'manusia hidup bukan dari roti saja…'

KORBAN KESELAMATAN
MEMANG LAIN DARI YANG LAIN

yang kita bahas hari ini adalah TEMPAT dimana setiap korban itu dinaikkan, perhatikan penyelidikan kita hari ini dengan seksama:

KORBAN BAKARAN: (Imamat 1)
• Lembu jantan : di depan pintu kemah pertemuan
• Kambing domba : di sisi mezbah sebelah utara
• Burung : di Mezbah
Perlambang: berarti ‘yang naik ke atas’ kepada Allah, mengadakan pendamaian dengan Tuhan , adanya pengampunan, Yesus adalah korban bakaran yang sempurna ( Ibrani 10: 5-10), pendamaian hati dari pikiran-pikiran dosa.

KORBAN SAJIAN (Imamat 2)
• Dibakar, dipanggang, dikukus : di Mezbah
Perlambang: citra persahabatan antara Allah dan Israel

KORBAN KESELAMATAN (Imamat 3)
• Lembu jantan atau betina : di depan pintu kemah pertemuan
• Kambing domba : di depan pintu kemah pertemuan
Perlambang: berarti KORBAN PERSEKUTUAN , yang dipersembahkan kepada Allah agar kita bisa bersekutu dengan Dia dan mengungkapkan rasa syukur atau bernazar, citra persahabatan antara Allah dan Israel . Ada damai dan persekutuan antara umat dengan Tuhan, dan antara umat dengan umat

KORBAN PENGHAPUS DOSA (Imamat 4)
• IMAM: lembu jantan muda : di depan pintu kemah pertemuan
• UMAT- lembu jantan muda : di depan pintu kemah pertemuan
• PEMUKA- kambing domba : di mezbah korban bakaran
• RAKYAT JELATA
o kambing betina : di tanduk-tanduk mezbah korban
bakaran
o domba betina : di mezbah korban bakaran
o 2 burung merpati atau 2 burung tekukur : di mezbah korban bakaran
o 1/10 efa tepung : di mezbah
KORBAN PENEBUS SALAH ( Imamat 5: 14)
• Seekor domba jantan yang tidak bercela : di tempat orang menyembelih
korban bakaran, yaitu di sisi
mezbah sebelah utara

Perhatikanlah bahwa LEMBU pengorbanannya harus di DEPAN PINTU KEMAH PERTEMUAN, baik itu di KORBAN BAKARAN, KORBAN KESELAMATAN, maupun KORBAN PENGHAPUS DOSA.

Tetapi untuk KAMBING DOMBA , pengorbanannya kebanyakan di MEZBAH KORBAN BAKARAN, baik itu di KORBAN BAKARAN, KORBAN PENGHAPUS DOSA, MAUPUN DI KORBAN PENEBUS SALAH.

Akan tetapi ada perkecualian di sini, UNTUK KAMBING DOMBA, khusus di KORBAN KESELAMATAN, diadakan bukan di mezbah korban bakaran, tetapi di DEPAN PINTU KEMAH PERTEMUAN. (kalau anda masih bingung bisa lihat/baca sekali lagi: tabel penelitian di atas)

Apakah penyebabnya, khusus di korban keselamatan ini, kalau binatang korban berupa kambing dan domba, kog harus di depan pintu kemah pertemuan, kog tidak di mezbah korban bakaran, seperti di korban-korban lainnya?

Bandingkanlah dengan Bilangan 15: 1-12
Dalam Bilangan 15:1-12 bisa kita ketahui ternyata ada perbedaan perlakuan antara LEMBU KAMBING DOMBA untuk KORBAN API-APIAN, KORBAN BAKARAN, KORBAN SEMBELIHAN , KORBAN NAZAR, PERSEMBAHAN SUKARELA, PERAYAAN, tidak ditulis satu pun mengenai KORBAN KESELAMATAN. (ayat 1-7)

Namun di ayat 8-12 walaupun sama dikatakan ada KORBAN BAKARAN, KORBAN SEMBELIHAN, KORBAN NAZAR, tetapi ada satu frase yang tidak muncul di ayat 1-7 dan hanya muncul di ayat 8-12 ini, yaitu KORBAN KESELAMATAN

ANALISA AYAT 1-7
Diberlakukan ukuran campuran yang berbeda, buat lembu Sapi atau kambing domba ukurannya sbb:
1/10 efa tepung terbaik, ¼ hin minyak, ¼ hin anggur ( ayat 4-5)
Tapi untuk domba jantan beda lagi
1/10 efa tepung terbaik, 1/3 hin minyak, 1/3 hin anggur (ayat 6-7)

ANALISA AYAT 8-12
KORBAN KESELAMATAN khusus disebutkan di ayat 8-11
Sama binatangnya yaitu LEMBU, KAMBING DAN DOMBA, tetapi ukurannya beda lagi
3/10 efa tepung terbaik, ½ hin minyak dan ½ hin anggur ( ayat 9-10)

Di ayat 8-11 muncul kata KORBAN KESELAMATAN, tetapi di ayat 1-7 tidak muncul kata korban keselamatan.

Nah di sinilah jawabannya, bahwa penggunaan KAMBING DOMBA untuk korban-korban lainnya tidak sama dengan penggunaan kambing domba untuk korban keselamatan.

MAKNA YANG LEBIH DALAM
Kambing domba untuk korban keselamatan digunakan pada saat PASKAH, yaitu peristiwa
keluarnya bangsa Israel dari tanah mesir. Keluaran 12.
Dalam peristiwa ini hanya digunakan dua macam binatang ini, Domba atau kambing, tidak ada binatang lainnya yang boleh digunakan selain kambing atau domba ini.
Oleh karna itu penggunaan kambing domba untk KORBAN KESELAMATAN haruslah dibawa ke DEPAN PINTU KEMAH PERTEMUAN, jadi bukan di MEZBAH KORBAN BAKARAN.

Siapakah Pintu Itu?
Yohanes 10:9
Akulah pintu, barangsiapa masuk melalui AKU,
ia akan selamat
dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.

Di depan pintu kemah pertemuan kita menghadap kepada YESUS, sang Juruselamat.

Anak domba paskah, yang darahnya dibubuhkan pada tiang ambang pintu rumah orang Israel pada tulah ke sepuluh melambangkan KESELAMATAN bagi umat Tuhan dari murka Allah atas MESIR ( lambang dosa, dan kedagingan).

Ketika kita masuk melalui YESUS sebagai pintunya, kita masuk ke ruang KUDUS, setelah itu lewat pengorbanan Yesus di kayu salib, tirai bait suci yang menghubungkan ruang kudus dan maha kudus pun terbelah, oleh karna itu kita dapat menghadap tahta Allah ( di ruang maha Kudus) dengan penuh keberanian.
Ibrani 4: 16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri tahta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

BAGAIMANA DENGAN LEMBU?

Perhatikan pada korban bakaran dipakai LEMBU JANTAN
Pada Korban penghapus dosa dipakai LEMBU JANTAN MUDA

Tetapi untuk KORBAN KESELAMATAN dipakai LEMBU JANTAN ATAU LEMBU BETINA, dan perhatikan bahwa semua LEMBU,pasti dipakai tempat DI DEPAN PINTU KEMAH PERTEMUAN, tidak pernah lembu dipersembahkan di MEZBAH KORBAN BAKARAN.

Ayat yang memakai LEMBU JANTAN dan LEMBU BETINA, murni, tidak ada dalam ayat tersebut disebut binatang lain seperti kambing atau domba, hanya satu dalam Alkitab, yaitu kita temui di :

AYUB 21: 10
Lembu jantan mereka memacek dan tidak gagal,
lembu betina mereka beranak dan tidak keguguran.

Ayub memakai lembu ini untuk menggambarkan ‘toh kehidupan orang fasik itu seperti tidak pernah mengalami kegagalan’.

Hal semacam ini pernah juga dipertanyakan oleh Pemazmur , bani Asaf dalam Mazmur 73

Tetapi orang-orang fasik yang digambarkan seperti lembu hutan yang kena jaring ini akan kena murka Tuhan dan hardik Tuhan (Yesaya 51: 20)

Lembu jantan muncul di PASAL SALIB yaitu di Mazmur 22: 13-14 melambangkan musuh-musuh yang bengis, orang-orang yang menyalibkan Yesus dengan penuh kebengisan.

Lembu betina digambarkan sebagai MESIR ( Yesaya 46: 20), Alkitab sering memakai Mesir sebagai lambang keduniawian, kedagingan, mengandalkan kekuatan manusia

Lembu melambangkan kedegilan hati manusia (Hosea 4: 16)

(saya membatasi pencarian makna dari LEMBU BETINA DAN LEMBU JANTAN dewasa, sedang anak lembu, dan lembu sulung tidak saya bahas- karna memang yang dipakai pada korban keselamatan ini hanya LEMBU BETINA DAN JANTAN DEWASA, sedangkan pembahasan mengenai penggambaran anak lembu dan lembu sulung beda lagi artinya).

Kesimpulan ……

Kesimpulan ada di HOSEA 4;16 dan YOHANES 10: 19
SEBAB ISRAEL DEGIL SEPERTI LEMBU YANG DEGIL, MASAKAN SEKARANG TUHAN MENGGEMBALAKAN MEREKA SEPERTI DOMBA DI TANAH LAPANG?

Itulah yang Tuhan kerjakan di DEPAN PINTU KEMAH PERTEMUAN,

semua lembu harus dibawa ke depan pintu kemah pertemuan, semua kekerasan hati, kefasikan, kedegilan, kebengisan, keduniawian, kedagingan, mengandalkan kekuatan manusia

harus dibawa ke depan pintu kemah pertemuan, agar diselesaikan oleh YESUS melalui persitiwa PASKAH/ KARYA SALIB

pintu itu yaitu YESUS sendiri, Dialah PINTU KESELAMATAN dan pintu tempat kita keluar masuk untuk menemukan padang rumput, artinya, Dia akan menggembalakan kita di tanah lapang/ padang rumput. (Yoh 10:19)

Sebagai penutup

Imamat 17:1-9
Kalau bangsa Israel menyembelih lembu atau domba atau kambing di dalam perkemahan atau di luarnya, tetapi tidak membawanya ke pintu Kemah Pertemuan, …………
Orang itu menanggung hutang darah
Dan mereka akan dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya. ( ayat 4 dan 9)

Mengapa begitu ? Kuncinya adalah di ayat 5
Korban sembelihan yang dipersembahkan di padang, harus dibawa kepada Tuhan di depan pintu kemah pertemuan, untuk dipersembahkan sebagai KORBAN KESELAMATAN

Kembali dalam pasal ini juga hanya memuat 3 binatang ini, lembu, kambing atau domba, dan kembali disebut KORBAN KESELAMATAN, dan kembali ditentukan tempatnya DI DEPAN PINTU KEMAH PERTEMUAN.

Apa arti dari semua ini?

Hanya Yesus satu –satunya Jalan, Kebenaran dan Hidup, tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Yesus, di luar Yesus tidak ada jalan masuk/ pintu masuk untuk mendapatkan keselamatan kekal bersama Bapa di sorga. (Yoh 14:6)

Amin.
Thanks GOD 4 this rhema.
9 Sebtember 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: