'manusia hidup bukan dari roti saja…'

Kej 41:46

Yusuf berumur tiga puluh tahun ketika ia menghadap Firaun, raja Mesir itu. Maka pergilah Yusuf dari depan Firaun, lalu dikelilinginya seluruh tanah Mesir.

Ayat ini menggelitik hati saya, ternyata kelimpahan dalam 7 tahun itu tidak datang secara instan dan begitu saja ….melainkan ada satu hal pertama yang dilakukan Yusuf untuk mengawali jabatannya sebagai Mangkubumi Mesir itu….

Mengelilingi seluruh tanah Mesir.

Apakah Yusuf sedang rekreasi? Apakah Yusuf ingin jalan-jalan? Apakah Yusuf sedang membuat peta Mesir?

Saya rasa tidak, tetapi yang dilakukan Yusuf adalah BERDOA sambil mengelilingi tanah Mesir. Berdoa dan melangkah…menjalani dan berdoa lagi….membangun strategi bersama dengan Tuhan dalam setiap jengkal tanah yang dikelilinginya.

bayangkan saja …saat Yusuf di rumah Potifar, rumah Potifar diberkati karna Yusuf…

maka saat Yusuf mengelilingi Mesir, area yang dikelilinginya pun diberkati oleh Tuhan, sehingga bisa menjadi pemasok bahan pangan ke seluruh dunia yang saat itu mengalami paceklik.

Yusuf tidak duduk duduk di kursi emas serta manyuruh orang-orang bawahannya itu…”Kelilingilah Mesir, dan laporkan segera …” tetapi Yusuf turun dari kursi emasnya serta MENJALANI sendiri proyek doa yang tidak bisa digantikan oleh orang lain selain oleh kakinya sendiri yang diurapi oleh TUHAN.

Kejadian 42:6 Sementara itu Yusuf telah menjadi mangkubumi di negeri itu; dialah yang menjual gandum kepada seluruh rakyatnegeri itu. Jadi ketika saudara-saudara Yusuf datang, kepadanyalah mereka menghadap dan sujud dengan mukanya sampai ke tanah

Apakah setelah Yusuf menjadi Mangkubumi, Yusuf duduk duduk manis dan tinggal printah sana sini? Oh Tidak, tetapi Yusuf ikut TURBA (turun ke bawah)- ikut terjun langsung- ikut serta dalam proses penjualan gandum di masa kelaparan itu.

Apakah Yusuf tidak punya bawahan? Apakah Yusuf tidak melakukan pendelegasian? Sampai sampai dia ikut terjun menjual gandum?

Oh saya rasa tidak juga…

Itu dilakukan Yusuf, saya percaya karna Yusuf tidak dapat lepas tangan begitu saja, untuk dia harus dapat menyelesaikan 7 tahun kelaparan itu dengan bijaksana, dan jangan sampai gandum yang tersedia tidak cukup baik untuk orang Mesir sendiri maupun untuk importir dari luar negri. Dia harus menghitung, dia harus terus berjaga, dia harus terus berdoa, dia harus terus meminta hikmat Tuhan untuk menyelesaikan tanggung jawab besar ini.

Orang yang tetap bekerja keras saat dia sudah mengalami masa ‘enak’ adalah orang yang memang patut diberi kepercayaan yang lebih besar dengan area yang lebih luas lagi.

Kerja keras Yusuf tidak hanya pada ‘keringatnya’ tetapi juga pada ‘langkah doanya’

Yusuf dipakai Tuhan memelihara cikal bakal bangsa Israel…

Tuhan meminta kita bekerja keras dan berdoa.

Thanks God 4 this rhema.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: