'manusia hidup bukan dari roti saja…'

TULISAN INI ADALAH TULISAN SERI

CARA PANDANG ILAHI

MEFIBOSET DAN TAHUN TAHUN HIDUPNYA

SI PINCANG DI PELUKAN AYAH

LAMPIRAN 2

PRAKIRAAN UMUR

1000 SM

Saul dan Yonatan mati dalam pertempuran, I Sam 31, saat itu usia Mefiboset 5 tahun. II Sam 4:4

Pada saat itu Isyboset bin Saul menjadi raja atas wilayah lain selain Yehuda, memerintah selama 2 tahun, usia Isyboset saat itu 40 tahun ( 2 Sam 2:10).

Daud memerintah atas Yehuda selama 7 tahun dan 6 bulan. Pada saat itu usia Daud 30 tahun. Jadi selisih usia Daud dan Mefiboset adalah 30 tahun – 5 tahun = 25 tahun.

998 SM

Dua tahun lamanya Isyboset bin Saul memerintah di istana kerajaan tanpa memperdulikan keponakannya Mefiboset bin Yonatan sama sekali. Usia Mefoboset saat itu sudah mencapai usia 7 tahun ( 5 tahun di tambah 2 tahun)

993 SM

Isyboset terbunuh oleh orang jahat  7 tahun 6 bulan setelah Daud memerintah atas Yehuda.  Saat itu usia Mefiboset adalah 12, 5 tahun ( 5 tahun ditambah 7, 5 tahun)

Setelah itu Daud dilantik menjadi raja atas seluruh Israel II Sam 5: 4. Saat itu usia Daud adalah 37,5 tahun.

982 SM

Daud menang dalam pertempuran-pertempuran melawan Filistin, sehingga kerajaannnya semakin kokoh II Sam 8

Menurut ahli sejarah, ini memakan waktu lebih kurang 10 tahun terhitung sejak Daud memerintah atas seluruh Israel,

Saat itu usia Mefiboset adalah  22,5  tahun ( hasil perhitungan ini didapat dari usia Mefiboset saat Daud dilantik adalah 12,5 tahun, ditambah 10 tahun kemudian saat kerajaan Israel telah kokoh)

Dan  jika selisih usia Daud dan Mefiboset adalah 25 tahun, maka saat Mefiboset berusia 22,5 tahun, maka saat itu usia Daud adalah 47,5 tahun.

Pada saat itulah Mefiboset mulai tinggal di istana raja Daud, diusia 22,5 tahun, dan dicatat di Alkitab bahwa Mefiboset saat itu sudah memiliki anak laki-laki kecil bernama Mikha.II Sam 9:12

Jika dianggap saja Mikha kecil berusia 2,5 tahun, itu artinya kita perkirakan selisih usia Mikha dan Mefiboset adalah 20 tahun.

Bisa diperkirakan dari perhitungan ini berapa lamakah kira-kira Ziba karyawan Saul itu menguasai harta kekayaan raja Saul, yaitu sejak Isyboset mati sampai detik ketika harta kekayaan warisan Saul diberikan kembali ke pangkuan Mefiboset oleh keputusan raja Daud (22-12 = 10 tahun —– dari usia Mefiboset saat mulai tinggal di istana raja 22 tahun dikurangi 12 tahun usia Mefiboset saat pamannya Isyboset terbunuh)

10 tahun bukan waktu yang sedikit untuk menguasai harta kekayaan mantan raja pertama Israel, tidak heran Ziba merupakan orang kaya sekalipun dia Cuma hamba, dia memiliki 20 pelayan, dan memiliki 15 anak laki-laki. II Sam 9:7, 10

Bisa diperkirakan dari perhitungan ini berapa lamakah kira-kira Mefiboset ditolong oleh orang kaya yang baik hati bernama Makhir bin Amiel II sam 9:4, II sam 17:27, dari lodebar, yaitu  selama 17 tahun.

( 22 – 5 = 17 tahun—-dengan perhitungan 22 tahun usia Mefiboset saat dia mulai tinggal di istana raja Daud dikurangi 5 tahun usia Mefiboseet saat dia pincang dan mulai mengasingkan diri di Lodebar)

966 SM

Daud menyerahkan 7 keturunan Saul, kecuali Mefiboset bin Yonatan untuk dibunuh oleh orang Gibeon, untuk pembayaran hutang darah

Saat itu sudah berlangsung selama 16 tahun lamanya Mefiboset tinggal di istana raja Daud, itu artinya usia Mefiboset saat itu adalah 38 tahun.

Dan jika dianggap Mikah berselisih usia dengan ayahnya Mefiboset 20 tahun, itu artinya saat penyerahan 7 nyawa keluarga Saul, Mikha sudah berusia 18 tahun. (sudah bukan anak kecil lagi)

I Raj 2: 10, II sam 5; 4 Dari dua ayat terebut dapat kita simpulkan bahwa Daud mati di usia lebih kurang 70 tahun, (Daud mulai memerintah usia 30, dan 40 tahun lamanya memerintah, berarti sampai umur 70, akan tetapi ada selisih waktu di mana setelah Daud tidak memerintah lagi, dia masih hidup di jaman pemerintahan Salomo, putranya, dan Daud ikut mempersiapkan pembangunan bait suci Tuhan- jadi kira kira usia Daud waktu meninggal adalah 75 tahun)

Usia Mefiboset saat itu adalah 75-25 = 50  tahun, usia Mikha bin Mefiboset diperkirakan adalah 30 tahun, dan bahkan Mikha sudah memiliki anak-anak lagi ( cucu-cucu dari Mefiboset) yaitu  Piton, Melekh Tarea dan Ahas I Taw 8: 34, I Taw 8:35

Alkitab tidak mencatat kapankah Mefiboset mati, dan Alkitab tidak mencatat apakah cucu-cucu Mefiboset juga tinggal di istana, tetapi jika melihat bagaimana Daud tidak saja menampung Mefiboset tetapi juga Mikha, dan juga mengingat perjanjian Daud dengan Yonatan, besar kemungkinan, anak-cucu Mefiboset semuanya tinggal di Istana raja Daud.

Bisa jadi 27,5  tahun lamanya sudah Mefiboset tinggal di istana raja, dan bisa diperkirakan, jika Alkitab tidak mencatat dia diusir dari istana raja, itu artinya selama kepemimpinan Salomo, Mefiboset tetap tinggal di istana, jadi tinggal di istana terus sampai hari matinya, dan bahkan anak cucunya tetap tinggal di istana untuk seterusnya.

Hal tersebut dapat kita simpulkan, karna sesaat menjelang kematian Daud, Daud memerintahkan Salomo untuk menumpas Yoab, serta Simei, tetapi Daud meminta Salomo memberi makan dari meja raja pada anak-anak Berzilai, orang Gilead itu. (I Raj 2: 5-9) yang telah berbuat baik pada Daud saat Daud melarikan diri dari Absalom.

Daud sama sekali tidak  menganggap Mefiboset dan anak-anak cucu-cucunya sebagai ancaman akan kepemimpinan Salomo anaknya, walau sebelumnya Daud sempat terhasut oleh Ziba, saat Ziba memfitnah Mefiboset berambisi atas kedudukan raja, di kala kekeruhan suasana pemberontakan Absalom menyerang kepemimpinan Daud. II Sam 16: 1-4 II sam 19:24-30.

Sumber analisa sejarah : William Gross

http://livingstonesclass.org/Archive/DavidChronologyGross.pdf.

William Gross

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: