'manusia hidup bukan dari roti saja…'

Khotbah Tgl 24 Mei 2009

Kenaikan Yesus ke Surga

Perbedaan Kedatangan Yesus yang Pertama dan Kedatangan Yesus yang Kedua

Kis 1 : 11

Dia akan datang kembali……dan apakah perbedaan kedatangan-Nya yang pertama 2000 tahun yang lalu dengan kedatangan-Nya sekarang?

1. Dulu Yesus datang sebagai Anak, sebagai Juru selamat dunia (Lukas 1:35), mendatang Yesus datang sebagai Hakim

I Petrus 1
1:17 Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, yaitu Dia yang tanpa memandang muka menghakimi semua orang menurut perbuatannya, maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini.

Beberapa hal yang akan dihakimi yang titegaskan Alkitab:
• Kata sia-sia
Matius 12
12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.
• Segala macam motivasi yang tersembunyi
Roma 2
2:16 Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.

I Korintus 4
4:5 Karena itu, janganlah menghakimi sebelum waktunya, yaitu sebelum Tuhan datang. Ia akan menerangi, juga apa yang tersembunyi dalam kegelapan, dan Ia akan memperlihatkan apa yang direncanakan di dalam hati. Maka tiap-tiap orang akan menerima pujian dari Allah.
• Segala hal yang disadari maupun tidak
I Korintus 4
4:4 Sebab memang aku tidak sadar akan sesuatu, tetapi bukan karena itulah aku dibenarkan. Dia, yang menghakimi aku, ialah Tuhan.
• Dosa merampas hak Tuhan untuk menghakimi dan dosa tidak mau mengampuni, dan dosa menghukum orang lain
Lukas 6
6:37 “Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.

Roma 2
2:1 Karena itu, hai manusia, siapa pun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama.
• Perjinahan dan persundalan akan dihakimi Allah
Ibrani 13
13:4 Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.
• Pengajar palsu akan dihakimi Tuhan
Yakobus 3
3:1 Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.

2. Dulu Yesus datang rela jadi miskin, mendatang Yesus datang untuk memberikan kita rumah surgawi dan kekayaan sorgawi kepada para pemenang.

II Korintus 8
8:9 Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.

Bagaimana cara mendapatkan kekayaan sorgawi itu?

Bersedekah/ Menabur
Lukas 12
12:33 Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di sorga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat.

Lukas 12
12:34 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.”

Matius 19
19:21 Kata Yesus kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.”

Kisah Para Rasul 2
2:45 dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.

Amsal 19
19:17 Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.

Setia perkara kecil/ mengembangkan talenta
Matius 25
25:14 “Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.

Selalu menuntut/ mengejar kekayaan rohani / Matius 5: 3, Luk 12:21

(Amsal 23)
23:4 Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini.
Lukas 12

12:21 Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah.”

3. Dulu Yesus datang dengan Yohanes Pembabtis sebagai pembuka jalan, sedangkan sekarang ini kitalah Yohanes Pembabtis di akhir jaman yang mempersiapkan kedatangan-Nya ke dua kali

Markus 1
1:2 Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: “Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu;

kita harus serukan “Bertobatlah sebab Kerajaan Sorga sudah dekat”

Siapkah kita menyambut kedatangan-Nya yang ke duakali?

Adakah kerabat kita telah diselamatkan?

Kitasemua punya hutang jiwa-jiwa pada Tuhan

Roma 1
1:14 Aku berhutang baik kepada orang Yunani, maupun kepada orang bukan Yunani, baik kepada orang terpelajar, maupun kepada orang tidak terpelajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: