati
Aku datang untuk menyembuhkan
Tuhan Yesus juga tidak membedakan status- ia penuh belas kasihan

Read the rest of this entry »

19-10-2009

Mat 8: 14

Ayat 14: Tuhan Yesus punya kepedulian
Ayat 15 a Tuhan Yesus mengalirkan kuasa-Nya lewat sentuhan-Nya
Kreatif menyembuhkan dengan berbagai macam cara

Read the rest of this entry »

Senin, 29 Juni 2009 Mat 4: 12-25

1. Tanah Zebulon dan Naftali kecil dalam pemandangan manusia, kumuh, miskin, rusuh, tetapi disayangi oleh Tuhan, dari sanalah Tuhan memulai pelayanan-Nya bandingkan dengan Yes 8:23-9:1.
2. Berita Yesus sama dengan pemberitaan Yohanes Pembabtis : Bertobatlah sebab kerajaan Allah sudah dekat. Mari kita hadirkan Kerajaan Allah memerintah dalam hidup kita
3. Tuhan Yesus sudah mempunyai tujuan mencetak murid-murid-Nya menjadi penjala ikan. Tuhan Yesus punya visi ke depan, walaupun pada kenyataan saat itu Petrus dkk sama sekali belum mengerti apa artinya menjala manusia
Read the rest of this entry »

Matius 5, Senin 6 Juli 2009


Ucapan Bahagia

1. miskin rohani : selalu merasa kurang akan Firman Tuhan, haus dan lapar akan Firman Tuhan
Read the rest of this entry »

Bab XVII
7 LANGKAH TURUN, 7 LANGKAH NAIK

Filipi 2:1-8

Tuhan Yesus telah rela mengambil 7 langkah turun, sehingga Bapa di Surga membawa Tuhan Yesus naik ke atas 7 langkah lagi.
Dari teladan Yesus ini, kita mau seperti Tuhan Yesus, rendah hati, rela berkorban bagi orang lain, tidak egois.

Read the rest of this entry »

Berani Tampil Beda

Roma 12:1-2
….supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa oleh dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna

Berani Tampil Beda! Itulah yang menjadi thema renungan kita kali ini. Tentu kita bertanya-tanya ‘berani tampil beda? Untuk apa kita tampil beda?’

Jika kita perhatikan sekeliling kita, ada orang yang ingin tampil beda, supaya dapat menarik perhatian orang banyak. Ada pula orang yang ingin tampil beda karna tidak ingin seorang pun menyamai atau menandinginya. Dan ada pula yang ingin tampil beda karena dengan cara itu, ia ingin membuktikan bahwa dia mampu melakukan atau memiliki apa yang tidak sanggup dilakukan atau dimiliki orang lain.

Read the rest of this entry »

PENDAHULUAN

1. Tuhan memberikan karunia pada tiap orang secara unik, dan kita tidak dapat memilih sendiri, semuanya sesuai dengan design Tuhan.

2. Tuhan menempatkan karunia pada tiap orang, jika kita mengabaikannya hidup kita tidak akan maximal

3. Kita sering melakukan kesalahan dengan :
• Membuang-buang waktu kita pada hal yang bukan bidang kita
• Membuang-buang waktu kita untuk mengubah pemberian Tuhan yang unik dalam diri kita, agar kita menjadi seperti keunikan orang lain. Hal ini sia-sia.

Read the rest of this entry »

PSK SMP Kristen I
20 Agustus 2004
Khotbah dari Gembala JKI Magelang yang diintisarikan oleh Grace

Anak-anak panah di tangan Tuhan

Maz 127:4
Anak-anak muda adalah anak panah di tangan pahlawan, yaitu Tuhan sendiri.

Peranan Tuhan
Yes 49:2b Tuhan membuat kita menjadi anak panah yang runcing.
Anak panah yang lurus melambangkan karakter yang dibentuk sampai lurus

Read the rest of this entry »

Kembali Berbicara Tentang Motivasi

GPDI Kincang, 24 MEi 2009

Ilustrasi: Maukah kita sekarang jadi pemain cadangan? Yang mungkin selama pertandingan kita hanya duduk di pinggir lapangan dan hanya dipanggil jika ada pemain yang cidera? Kalau anda hanya sebagai cadangan, apakah anda tetap bersungguh-sungguh latihan?

Read the rest of this entry »

Khotbah di Kharisma 14 Nopember 2004

BERSUNGGUH SUNGGUH
Bersungguh-sungguh adalah suatu respon kita terhadap suatu kesempatan. Seorang siswa yang bersungguh-sungguh akan mempergunakan kesempatan belajarnya dengan sebaik-baiknya. Seorang karyawan yang bersungguh-sungguh akan mepergunakan kesempatannya untuk bekerja (dimana jutaan orang tidak mempunyai pekerjaan) dengan sebaik-baiknya. Seorang ibu yang bersungguh-sungguh akan menjadikan kesempatan emasnya untuk menjadi seorang ibu yang baik. Seorang presiden yang bersungguh-sungguh tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan oleh rakyat kepadanya. Seorang petani yang bersungguh-sungguh akan menanami setiap lahannya dengan benih terbaik, pupuk terbaik, pengolahan terbaik dan lain sebagainya.

Read the rest of this entry »

Setia Pada Perkara Kecil

Lukas 15:10

Tuhan menasehatkan kita agar setia pada perkara kecil
, benar dalam perkara-perkara kecil. Kesetiaan dan kebenaran pada perkara kecil akan membuat kita setia dan benar dalam perkara-perkara yang besar.

Read the rest of this entry »

Khotbah di upacara SMP Kristen I 11 Oktober 2004

Proses

Di dunia ini tidak ada yang instant, semuanya mengalami proses. Mie instant yang cara memasaknya hanya membutuhkan waktu 3 menit, proses pembuatan di pabrik juga tidak instant. Demikian juga dengan afi junior, tidak mungkin menerbitkan artis dadakan, tetapi mereka semua telah kursus menyanyi sebelumnya selama bertahun-tahun, sering mengikuti festifal, kalau pun tidak mereka juga belajar menyanyi secara autodikdak. Contohnya Fery, dia sangat menguasai cengkok melayu, karna sudah bertahun-tahun sebelumnya dia suka belajar menyanyi sambil bermain gitar.

Read the rest of this entry »

Madiun, 25 April 2007

Perenungan dalam rangka Ucapan Syukur dan Doa:
1. Berkat Tuhan atas keluarga besar Sdri Siska
2. Hari Ulang Tahun Sdri Siska dan Ibu Lia
3. Doa untuk meminta pembentukan karakter dan doa memohon kesembuhan

Inspirasi:
Hidup manusia dikatakan bermakna, bukan dari seberapa lama atau seberapa panjang usia dia hidup, tapi dengan nilai-nilai apa dia mengisi kehidupnya.
Seorang Dosen UNPAR Bandung, yang menempuh program Doktor di Amerika, mati tertembak, ketika dia melindungi teman kuliahnya yang baru saja mempunyai bayi, karna tindakan heroic/ kepahlawanan ini, mahasiswa Indonesia ini kepalanya tertembak, dan menjadi salah satu korban penembakan yang dilakuakan oleh Mahasiswa Korea. Sekalipun dia belum menyelesaikan disertasinya- pihak kampus menganugrahkan gelar Doktor kepadanya. Orang ini mengisi hidupnya dengan nilai pengorbanan, dan kasih yang tidak egois.
Semakin Bertambah Umur, Semakin Bijaksana
Bacaan : II Samuel 20:16-22

1. Perempuan ini bukan orang terkenal di kota itu, buktinya : namanya tidak tercatat
• Tuhan mau memakai bukan saja orang-orang yang terkenal (Daniel, Yusuf, Musa, dll) tetapi juga orang-orang biasa seperti kita. (Tuhan memakai seorang anak kecil untuk memberikan bekalnya , 5 roti dan 2 ikan, untuk memberkati ribuan orang; Tuhan memakai Janda di Sarfat yang ttidak tercatat namanya untuk memberi makan Elia, dan banyak lagi contoh lainnya)
Read the rest of this entry »

Khotbah di Cell Immanuel, 20 Mei 2006

Menggali Isi Alkitab

Apa yang dimaksud dengan menggali isi Alkitab?

Menggali isi Alkitab adalah sebuah usaha untuk kita menemukan mutiara-mutiara kebenaran Firman Tuhan yang diterangi oleh Pengurapan Roh Kudus.

Apa kegunaan kita dapat menggali Isi Alkitab?
• Dapat jadi mutiara yang berharga dalam hidup kita, tidak hanya membaca secara sepintas saja
• Dapat dikotbahkan, menjadi berkat bagi orang lain

Read the rest of this entry »

Bahan Khotbah , Cell Getsemani 12 Mei 2006

Belajar dari Hidup Simson

Latar Belakang
Manoah, ayah simson dari keturunan Dan,
Kej 49:16 adalah kata-kata nubuatan/wasiat Yakup yang terakhir sebelum meninggal, bisa jadi digenapi dalam diri Simson, karna Simson adalah satu-satunya hakim dari suku Dan.

Read the rest of this entry »

Kebangkitan-Nya membangkitkanku

Paskah Youth GKJ Bayeman, Sabtu, 22 April 2006

Read the rest of this entry »

Miliki Sikap Hati yang Benar

Persekuatuan Choir Januari 2008

Mari memulai Pelayanan di 2008 dengan semangat yang baru, kalau kita bisa melayani Tuhan itu adalah kemurahan/ anugrah Tuhan.

Yunus adalah salah seorang contoh Hamba Tuhan/ Pelayan Tuhan yang mempunyai sikap hati yang salah dalam melayani Tuhan.

Read the rest of this entry »

Khotbah di GKPB Muntilan

Kenaikan Yesus ke Sorga

Kisah Rasul 1:8
Tetapi kau akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan samapai ke ujung bumi.

Read the rest of this entry »

Khotbah di Sel Anak Panah, Minggu, 14 Mei 2006

SPECIAL TENTANG YANG SPECIAL

Teman Hidup adalah suatu topik special yang menjadi pergumulan semua anak muda.

Saya dahulu pernah bergumul ketika duduk di bangku SMP, “akankah kelak dewasa saya hidup melajang? Mungkinkah saya bersuamikan seorang Bule ? Saya tidak berminat menjadi istri Pendeta!”
Sekarang ketika saya mengingat hal tersebut saya menjadi geli sendiri, karna kenyataan yang saya hadapi sekarang ternyata adalah sama sekali yang berlainan dengan bayangan-bayangan saya dulu.

Read the rest of this entry »

Persiapan khotbah Minggu

8 Agustus 2004
GPDI Kharisma Kalinegoro

Semua orang pasti ingin berhasil dalam pekerjaan, keluarga, study, masa depan, ekonomi, dll.

Ada 6 kunci keberhasilan orang percaya:
1. Disertai Tuhan
2. Cinta Firman Tuhan
3. Iman percaya kepada Tuhan
4. Hidup takut akan Tuhan
5. Melakukan bagiannya
6. berdiam diri

Read the rest of this entry »

Bahan Renungan Pra Ujian Hari ke III
Lagu :………………………..

Yak 5:17

Mengapa di dunia ini ada orang-orang yang hebat, misalnya penemu-penemu, yang dapat menemukan teori-teori yang mengagumkan, pelukis-pelukis yang lukisannya terkenal di seluruh dunia, penyanyi-penyanyi yang legendaries, presiden-presiden yang tidak tertandingi kehebatannya, jendral-jendral yang tidak pernah mencatat kekalahan dalam tiap peperangan, dll. Apakah orang-orang hebat tersebut bisa hebat karna mereka lebih pandai, lebih kaya, lebih cantik, lebih ganteng, lebih senior, lebih berkarisma dan serba lebih-lebih dari orang-orang kebanyakan ?

Jawabannya adalah T I D A K !!

Penelitian membuktikan bahwa orang-orang ber IQ tinggi tidak menjamin kesuksesannya di dunia kerja

Elia adalah manusia biasa seperti kita…., namun Alkitab mencatat bahwa tidak ada nabi lain yang dapat melakukan mujijat-mujijat yang spektakuler seperti Elia. Sebagai murid dari Elia, Elisa melakukan mujijat lebih banyak daripada gurunya, tetapi tetap saja nama besar Elia sang guru, tidak dapat tertandingi.

Read the rest of this entry »

Wanita (Khotbah di Darma wanita PSK, Maret 2005)

Wanita adalah mahluk yang sangat diincar oleh iblis, kejatuhan pertama manusia dari dosa karna dimulai dari kejatuhan seorang wanita. Hawa jatuh, karna perhatikan kejadian pasal 3. ia mendengar kata iblis, ia menanggapi iblis, ia menambah-nambahi kata Tuhan, ia melihat, dan tergiur, dan hatinya terpikat, ia mempunyai daya pengaruh yang luar biasa sampai-sampai suaminya pun yang bersama-sama dengan dia ikut memakannya.

Read the rest of this entry »

Belas Kasihan
(perenungan Firman Tuhan di Persek Doa Radio Sahabat Kehidupan, 2 Pebruari 2007)

Apa yang selama ini menjadi penggerak kita?
• Uangkah ? (anak muda yang kaya, Mat 19: 16-26)
• Popularitas ? (Pontius Pilatus, Mrk 15:15)
• Pembalasan dendam dan ambisi pribadi? (Yoab anak seruya, I Raj 2:5-6)
• Kedudukan? (Herodes, Mat 2:16-18)
• Dll

Read the rest of this entry »

Awan Tag

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.