'manusia hidup bukan dari roti saja…'

KEUNIKAN KAUM ADAM DAN KAUM HAWA

(disusun oleh : Susan Grace Widiono, S.MG)

Disampaikan di Kaum Wanita GUPDI Madiun, 20 April 2011

  1. Dalam Hal Berkomunikasi
    • KAUM HAWA 20.000 kata , KAUM ADAM 7.000 kata dalam sehari (Adam dan Hawa, Kej 3:3)
    • Kaum Adam berbicara to the point. (Ragi Farisi, Matius 16: 6-7), kaum Hawa berbicara dengan perlambang (remah-remah roti, Matius 15: 27)

i.      Oleh karena itu: jangan jadi perempuan yang cerewet, dan jangan menuntut pria banyak bicara, tetapi mari bantu mereka dengan menggali informasi yang lebih banyak lagi (Amsal 10: 19)

  1. Cara Menyelesaikan Masalah
    Kaum Adam : Mudah melupakan, vokus pada satu masalah saja
    Kaum Hawa: mudah menyimpan dendam, berlarut-larut dan melebar-lebar

Amsal 10:12, 18:19, 19:13, 20:3, 21:19

i.      Oleh karna itu batasi masalah, dan lepaskan pengampunan akan hal-hal yang menyakitkan di masa lalu

  1. Cara Berpikir
    • Kaum Hawa itu detail, sedangkan Kaum Adam itu global/garis besar saja. (Rahab, Yosua 2; 8-13 Dua orang pengintai Yos 2: 24), Ratu negri Syeba I Raj 10:4-5)

i.      Oleh karna itu sepakati di awal goal/ garis besar yang ingin dicapai

ii.      Dan bantu para pria untuk memerinci dengan detail, Amsal 11: 14

    • Cara berpikir kaum hawa: bisa bercabang-cabang, dalam waktu yang bersamaan
      Cara berpikir kaum adam: hanya bisa berkonsentrasi pada satu hal. Seperti meja dengan banyak laci.

i.      Oleh karna itu cari waktu yang tepat saat berbicara dengan pria Amsal 15: 23

ii.      Dan jangan menganggap pria itu munafik, saat misalnya sesaat setelah bertengkar, sang pria bisa tersenyum seolah-oleh bersandiwara di depan tamu.

  1. Cara Kerja
    • Kaum Adam
      berorientasi pada hasil akhir
      Kaum Hawa
      berorientasi pada proses, Abraham: Kej 15: 2-3, Sarai : Kej 16: 2-3

i.      Oleh karna itu perempuan harus belajar merumuskan goal atau sasaran atau hasil akhir dan membantu kaum pria untuk menyusun rencara step by step/ langkah demi langkah

    • Iming-iming bonus akan membuat Kaum Adam dapat mencapai hasil kerja maksimal (Kej 29:30), Kenyamanan suasana kerja-lah yang membuat Kaum Hawa mencapai hasil kerja maksimal (Rut 2: 15-17)

i.      Oleh karna itu kaum hawa harus memahami saat kaum adam bekerja lembur untuk mencapai target dan maklumilah apabila pria tidak bisa mengerti cara kerja kaum hawa yang bisa lembur tanpa tambahan gaji, asalkan suasana kerja menyenangkan, itu mereka lakukan bukan karna mereka semata-mata berorientasi pada ‘uang’.

  1. Keberhargaan Diri
    • Harga diri Kaum Adam terletak di eksistensinya di dunia kerja

(Daud, II Sam 5:12)

Harga diri Kaum Hawa terletak di keberhasilannya di keluarga
(Naomi, Rut 1:19-21)

  • Oleh karna itu jangan menghina harga diri pria dengan menghina ‘gajinya’ atau jenis pekerjaannya, ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya, hargailah berapa pun gajinya
  • Kaum hawa harus lebih vokus pada keluarga sebagai prioritas yang lebih utama daripada pekerjaan atau bahkan pelayanan, karna kesalahan prioritas ini akan berakibat fatal Amsal 11:2, Amsal 10:1, Amsal 15: 20
  1. Emosi
    • Air mata adalah cara Kaum Hawa mengekspresikan ‘perasaannya’ (Hana, I Sam 1: 7).Kaum Hawa hanya ingin didengarkan dan dimengerti. Kemarahan adl cara Kaum Adam mengekspresikan ‘perasaannya’ (Yakub, Kej 29:25) bisa diredam dgn perkataan yg bijak
      dan lemah lembut (Abigail, I Sam 25: 23-32)

i.      Pria biasanya akan langsung memberi jalan keluar/solusi saat kita curhat pada mereka, Oleh karna itu jangan kaget kalau pria tidak dapat menyelami perasaan kita, jelaskan pada kaum pria “untuk saat ini, aku hanya ingin dimengerti dan didengarkan”

ii.      Ungkapakan perasaanmu dan jangan berharap pria dapat menebak/mengerti segalanya dengan sendirinya (Amsal 15:1, 20:14)

  1. Hobby
    • Kaum Adam perlu memiliki hobby yang jadi ‘dunianya’ sendiri. (Ishak, Kej 25:27-28). Kaum Hawa mendapat kepuasan dari menjalin sebuah ‘hubungan’ (Ribka)

i.      Oleh karna itu ijinkan pria memiliki ‘dunianya’ sendiri dan bantu pria untuk menjalin hubungan dan membangun jaringan lebih luas.

  1. Ketertarikan Terhadap Lawan Jenis
    • Kaum Adam terpesona dengan kaum Hawa dimulai dari apa yang dilihat oleh ‘mata’-nya ( Yakub jatuh cinta pada Rahel, Kej 29:17-18), DAN aroma yang diciumnya (Amsal 7: 17).

i.      Oleh karna itu jaga penampilan di luar dan di dalam rumah, perhatikan kecantikan batiniah yang sangat berharga yaitu roh yang lemah lembut dan tentram ( Amsal 6:25, Amsal 31;30, Amsal 6: 25-26)

    • Kaum Hawa terpesona dengan kaum Adam dimulai dari apa yang didengar oleh ‘telinga’nya, dan cara Kaum Adam memberi rasa aman/ melindungi (Rut dan Boas 2: 8-10,13)

i.      Oleh karna itu berilah waktu pada pria untuk mencerna kata-katakita, dan pada saat berbicara pada pria perhatikan intonasi. Jangan terlalu memaksa pria untuk mengobral pujian Amsal 25: 27. Beri pancingan agar pria berlatih memuji yang sewajarnya.

  1. Cara Menyenangkan Pasangan
    • Kaum Hawa menyenangkan kaum Adam dengan masakannya/ cara dia melayani (Ester 4:6 ; 7:1-2)Kaum Adam menyenangkan kaum Hawa dengan pemberian-pemberiannya. (Ester 4:6 ; 7:1-2)

i.      Oleh karna itu, layanilah kaum Adam dengan penuh sukacita, maka otomatis mereka akan menyenangkan kita dengan apa yang kita butuhkan Amsal 31: 15

  1. Hubungan Dengan Tuhan
    • Kaum Hawa lebih peka akan Tuhan daripada Kaum Adam (Manoah dan istrinya Hak 13. Abraham dan Sara Kej 21:12, Ribka, Kej 25:23)

i.      Oleh karna itu, bantu kaum pria untuk lebih mendekat pada Tuhan, berikan teladan daripada ‘omelan’, tunjukkan perubahan karakter yang bersumber dari hubungan pribadi dengan Tuhan

  1. Kehidupan Seks
    • Kaum Adam; bagaikan mata air/ sendang. Kaum Hawa; bagaikan sumur yang dalam Amsal 5: 15-19

i.      Oleh karna itu komunikasikan dengan jelas apa yang perempuan inginkan tanpa takut merasa tabu., dan tanyakan yang sebaliknya dengan pasangan anda. Layanilah pasangan anda tanpa syarat tertentu, jangan jadikan ‘puasa ranjang’ sebagai hukuman bagi kaum pria,

zwani.com myspace graphic comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: