'manusia hidup bukan dari roti saja…'

CICAK DI ISTANA-ISTANA RAJA

CICAK

PA dengan cik Anie, 16 Pebruari 2011

Amsal 30: 24, 28

Ada empat binatang yang terkecil di bumi, tetapi yang sangat cekatan; Cicak yang dapat kautangkap dengan tangan, tetapi yang juga ada di istana-istana Raja.

Fakta tentang cicak

  1. Cicak adalah hewan reptile, yang biasa merayap di dinding atau pohon
  2. Cicak biasanya berukuran sekitar 10 cm
  3. Cicak yang dimaksud oleh Salomo kemungkinan adalah cicak berjenis cicak tembok (Latin Cosymbotus platyurus).
  4. Makanan cicak biasanya adalah serangga terutama nyamuk
  5. Cicak terkenal sebagai pemanjat yang ulung. Binatang yang satu ini mampu memanjat dinding tegak lurus bahkan merayap pada atap. Kemampuan ini dimiliki cicak karena ke-4 kakinya yang memiliki bulu-bulu halus yang mampu melekat pada permukaan apapun.

  1. Ekor cicak juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan. Para peneliti dari University of California, Berkeley baru-baru ini menemukan bahwa ekor cicak ini berfungsi sebagai penyeimbang pada saat cicak memanjat permukaan yang tegak lurus. Pada saat cicak terpeleset, ujung ekornya akan mendorong permukaan sehingga kepala dan bagian atas tubuh cicak tidak akan menjauh dari permukaan dinding.Dalam keadaan normal ekor ini akan menempel pada permukaan sehingga memberi cicak waktu sekitar 1/4 detik untuk melepas pegangan pada permukaan dan melangkah ke depan.Namun bila semua usaha sudah gagal dan cicak harus terjatuh, maka ekor ini akan berfungsi sebagai penyeimbang sehingga posisi jatuh cicak selalu dengan ke-4 kakinya terlebih dulu menyentuh tanah. Ekor cicak mampu membuat seluruh tubuh cicak berputar hanya dalam waktu 1/10 detik saja. Prinsip kerja ekor cicak ini rupanya juga telah diaplikasikan pada robot berkaki 4 yang memiliki kemampuan memanjat yang dinamai RiSE. Bahkan mungkin ke depannya, prinsip yang sama juga bisa diaplikasikan pada pesawat terbang.
  2. Cicak dapat memutuskan ekornya sendiri untuk mengalihkan perhatian lawan. Fenomena putusnya ekor cicak ini terjadi di saat cicak merasa terancam keselamatannya. Ekor tersebut dijadikan sebagai umpan agar si pemangsa beralih perhatiannya ke ekor tersebut. Ini disebut autotomi. Cicak jika akan dimangsa oleh predatornya maka akan segera memutuskan ekornya untuk menyelamatkan diri. Jika dilihat dari strukturnya, ekor cicak memiliki bentuk yang panjang dan lunak yang memungkinkan untuk bisa memendek dan menumpul. Ekor akan mengalami regenerasi bila ekor tersebut putus dalam usaha perlindungan diri dari predator. Jadi, autotomi merupakan perwujudan dari mutilasi diri. Ekor yang putus tersebut dapat tumbuh lagi tetapi tidak sama seperti semula. Setelah ekor cicak terputus, cicak tetap dapat hidup baik-baik saja.

http://id.wikipedia.org/wiki/Cecak

http://myscienceblogs.com/kids/2009/02/21/ekor-cicak/

http://en.wikipedia.org/wiki/Flat-tailed_House_Gecko

PEMBAHASAN

  1. Agur bin Yake menuliskan bahwa cicak adalah binatang terkecil di bumi. Kalau berdasarkan penggolongannya, maka cicak termasuk binatang reptile/ melata yang tubuhnya berkisar antara 10 cm. Dinbandingkan dengan retile lainnya, seperti buaya, bunglon, komodo, tokek, dll, memang cicak adalah termasuk yang terkecil diantara reptile lainnya.
  2. Agur bin Yake mengkategorikan Cicak sebagai binatang yang cekatan. Cicak adalah binatang yang bergerak dengan cepat, sehingga walaupun dapat ditangkap dengan tangan, tetapi hal tersebut tidaklah mudah. Dari hasil penelitian yang sudah kit abaca diatas, ternyata diketahui bahwa cicak itu sangat cekatan:
  • Dalam keadaan normal ekor ini akan menempel pada permukaan sehingga memberi cicak waktu sekitar 1/4 detik untuk melepas pegangan pada permukaan dan melangkah ke depan.
  • Ekor cicak mampu membuat seluruh tubuh cicak berputar hanya dalam waktu 1/10 detik saja.
  1. Cicak dikatakan oleh Agur bin Yake…..tetapi yang juga ada di istana-istana Raja.

Biasanya di Istana, akan dikondisikan sebersih mungkin dari binatang yang dianggap mengganggu, misalnya: tikus, kecoa, nyamuk, rayap, lalat, cacing, dll. Tetapi anehnya, mengapa sampai di istana-istana Raja, cicak tidak dibasmi seperti binatang lainnya yang dianggap mengganggu? Karna:

    • Cicak justru menolong istana bebas nyamuk. (ini menggambarkan bahwa kehadiran cicak justru menjadi penolong, bukan pengganggu)
    • Cicak terkenal sebagai pemanjat yang ulung. Binatang yang satu ini mampu memanjat dinding tegak lurus bahkan merayap pada atap. Kemampuan ini dimiliki cicak karena ke-4 kakinya yang memiliki bulu-bulu halus yang mampu melekat pada permukaan apapun. Hal ini merupakan fakta , bahwa cicak dapat tinggal di istana- istana Raja, tidak perduli terbuat dari apapun bahan pembuat bangunan atap istana tersebut, mau dari emaskah, atau dari kayukah, atau dari tembokkah, tidak menjadi masalah bagi cicak. (ini menggambarkan bahwa cicak dapat beradaptasi di lingkungan manapun/ situasi seperti apapun)
    • Cicak selalu berusaha memanjat ke atas, dan dapat menempel di atas tanpa jatuh. Hal ini dikarenakan si cicak tersebut memiliki ekor yang dapat menjaga keseimbangan tubuhnya (ini menggambarkan bahwa cicak dapat terus naik ke atas dan dapat terus bertahan di atas, karena ia menjaga keseimbangan hidupnya) Seandainya cicak tidak tinggal di atas/tempat tinggi, pastilah ia turut dibasmi seperti binatang-binatang lainnya – kecoa, tikus, dll)
    • Cicak juga pernah jatuh, karna ia juga terkadang menemui kegagalan untuk menjaga keseimbangannya. Namun bila semua usaha sudah gagal dan cicak harus terjatuh, maka ekor ini akan berfungsi sebagai penyeimbang sehingga posisi jatuh cicak selalu dengan ke-4 kakinya terlebih dulu menyentuh tanah. (Ini menggambarkan bahwa walaupun si cicak ini jatuh, jatuhnya tidak akan tergeletak, seperti yang sering dialami oleh kecoa, yang kalau jatuh dengan kaki menghadap ke atas akan mengalami kesulitan untuk berbalik. Pada saat cicak jatuh, dengan posisi tidak tergeletak, dengan cepat dia akan naik kembali ke atas, oleh karna itulah, cicak sulit ditangkap)
    • Jika musuh menyerang, cicak tidak segan-segan melepaskan ekornya/ memutilasi dirinya, walaupun ekor cicak ini sebenarnya adalah bagian yang penting dari dirinya. Hal inilah yang membuat cicak menjadi binatang yang tidak mudah mati karna diserang musuh. Walaupun untuk itu sang cicak harus tetap menunggu proses tumbuhnya kembali ekornya. ( Ini menggambarkan bahwa si cicak mau melepaskan haknya, untuk dapat bertahan hidup, dan untuk pelepasan hak ini, membutuhkan proses yang cukup memakan waktu)

RHEMA YANG KITA DAPATKAN:

Terkadang hidup kita seperti Cicak, yang kecil, tampaknya tidak berarti, namun demikian Tuhan dapat mengangkat kita yang kecil ini, menjadi penghuni Istana-istana Raja yang megah. Artinya Tuhan sanggup mengangkat kita

‘wong cilik’, kalau kita mau menerapkan prinsip cicak dalam hidup kita.

Apa itu prinsip cicak?

1.      meskipun memberi kontribusi yang tampaknya kecil, yaitu memakan nyamuk, tetapi barangsiapa setia perkara kecil, akan diberi kepercayaan perkara-perkara yang besar

2.      Tuhan ingin, kita dapat beradaptasi dengan lingkungan/situasi seperti apapun, tidak mudah mengeluh/ bersungut-sungut/ menuntut/ memberontak

Jika sudah dibawa Tuhan naik di posisi atas, kita harus tetap menjaga keseimbangan kehidupan, prioritas utama tetap TUHAN, prioritas kedua KELUARGA, prioritas ke tiga PEKERJAAN/PELAYANAN, prioritas ini dan keseimbangannya tidak boleh diputarbalikkan

3.      Cicak jatuhnya tidak tergeletak, dan setelah ia jatuh, ia segera bangkit lagi, dan naik lagi ke atas. Mazmur 37: 24 Apabila kita jatuh tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya.

4.      Yohanes 15:2, sama seperti ranting pada-Ku yang tidak berbuah dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, diberihkan-Nya, supanya ia lebih banyak berbuah. Untuk mengalami yang namanya ‘dipotong’ memang menyakitkan, tetapi proses ini tetap akan membuat kita menjadi lebih dari pemenang.

Selamat menempati tinggal di Istana-istana Raja !!

zwani.com myspace graphic comments

Comments on: "CICAK DI ISTANA-ISTANA RAJA" (5)

  1. Tuhan menempatkan talenta luar biasa pada tiap diri kita dan rancangannya sungguh ajaib.

  2. thanks ya infonya…
    saya pelajar smp yg di beri tugas untuk menulis adaptasi cicak…
    karena info ini sangat lengkap memudahkan saya untuk mengerjakan tugas saya…
    terimakasih banyak….Tuhan Yesus Memberkati Kita Semua….Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: