'manusia hidup bukan dari roti saja…'

Kebangkitan-Nya membangkitkanku

Paskah Youth GKJ Bayeman, Sabtu, 22 April 2006

Bacaan Alkitab Lukas 24:13-35

Penghalang Kebangkitan kita bersama Yesus adalah:
1. Shock/ sedih/ emosi yang sangat menipu/ mempermainkan kita/emosi yang tidak stabil/ emosi yang dikendalikan oleh situasi.
Dua orang yang shock dengan Kematian-Nya serta ‘rumor’ tentang kebangkitan-Nya berjalan dengan lesu, mereka pulang ke kampung mereka di Emaus, (ay , 17c, 32)
2. Mereka sedang menggunakan akalnya/ kecerdasannya untuk menalarkan kebangkitan Yesus, Apa masuk akal ya? Itulah yang menghalangi mata mereka sehingga tidak mengenali Yesus (ay 15-16)
Banyak kali mengandalkan pikiran manusia/ pikiran sendiri/ kebenaran diri sendiri Bandingkan dengan Amsal 3:5-7 mereka menganggap kedatangan Yesus membebaskan bangsa Israel adalah secara fisik, secara politik, dan hanya pandangan yang sempit hanya untuk jaman itu saja, dan hanya untuk bangsa Israel saja. Saulus buta saat alami perjumpaan pertamanya dengan Tuhan, karena ia menelaah Firman Tuhan dengan pikirannya sendiri.
3. Respon yang salah dan yang lamban, karena tidak mengenal Firman Tuhan (ay 25, 22-24) Hanya puas jadi penonton dan pendengar setia, dan komentator, tetapi tidak mau terlibat aktif, dan memberi respon yang benar. Mereka agak tidak percaya terhadap omongan perempuan-perempuan (24,34), kembali terjebak dalam cara berpikir yang sempit, bahwa perempuan2 itu belum tentu omongannya benar. Seharusnya mereka langsung croscek dengan Kitab para Nabi seperti yang dilakukan oleh Yesus (27). Hidup dalam pengenalan Firman Tuhan yang lebih lagi. Jika kita mengenal Firman Tuhan lebih dalam, kita akan memberi respon yang benar dan yang cepat.
4. Kurang tinggal dalam persekutuan dan pengenalan dengan-Nya, kurang mengenal suara-Nya ( ay 35) seharusnya mereka sudah dapat mengenali Dia saat bercakap-cakap, karna Dia menggunakan gaya bahasa yang berbeda dengan orang lain (25-27), baru setelah mereka melihat Dia memecah-mecahkan roti (gerak-gerik) mereka mengenali Dia. Ayo kenali suara Tuhan lebih lagi.
5. Kehilangan VISI (ay 33), perjumpaan dengan kebangkitan Yesus akan membawa seseorang ke VISI semula
6. Keluar dari Persekutuan/ komunitas orang percaya (ay 33)
7. Kepercayaan/ iman akan kebangkitan Yesus membuat Yesus tidak perlu harus hadir terus menerus secara fisik( 31). Mereka menuntut kehadiran fisikily, namun kepercayaan akan kebangkitanNya, sanggup membuat mereka bangkit dan bangun.

zwani.com myspace graphic comments

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: