'manusia hidup bukan dari roti saja…'

Khotbah di GPDI Kincang
23 Agustus 2009

PERHITUNGAN TUHAN DALAM HIDUP KITA

Pendahuluan:

Kita harus punya konsep yang benar tentang kesabaran Tuhan, Tuhan itu dikatakan panjang sabar…

Mazmur 86
86:15 Tetapi Engkau, ya Tuhan, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih dan setia.

Mazmur 103
103:8 TUHAN adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia.

Mazmur 145
145:8 TUHAN itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya.

Tetapi pengenalan kita yang lengkap akan Tuhan akan membawa kita pada

Nahum 1
1:3 TUHAN itu panjang sabar dan besar kuasa, tetapi Ia tidak sekali-kali membebaskan dari hukuman orang yang bersalah. Ia berjalan dalam puting beliung dan badai, dan awan adalah debu kaki-Nya.

Pada hari Tuhan nanti tidak semua orang percaya akan diangkat, karna ada perhitungan-perhitungan Tuhan yang Dia adakan….perhatikan ayat-ayat ini:

Matius 24
24:40 Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan;

Matius 7: 21-23
7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Kuncinya adalah jadi pelaku Firman (Mat 7: 24-27) bukan calo Firman
Galatia 5: 19-20
5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
5:20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
5:21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

1. Kejadian 6: 9. Nuh diperhitungkan Tuhan sebagai orang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sejamannya, dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah. Terhadap orang seperti inilah Tuhan mengadakan perjanjian Bahtera Keselamatan ( Kej 6: 18) Adakah kita hidup di hadapan Tuhan sebagai orang yang tidak bercela diantara orang-orang yang hidup sejaman dengan kita? Adakah kita hidup bergaul dengan Tuhan?

2. Kepercayaan Abraham kepada Tuhan diperhitungkan oleh Tuhan sebagai kebenaran. (Kej 15:6) Rom 1: 17 Orang benar akan hidup oleh iman. Adakah hidup iman kepercayaan kita dapat diperhitungkan Tuhan sebagai kebenaran?

3. Sodom Gomora dijatuhi hukuman karena ada perhitungan khusus, 50, 45, 40, 30, 20, 10, dicatata apakah di kota itu ada minimal 10orang benar….??? Trernyata hanya ada Lot, istri dan kedua anak nya perempuan, 4 orang saja, yang hidup takut akan Tuhan. Adakah kita memenuhi syarat sebagai orang-orang Benar yang diperhitungkan Tuhan di kota Madiun ini?

4. bangsa Israel yang telah 10 kali mencobai Tuhan, dan tidak mau mendengarkan suara Tuhan, walaupun telah melihat kemuliaan dan tanda-tanda mujijat-Nya, tidak akan masuk ke tanah perjanjian (Bilangan 14: 22) bersungut-sungut (ay 29-30). Dalam 5 kali peristiwa 10 kali bersungut-sungut…..hanya didapati Yosua dan Kaleb yang lolos dari perhitungan Tuhan ini. Lihat Bilangan 26: 65. Adakah kita bertobat dari setiap persungutan Tuhan?

Bersungut-sungut karna masalah minuman di Mara
Keluaran 15
15:24 Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: “Apakah yang akan kami minum?”

Bersungut-sungut karena lapar di Padang gurun Sin
Keluaran 16
16:2 Di padang gurun itu bersungut-sungutlah segenap jemaah Israel kepada Musa dan Harun;

Bersungut-sungut karna haus di Masa dan Meriba
Keluaran 17
17:3 Hauslah bangsa itu akan air di sana; bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa dan berkata: “Mengapa pula engkau memimpin kami keluar dari Mesir, untuk membunuh kami, anak-anak kami dan ternak kami dengan kehausan?”

Bersungut-sungut karna nasib buruk yang mereka alami di Tabera
Bilangan 11
11:1 Pada suatu kali bangsa itu bersungut-sungut di hadapan TUHAN tentang nasib buruk mereka, dan ketika TUHAN mendengarnya bangkitlah murka-Nya, kemudian menyalalah api TUHAN di antara mereka dan merajalela di tepi tempat perkemahan.

Bersungut-sungut setelah mendengar laporan 10 pengintai
Bilangan 14
14:2 Bersungut-sungutlah semua orang Israel kepada Musa dan Harun; dan segenap umat itu berkata kepada mereka: “Ah, sekiranya kami mati di tanah Mesir, atau di padang gurun ini!

5. Rahab, segala perbuatannya diperhitungkan oleh Tuhan, imannya terhadap Allah Israel diperhitungkan oleh Tuhan. Bahkan ia terhitung dalam silsilah Tuhan Yesus. Rahab berani mempertaruhkan hidupnya demi imannya kepada Allah Israel, dan demi pengharapannya akan kemenangan Israel atas kota Yerikho yang sangat telab temboknya, secara manusia mustahil untuk ditembus. Adakah kita punya iman tapi juga punya perbuatan? Iman tanpa perbuatan adalah mati, setiap perbuatan kita diperhitungkan oleh Tuhan!!

Ibrani 11
11:31 Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik.

Yakobus 2
2:25 Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain?

Matius 1
1:5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai,

6. I Raja-raja 11: 9 Salomo telah 2 kali melihat Tuhan menampakkan diri kepadanya tetapi hatinya telah menyimpang dari Tuhan…..itu semua karna pengaruh istri-istrinya (ay 4), kerajaan Salomo terpecah menjadi 2. Tuhan memperhitungkan setiap perjumpaan yang Ia sendiri berkenan ditemui oleh kita, adakah perjumpaan itu mengubah segenap hidup kita semakin serupa Dia?

I Tawarikh 28
28:9 Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati, sebab TUHAN menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya.

7. Daniel 5. Tulisan di dinding, raja Belsyasar masalahnya adalah kesombongan raja, walaupun ia tahu sejarah ayahnya yang sakit jiwa gara-gara kesombongan juga (ayat 22) , maka Tuhan memperhitungkan semuanya, Tekel….tuanku ditimbang dengan neraca dan didapati terlalu ringan (ay 27). Setiap kesombongan kita atau kerendahan hati kita diperhitungkan oleh Tuhan

8. Pengadilan Allah memutuskan bahwa Daniel diperiksa tidak bersalah terhadap Tuhan dan terhadap Raja ia tidak melakukan kejahatan apapun juga. (Dan 6: 23) Dalam hal ini pengadilan Allah mengatasi pengadilan manusia. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Karna Allah memperhitungkan ketekunan Daniel dalam berdoa 3 kali sehari ( ay 17). Semua ibadah dan niat hati kita dan motivasi kita diperhitungkan oleh TUHAN

9. Baru sepertiga perjalanan Yunus mengelilingi Kota Niniwe, seluruh penduduk serta raja niniwe pun bertobat…..hal ini diperhitungkan oleh Tuhan, sehingga malapetaka batal. (ynus 3: 10) Pertobatan kita diperhitungkan oleh Tuhan, bahkan mempengaruhi berkat/kutuk yang turun atas kota kita

10. Setiap perkataan kita diperhitungkan oleh Tuhan,
Matius 12
12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

Matius 12
12:37 Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: