'manusia hidup bukan dari roti saja…'

IMAMAT 14: 8

Seremonial pentahiran si kusta ada beberapa hal:

mencuci pakaiannya

mencukur seluruh rambutnya

membasuh tubuhnya dengan air

MAKA IA MENJADI TAHIR

 

Semua hal sampai sekecil-kecilnya yang dicatat dalam Alkitab ini pasti mengandung suatu makna, tidak asal-asalan ditulis demikian saja. Apalagi bila diulang-ulang yang menjadi tanda penekanan.

 

Pada hari kedelapan kegiatan cukur mencukur dan mandi ini tidak dilakukan lagi, dan setelah pada hari ke delapan ini dia sudah melakukan seremonial berikutnya, barulah dia boleh masuk di kemah.

 

 

 

Jadi pada hari pentahiran , hal hal itu harus dilakukan, dan setelah ada seremonial tertentu, si kusta boleh masuk ke area perkemahan selama 7 hari, tetapi tidak boleh masuk ke dalam kemahnya sendiri, setelah seremonial berikutnya di hari ke delapan, barulah dia boleh masuk ke kemahnya sendiri.

Nah di hari ke 7 itu, yang harus dilakukan adalah:

mencukur seluruh rambutnya ( kali ini ditulis lebih terperinci: )

  • rambut kepala,
  • janggut
  • dan alis
  • bahkan segala bulunya harus dicukur

pakaiannya dicuci

tubuhnya dibasuh dengan air

 

PAKAIAN YANG DICUCI ..apa artinya???

Kel 19:14 mencuci pakaian adalah LAMBANG PENGUDUSAN DIRI – secara rohani, maupun juga berarti secara harafiah SECARA JASMANI, karna saat pakaian dicuci, maka semua kuman-kuman dan virus virus dapat dihancurkan

Setelah hari ke 7, akan dilakukan lagi pencucikan pakaian ini. Artinya SAMPAI SEMPURNA ( karna angka 7 adalah angka lambang kesempurnaan)

MENCUKUR SELURUH RAMBUTNYA

tadinya si kusta rambutnya dibiarkan terurai, tidak terurus, tidak diperhatikan, kini si kusta harus didandani, harus dicukur seluruh rambutnya…

Si kusta ini harus selalu menutupi wajahnya, bisa bisa menutupi wajahnya tidak saja dengan tangan, tetapi dengan rambutnya yang dibiarkan terurai panjang tak terurus itu. Ada sebuah identitas baru bahwasannya rambut yang terurai itu sudah bukan jatidirinya lagi, sudah bukan gambar dirinya lagi.

Yeremia 7:29 lambang daripada ratapan. Seseorang yang mencukur rambutnya lambang daripada sebuah ratapan, ada sebuah kehancuran hati.

Ketika seseorang mau hancur hati di hadapan Tuhan, mau bertobat dari dosa-dosa masa lalunya, mau meninggalkannya, maka pada saat itulah , dia mendapatkan identitas diri yang baru di hadapan Tuhan, tepat ketika dia lahir baru, mendapat kelahiran baru dalam alam roh, roh yang dilahirkan baru.

 

Setelah hari ke 7, akan dilakukan lagi pencukuran ini . Artinya SAMPAI SEMPURNA ( karna angka 7 adalah angka lambang kesempurnaan)

bahkan di hari ke 7 lebih detail pada janggut, alis dan semua bulu-bulu.

Yesaya 7:1-25 khususnya ayat 20

Pencukuran bulu ini lambang daripada KEHANCURAN yang dilakukan oleh pihak musuh. Kembali muncul makna kehancuran di sini.

II Sam 10:4 pencukuran janggut merupakan lambang PENGHINAAN oleh pihak musuh.

Kesimpulan: semua kehancuran dan penghinaan dari pihak musuh ini boleh-boleh saja terjadi tentunya di masa lalu, karna pada saat itu semua rambut terurai ini adalah lambang SI KUSTA, tetapi Tuhan ingin ini dipangkas sampai habis, semua traumatik ini harus dihilangkan jejak-jejaknya. Tuhan ingin pencukuran ini dilakukan karna si kusta memiliki sikap hati yang hancurhati di hadapan Tuhan, hancurhati karna bertobat, dan menutup pintu kemungkinan untuk semua penghinaan dan kehancuran ini terus menerus diingatkan oleh pihak musuh ( iblis), MENUTUP PINTU PENUDUHAN oleh si musuh, yaitu si iblis

Karna ketika tumbuh janggut yang baru, justru janggut ini adalah sebuah alat untuk mengalirkan BERKAT.

Maz 133:2

Seperti minyak yang baik di atas kepala  meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya.

 

MEMBASUH TUBUHNYA DENGAN AIR

sudah jelas, air ini lambang daripada pengudusan, pembasuhan  oleh Firman Tuhan.

Setelah hari ke 7, akan dilakukan lagi pembasuhan  dengan air ini . Artinya SAMPAI SEMPURNA ( karna angka 7 adalah angka lambang kesempurnaan)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: