'manusia hidup bukan dari roti saja…'

TINDAKAN PROFETIK

TINDAKAN PROFETIK

(Disusun untuk Team Doa GMS Kendari, dan siapa saja yang membutuhkan )

KENDARI , NOVEMBER 2013

 

Apa tindakan profetik itu?

Tindakan profetik adalah sebuah tindakan nubuatan yang dilakukan berdasarkan iman untuk menyatakan suatu iman akan digenapinya sebuah nubuatan Tuhan atas pribadi tertentu, tempat tertentu, lembaga tertentu, dll.

 

Apa Dasar Ayat-nya??:

Mrk 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamutelah menerimanya 1 , maka hal itu akan diberikan kepadamu. t 

 

Dikatakan di ayat ini KAMU T-E-L-A-H menerimanya, bukan ‘akan’ menerima atau bahkan ‘segera’ menerimanya, melainkan dipakai kata TELAH

Orang yang telah menerima dia akan bereaksi: tidak ada keraguan karna barang/janji sudah diterima, gembira, berterima kasih.

Jadi masih terkait dengan ayat ini:


Mzm
 37:4
dan bergembiralah e  karena TUHAN 1 ; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu. f 

 

Jadi bergembira dulu baru menerima pemberian Tuhan, bukan terbalik ; menerima dulu baru bergembira.

Saat bergembira karna TUHAN, itu artinya bergembira dengan IMAN kepada karya Tuhan, bergembira dengan IMAN karna yakin bahwa Tuhan menggenapi janji-janji-Nya.

Bergembira di sini adalah TINDAKAN IMAN,karna secara alam nyata, barang/janji Tuhan belum diterima di alam nyata, tetapi di alam roh sudah diterima/dipercayai/ditangkap/diimani.

 

Apa contoh-contohnya di Alkitab?

  1. 1.       II Raja-raja 13: 14-19- BACA dan renungkan, secara alam nyata tidak ada hubungannya antara tindakan memukulkan anak panah ke tanah, dengan kemenangan Israel atas Aram, akan tetapi pada saat sebelum tindakan memukul itu baru saja diluncurkan nubuatan ( ayat 17) tindakan memukul itu adalah tindakan profetik atas kemenangan atas ARAM. Sayang si raja Yoas melakukan tindakan profetik itu tidak dengan sungguh-sungguh, akhirnya kemenangannya pun atas Aram tidak maksimal seperti target TUHAN. TINDAKAN PROFETIK BERHUBUNGAN ERAT DENGAN TARGET TUHAN, oleh karna itu tindakan prophetik jenis ini akan berhubungan dengan angka, misalnya berapa kali, berapa banyak, berapa orang, dll
  2. 2.       Musa mengacungkan tongkat ke arah laut, Keluaran 14: 15-21. Sebenarnya Tuhan bisa saja membelah laut Teberau itu tanpa uluran tongkat Musa, tetapi mengapa Musa diperintahkan untuk mengulurkan tongkat ke arah laut? Itu adalah respon iman, kalau Musa percaya dan taat, dia akan lakukan, tapi kalau Musa tidak percaya dan tidak taat, dia tidak aka lakukan itu. Selepas peristiwa itu, kalau ribuan kali kita ulurkan tongkat ke arah laut itu, tidak akan terjadi apa apa, karna tidak diperintahkan oleh Tuhan.  Tindakan Profetik adalah RESPON IMAN, tidakan prophetik jenis ini seakan terlihat tidak ada hubungannya, tapi ini terkait dengan arah, misalnya harus menghadap  ke mana, harus melihat ke mana, harus berkata apa kepada arah itu, dll. Hal seperti inilah yang juga terjadi pada saat Bileam melayangkan doa berkat pada Israel, dia harus pada posisi melihat perkemahan Israel. (Bilangan 24:2)
  3. MENGITARI TEMBOK YERIKO , tindakan profetik yang satu ini, sudah direncanakan/ sudah diagendakan/ sudah distrategikan, jadi tidak semua tindakan profetik itu mendadak/dadakan di tempat itu/ flowing/perintah spontan dari Tuhan, tetapi bisa juga berupa strategi yang sudah diatur sebelumnya, disusun sebelumnya, diplanning sebelumnya sesuai arahan Tuhan. Ada aturan, berapa hari, berapa lama, berapa kali, penataan barisan, melibatkan musik/sangkakala, dll, tidak boleh berbicara, dll. Sepertinya tidak masuk akal kan??? Mengitar-itari tembok tebal sekali seperti itu, seperti tindakan bodoh yang tidak ada artinya. Secara logika bisa justru bumerang, saat orang Yerikho memanah mereka dari atas tembok, tapi itu tidak terjadi, cara Tuhan saat itu adalah perang mental, Tuhan tahu kondisi orang Yerikho sudah penuh dengan ketakutan atas orang Israel yang mana Tuhannya sanggup membelah laut Teberau, sungai Yordan, dan membuat mereka menang melawan Sihon  raja Amori, dan Og, raja Basan. Dalam 7 hari Israel mengitari Yeriko, tanpa suara, tentu membuat ketegangan orang Yeriko sudah semakin memuncak, penuh tanda tanya, penuh kecemasan, sehingga saat sorakan tiba dan tembok dirobohkan mental mereka sudah sangat kalah sebelum berperang, mereka mudah ditaklukkan.  Tindakan profetik jenis ini adalah tindakan yang sudah ada dalam perencanaan dari Tuhan sebelum menuju medan peperangan, biasanya Tuhan akan berikan secara detail dan terkadang tidak masuk akal. Jadi kalau ada team pendoa peperangan rohani yang selalu melakukan hal yang sama di semua tempat, dan selalu secara spontan dan dengan cara yang itu itu melulu, coba dichek lagi, jangan –jangan tindakan profetiknya hanya sebagai LITURGI TIDAK TERTULIS- yang tidak pernah mengalami variasi dari TUHAN yang sangat kreatif. Sesuatu yang mengalir bersama ROH KUDUS tidak identik dengan spontanitas SELALU, tetapi juga bisa bersifat TERENCANA.
  4. Tangan Musa yang terangkat dan yang turun memberi efek kemenangan serta kekalahan bangsa Israel di medan pertempuran, sehingga harus ditopang oleh Harun dan Hur, Tindakan profetik yang jenis ini, terkait dengan EKSPRESI TUBUH/GESTURE/OLAH GERAK BADAN, seperti mengangkat tangan, melompat, menginjak-injak, mengitari, mengedari, mengelilingi, bergandengan tangan, membuat formasi, dll Membuat formasi misalnya formasi segitiga; lambang Tri Tunggal, formasi Salib, lambang pengorbanan Kristus, dll. Tetapi ingat, jangan selalu membuat formasi karna hafalan/selalu itu saja, tetapi buat formasi sesuai dengan petunjuk Tuhan atas keistimewaan pembalikan keadaan yang Tuhan mau atas tempat itu. Tiap peperangan rohani bisa ada formasi baru/special atas tempat itu, jika Tuhan mau.
  5. Kostume pakaian kudus ( biasanya lenan halus berwarna putih)  dalam II Taw 20, dipakai oleh barisan pemuji /penyanyi. Pada saat mereka menyanyi, di tempat lain. Di tempat jauh, musuh saling bunuh membunuh sendiri. Itu seperti rimute control. Tindakan profetik di sini terkait dengan kostum, warna, arti  yang terkandung dalam warna, SEPERTI YANG TUHAN MAU, misalnya Tuhan ingin kostum khusus warna putih sebagai lambang kekudusan, saat kita ingin membalikkan daerah yang dikuasai roh kenajisan, dll
  6. Pujian , sorakan, penyembahan II Taw 20: 22. Ini juga tindakan profetik, bukan menyanyi biasa, karna pada saat menyanyi dan bersorak, kemenangan itu belum nyata, tapi pada saat itu terjadi peperangan oleh kuasa Tuhan lewat pekerjaan malaikat-malaikat-Nya.  Ini adalah peperangan lewat udara, jadi saat mereka maju ke medan perang, mereka tinggal menjarah saja, (Baca II Taw 20 secara lengkap) Tiap situasi bisa berbeda, artinya pada saat mengelilingi Yerikho, justru disuruh Tuhan diam, tidak boleh ada suara, yang ada adalah suara sangkakala dari tanduk domba, dan sorakan baru di hari terakhir setelah putaran terakhir setelah suara panjang dari tiupan sangkakala.  jadi harus ikut tuntunan Roh Kudus, tidak selalu harus menyanyi, juga tidak selalu harus diam, suka-suka strategi Tuhan dalam hal ini.
  7. Perjamuan Kudus, juga adalah tindakan profetik, karna dengan memakan roti dan meminum anggur, kita menyatu dengan tubuh dan darah Yesus, walau yang kita makan sepertinya roti biasa dan yang kita minum sepertinya sirup anggur biasa.  Bedanya kalau tindakan profetik lainnya kita percaya pada nubuatan yang akan terjadi/dinyatakan, kalau perjamuan, kita percaya akan kuasa dari tubuh dan darah Yesus yang sudah dilakukan di masa lalu ( oleh Yesus di Salib) dan kita lakukan perjamuan di masa sekarang ini untuk pencapaian nubuatan Tuhan di masa datang.
  8. Langkah kaki/pijakan/derapan/barisan/langkah berbaris/langkah barisan, JUGA ADALAH TINDAKAN PROFETIK,  karna tindakan ini tanpa sengaja dilakukan orang kusta itu , tapi Tuhan pakai tindakan itu sebagai alat-Nya, karna nubuatan saat itu sudah diluncurkan, walau 4 orang kusta ini tidak tahu menahu masalah nubutan tersebut, SAAT TUHAN MEMERINTAHKAN KITA UNTUK BERDERAP/BERJEJAK/BERIRAMA DENGAN KAKI, lakukan dengan iman II Raj 7: 1-20 ( saya berikan sebagian ulasan tentang 4 orang kusta di II Raj 7: 1-20 dari blog saya www.berbagirhema.wordpress.com dari judul tulisan EMPAT ORANG KUSTA YANG TETAP BERPENGHARAPAN)

empat orang kusta ini tidak mendengar apa pun yang dikatakan atau dinubuatkan oleh nabi Elisa kepada Raja, ( di ayat 1), tiba-tiba di ayat 3, mereka mendapat ide itu….ide untuk MAJU.

jadi yang terjadi BUKANLAH ide dari 4 orang kusta itu, diketahui oleh TUhan dalam kemahatahuan-Nya, lalu sebelumnya Tuhan memerintahkan Elisa menubuatkan…. BUKAN!!
yang terjadi adalah IDE keluar dari krisis ekonomi negara itu datangnya dari TUHAN, lalu Tuhan menyuruh Elisa bernubuat, saat nubuat diluncurkan, saat itulah 4 orang kusta di tempat yang berlainan diberi ide oleh TUHAN. Ide ini tidak diberikan pada TUA TUA KOTA yang mungkin sedang tidur di rumah mereka masing-masing/ cuti.

perhatikan ayat 5 orang Kusta bangkit berjalan ke arah perkemahan musuh pada waktu SENJA
perhatikan ayat 7 orang aram bangkit melarikan diri juga pada waktu SENJA

peristiwa ini terjadi bersamaan. itu artinya Tuhan membuat langkah 8 kaki orang kusta, terdengar bagaikan bunyi kereta, bunyi kuda, bunyi tentara yang besar, seolah-olah seperti ada tentara sekutu antara Israel, Orang Het, dan orang Misraim yang bersekutu menyerang mereka. ( saya percaya langkah 8 kaki ornag kusta ini diramaikan juga dengan langkah ribuan malaikat dan suara kereta surgawi) Karna bunyinya ‘nyata sekali’ sehingga sanggup membuat orang aram ketakutan dan lari terbirit-birit, padahal cuma langkah 8 kaki orang kusta, yang sedang lapar, dan tak punya tenaga, jalannya pun mungkin sempoyongan.

Karna terjadi bersamaan, maka ketika orang kusta sampai di perkemahan, maka perkemahan sudah kosong.

 

  1. Benda-benda juga dipakai sebagai tindakan profetik, orang-orang sakit yang meminta untuk memegang jumbai Yesus, Yesus mengijinkan mereka. Matius 14: 36, Saputangan Rasul Paulus atau kain yang pernah dipakai rasul Paulus , menyimpan urapan yang dialirkan dari tubuh yang diurapi, ada keringat dari tubuh orang yang diurapi menempel di saputangan itu. Jimat yang dipakai dukun-dukun adalah PRODUK TIRUAN IBLIS, dengan urapan iblis tentunya.
  2. Bayangan dari orang yang diurapi juga bisa jadi tindakan profetik. Bayangan rasul Petrus yang termuat di dalamnya urapan dari tubuh orang yang diurapi Tuhan- KIS 5: 15. Jika Tuhan ingin kita mencetak huruf menggunakan bayangan tubuh dari beberapa orang, LAKUKAN SAJA.

Besok dilanjut lagi

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: