'manusia hidup bukan dari roti saja…'

Khotbah di GPDI Kilang Kenceng, 19 Juli 2009

Nats Alkitab :
Roma 12: 15

Roma 12
12:15 Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!

Ayat mas ini muncul sebagai penjelasan dari bagaimana caranya kita mengekspresikan kasih kita pada sesama.

Betapa mudahnya bagi kita saat ada orang yang bersukacita kita justru sedih…..
Dan saat ada orang yang menangis…kita justru tertawa.

Saat tetangga beli HP baru….dia senang, sedangkan kita meratap….kenapa HP ku kog sudah kuno? Jarang kita ikut senang kalau teman kita senang

Saat teman kita jatuh/ rugi….kita justru tertawa…”rasain lu..!!”

Kita lihat tokoh Abaraham:
1. Kej 13: 8-12, 14 Abraham mengalah pada Lot. Apa yang membuat orang lain senang kita pun ikut senang, walaupun untuk itu terkadang kita harus mengalah. Inilah ekspresi kasih. Mengalah itu artinya kita ingin iktu bersukacita jika orang lain bersukacita, walaupun hal itu membuat kita harus menderita. Apa hasilnya? Ayat 14…..setelah Lot berpisah dari Abaram….berfirmanlah Tuhan kepada Abram…..Maukah kita mengalah? Mengalah tidak berarti kalah
2. Kej 20: 17- 21: 1.Abraham mendoakan Abimelekh dan seisi rumahnya sehingga mereka sembuh dari kemandulan, padahal pada saat itu Abraham sendiri belum punya anak. Abraham mau berdoa untuk agar orang lain bahagia, walau kebahagiaan itu belum mampir dalam hidupnya. Doa syafaat adalah sebuah taburan. Apa hasilnya? Di pasal berikutnya pasal 21: diberi judul Ishak Lahir. Maukah kita berdoa syafaat untuk pokok doa kita sendiri yang justru belum terjawab? Itu juga yang terjadi dengan Yusuf, sekalipun mimpinya belum digenapi ia menafsirkan dulu mimpi orang lain

• Kepentingan orang lain lebih utama dari kepentingan diri sendiri
Filipi 2
2:4 dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.

Kita lihat tokoh Ribkah
1. Kej 24; 17 -21 Ribkah senang jika melihat orang lain senang, ia melakukan lebih daripada yang diminta oleh orang asing itu. Ia tidak saja memberi minum orang asing itu tetapi ia juga memberi minum unta-unta itu. Unta adalah binatang yang menghabiskan banyak air untuk mengisi kantong persediaan air minumnya. Ribkah rela bersusah payah demi kepuasan orang lan. . Apa hasilnya? Lihatah ayat berikutnya ayat 22 dst ribkah mendapat berkat melimpah dan dia dipinang menjadi istri Isak.

Ribkah rela menangis bersama dengan orang asing yang kelelahan dan kehausan , maukah kita melakukan sesuatu bagi orang lain yang membutuhkan kita, bahkan melakukan lebih (bandingkan dengan Mat 5; 38-42) bahkan Tuhan Yesus mengajarkan bahwa jika kita ada di pihak yang dijahati, dirugikan, ditipu, dikhianati sekalipun, kita relakan diri kita, jika dengan itu orang itu bersukacita, beri lah jika ada yang meminta. Ribkah telah berjalan pada mil yang kedua. (ilustrasi dikorupsi Lanny, ditipu makelar pembantu)

• Berbahagialah orang yang murah hatinya karna ia akan beroleh kemurahan Mat 5: 7

Matius 7
7:12 “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Kita lihat tokoh Ishak
2. kejadian 26: 12 Orang Mesir iri pada ishak yang sangat diberkati
Abimelekh Raja orang Filistin mengusir Ishak karna takut kesaingan, saat Ishak pergi ke lembah Gerar, ia menggali sumur-sumur nya ayahnya dulu yang sudah ditutup, Sumur Esek ternyata airnya berbual-bual, membuat mereka bertengkar, sumur Sitna, dan sampailah pada sumur ke 3 Rehobot.
Apa sikap Ishak….membiarkan dirinya rugi,
Apa hasilnya?
Janji dan perjumaan dengan Tuhan, dan perhatikan ayat ayat 25, ada sumur pribadi yang digali, ada berkat yang bukan sekedar warisan, tetapi berkat pribadi.

Amsal 3
3:28 Janganlah engkau berkata kepada sesamamu: “Pergilah dan kembalilah, besok akan kuberi,” sedangkan yang diminta ada padamu.
Perempuan Sunem dan janda sarfat, menghormati hamba Tuhan, mengasihi Tuhan dan pekerjaan Tuhan, apa hasilnya? Janda sarfat dipelihara Tuhan pada masa sukar dan Perempuan Sunem mendapat anak, disembuhkan daripada kemandulan.

• Terlebih bahagia memberi daripada menerima.
Mengapa Tuhan Yesus bisa melayani dengan penuh Kuasa?
Karna ia bergerak oleh sebab ada belas kasihan ilahi mengalir dalam hidupnya, ada empathy, itulah sebabnya hanya 1 orang sakit saja yang ia sembuhkan di kolam Bethesda, karna Ia bisa turut menangis besama orang yang menangis
Saat Lasarus mati, Ia pun ikut menangis,
Saat ia menaruh belas kasihan pada orang Gerasa, Ia rela menempuh danau bergelora.

Ia tidak hanya melakukan mujijat hanya sebuah kebiasaan / mekanis/ seperti mesin/

Saat melihat orang banayk tibullah belas kasihan pada mereka
Dst.
Mengapa terkadang bukan ayat ini yang kita lakukan, melainkan justru iri hati yang merajai hidup kita?
Baca Yakobus 4: 1-3

Berhati-hatilah dengan keinginan kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: