'manusia hidup bukan dari roti saja…'

Saat mempersiapkan materi sekolah injil liburan, saya dapat rhema yang luar biasa…yang sering kita baca di Alkitab tetapi tidak pernah terpikir bahwa sekalipun Daniel sering mengungkapkan arti mimpi raja dan arti SMS dari surga Mene Mene Tekel Ufarsin…tetapi sebenarnya Daniel adalah pribadi yang selalu diremehkan dan tidak pernah diperhitungkan !! Simak dalam tulisan ini !

BELAJAR DARI DANIEL

 

1. Ada sesuatu yang aneh dalam kisah hidup Daniel, dia didapati paling bijaksana dan berpengertian 10 kali lipat dari orang-orang berilmu dan ahli-ahli jampi, mungkin kalau di zaman sekarang dia itu memiliki IQ yang super jenius.
(Daniel 1:21) Tapi tidak ada jabatan apa-apa yang diberikan kepadanya saat itu, walau dia adalah seorang juara test IQ.

SATU- JANGAN TARUH PENGHARAPANMU PADA YANG NAMANYA PRESTASI APA PUN

 

 

2. Lha katanya 10 kali lebih dari orang-orang ahli di sekitarnya, lha tetapi saat raja bermimpi dan dia gelisah, ingin tahu apa arti mimpinya, perhatiakan di Daniel 2: 1-2 DANIEL TIDAK DIPERHITUNGKAN, karena semua ahli jampi, para kasdim dan ahli nujum didatangkan untuk menceritakan kembali mimpi raja, serta mengartikannya, tetapi tidak ada yang bisa ,

bahkan sebenarnya Daniel adalah orang yang termasuk dalam kumpulan para ahli karena dia juga terancam untuk dibunuh oleh raja karena raja murka oleh sebab mimpinya tidak ada yang bisa menceritakan dan mengartikan (2:13) ,

bahkan Daniel tidak tahu duduk persoalan sebenarnya, sampai harus bertanya pada yang berwewenang (2:15)

DUA -BAGAIMANA SIKAP KITA SAAT TIDAK DIPERHITUNGKAN-WALAUPUN BERKAPASITAS.

 

 

 

3. Daniel orang yang sangat berkapasitas/ jenius, tetapi tetap rendah hati, dia tahu bahwasannya semua kepandaiannya adalah dari sorga dan dia hanyalah sebagai alat di tangan Tuhan, simak kata-katanya di Daniel 2: 28, 30 Dia mengembalikan semua pujian itu untuk TUHAN, dan tindakannya berdampak, di mana akhirnya raja pun ikut mengerti bahwa itu semua karena kebesaran Tuhan (2:47)

TIGA- ORANG YANG RENDAH HATI AKAN MENGARAHKAN SEMUA MATA ORANG-ORANG DI SEKITARNYA UNTUK MELIHAT KEPADA TUHAN- KEBESARAN-NYA- DAN BUKAN KEPADA DIRINYA

 

 

 

4. Daniel 2:48 Daniel menjadi penguasa atas seluruh wilayah Babel dan menjadi KEPALA SEMUA ORANG BIJAKSANA di Babel, tinggal di istana, dan sahabat-sahabatnya pun jadi orang penting- (Hananya, Misael dan Azarya)

tapi ada yang aneh, di pasal 4: 6 Raja bermimpi lagi. yang aneh adalah di pasal 4:7 dituliskan bahwa raja memanggil semua AHLI JAMPI, PARA KASDIM DAN AHLI NUJUM- untuk menafsirkan mimpinya- LHO.. bukannya Daniel sudah dipilih jadi ketua mereka semua..?? lha kog Daniel tidak dipanggil…??? Lha bukannya Daniel yang pernah dipakai Tuhan mengartikan mimpinya yang pertama??? Setelah semua orang tidak ada yang bisa, barulah Daniel dipanggil. Kali ini Daniel kembali dipakai Tuhan menyampaikan pesan Tuhan kepada raja.

EMPAT- DANIEL DIREMEHKAN KEMBALI- WALAUPUN DIA PERNAH MEMBUKTIKAN SEBUAH KARYA ILAHI DI MASA LALU LEWAT HIDUPNYA- JANGAN PERNAH MENJADIKAN KEBERHASILAN DI MASA LALU SEBAGAI PIJAKAN

 

 

 

5. Daniel 5 :7 generasi telah berganti, raja telah berubah beralih kepada generasi yang berikutnya yang melanjutkan dinasty kerajaan.
Mestinya sejarah telah mencatat beberapa peristiwa dimana Daniel mengartikan mimpi, teman-temannya terselamatkan dari dapur api, dll

Tetapi raja Beltsazar melihat punggung tangan yang sedang menulis di tembok. Kembali didatangkan ahli jampi-para kasdim-ahli nujum. DANIEL TIDAK DIPERHITUNGKAN KEMBALI- CATATAN SEJARAHNYA TIDAK PERNAH ADA- sampai akhirnya Permaisuri memberitahu pada putranya, bahwa ada ketua para bijaksana yang dulu pernah diangkat oleh kakek moyangnya, dia bernama Daniel. (5:10-11) Waaah mungkin seru juga bisa diingat oleh permaisuri, tetapi jangan salah, di hadapan raja , Daniel diperjelas statusnya tetap sebagai BUANGAN (5:13)

LIMA- JANGAN PERNAH MENEMPATKAN CATATAN SEJARAH SEBAGAI PIJAKAN – KARENA YANG TERPENTING ADALAH BUKAN DIINGAT OLEH MANUSIA- TETAPI DIINGAT OLEH ALLAH

 

6. Dan Daniel bukan orang yang CINTA UANG –  Daniel 5:17 Kemudian Daniel menjawab raja; ‘Tahanlah hadiah tuanku, berikanlah pemberian tuanku kepada orang lain! Namun demikian, aku akan membaca tulisan itu bagi raja dan memberitahukan maknanya kepada tuanku.

ENAM. JANGAN PERNAH MENJADIKAN HADIAH RAJA- HARTA KEKAYAAN- UANG DAN SEMACAMNYA SEBAGAI TUJUAN UTAMA DALAM KEHIDUPAN INI. KITA MEMERLUKANNYA TETAPI TIDAK DIPERBUDAK OLEHNYA. ORANG YANG PUAS DUDUK DI KAKI TUHAN AKAN MERASA CUKUP DALAM SEGALA KEADAAN.

 

 

7. Daniel 6 Orang-orang seperti Daniel tentu harus siap manakala ada orang-orang yang mengalami kesulitan untuk bagaimana menjatuhkan dia, seorang yang setia, dan tidak didapati kesalahan dan kelalaian sa-tu-pun ! Waaauuu Dengan segala muslihat mereka berhasil mengirim Daniel ke goa singa, tetapi dengan upaya yang sangat mudah, Tuhan mengirim malaikatNya yang serta merta membungkam mulut singa-singa itu. Terbukti di pengadilan Tuhan, Daniel dinyatakan benar (6:22) , dia tidak bersalah baik pada raja maupun pada Tuhan.

TUJUH- JANGAN PERNAH TAKUT PADA SINGA-SINGA- KARENA TAKUT AKAN TUHAN MEMBUAT SINGA-SINGA ITU TERBUNGKAM.

Sebagai pribadi yang terus menerus diremehkan, karena dia orang buangan, tetapi tetap menjadi pribadi yang rendah hati dan tetap berkarya…hmmmm sesuatu banget !!

Sebagai pribadi yang berkapasitas, bahkan memiliki spirit of exellence, roh yang luar biasa, tetapi selalu tidak pernah diperhitungkan, diberi jabatan sebagai pemimpin tetapi tidak pernah dianggap, selalu dipandang sebagai orang buangan…dihubungi kalau semua orang sudah menyerah…

semua keadaan ini dialami Daniel karena dia hidup di orang-orang Babel yang sangat sombong, arogan. Mereka memandang rendah orang buangan seperti Daniel ini. Gengsi buat mereka bertanya langsung padanya.

Tetapi jangan salah…Psssstttt !! Untuk mempelajari rahasia akhir zaman, kalau di PB alamatnya kitab wahyu, tapi kalau di PL…??? Ya kitab Daniel-lah…alamatnya !

Daniel tetap jadi orang penting di pemerintahan…siapa pun rajanya…mau raja berganti, dia tetap eksis !

Wauuu keren bingits Bro !

Mau tahu rahasianya…??

Alkitab mencatat bahwa Daniel itu suka bergaul/bersahabat dengan Tuhan, dan dia bukan orang aneh-dia tetap menjalani hidupnya dengan normal seperti orang-orang lainnya yang bekerja.
a) Daniel 1;8 Daniel berketetapan / memutuskan dengan sungguh-sungguh untuk tidak ikut makan makanan yang dipersembahkan pada berhala
b) Daniel 6:5 Daniel senang beribadah kepada Tuhan
c) Daniel 6:11, Daniel sedang berdoa dan bermohon kepada Allah
d) Daniel 6:10 , Daniel 6: 13, tiga kali sehari ia belutut , berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya
e) Daniel 9:2 Daniel suka meneliti Firman Tuhan
f) Daniel rajin berpuasa Daniel 10:2
g) Daniel suka memuji Tuhan Daniel 2: 20
h) Daneil 6:4 Daniel bukan jadi orang aneh yang kerjaannya Cuma berdoa terus, tetapi dia orang yang wajar- tiap hari bekerja dengan rajin. Dan dalam pekerjaannya tidak ditemukan kesalahan apa pun, artinya dia tidak pernah terlambat , lalai, mencuri uang kantor, tidak taat pada piminan, menunda pekerjaan, dll

Dan yang paling penting, Daniel bukan orang yang cinta uang, dia tidak pernah mengejar hadiah raja.

 

(1.00) Pkh 5:10

(5-9) Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang 1 , dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Inipun sia-sia.

(0.81) 1Tim 6:10

Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. e  Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman f  dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. g 

(0.73) 2Tim 3:2

Manusia akan mencintai dirinya sendiri 1  dan menjadi hamba uang. k  Mereka akan membual dan menyombongkan diri, l  mereka akan menjadi pemfitnah, m  mereka akan berontak terhadap orang tuan  dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,

 

 

Apakah anda diremehkan karena anda tidak cantik..?? ( kata orang-orang itu, percayalah anda cantik di mata Tuhan)

Apakah anda diremehkan karena pakaian anda biasa??

Apakah anda diremehkan karena pekerjaan anda sederhana..atau anda ‘cuma’ ibu rumah tangga??

Apakah anda diremehkan karena anda sudah tua..?? Atau sebaliknya karena anda masih terlalu muda??

Apakah anda diremehkan karena anda pendatang dari luar dan bukan penduduk asli??

Atau sebaliknya anda diremehkan karena anda orang pribumi??

Apakah anda diremehkan karena anda pakai helm sementara orang lain naik roda empat ??

Apakah anda diremehkan karena anda dari keluarga sederhana??

Apakah anda diremehkan karena anda cuma tamat SMA..??

Apakah anda diremehkan karena anda bukan lulusan luar negri??

CATAT BAIK-BAIK:

belajar dari Daniel, dia tetap BERKAPASITAS lebih, walaupun dia tinggal di lingkungan yang TIDAK MENGANGGAP DIRINYA.

belajar dari Daniel, dia tetap BERKARYA dengan tanpa cacat dalam pekerjaannya, walaupun dia dijahati, dicurangi, dan dikelilingi oleh orang-orang yang iri dan sangat tidak mengenal Allah yang hidup.

belajar dari Daniel, dia tetap BERKARAKTER baik, sehingga tidak ada celah untuk menjatuhkannya melalui jalur yang wajar.

belajar dari Daniel, Tuhan memakai dia untuk kapasitas yang lebih besar lagi dari sekedar hanya wilayah kekuasaan Babel, karena Tuhan menyingkapkan rahasia-rahasia akhir zaman yang hanya diberitahukan-Nya kepada orang-orang yang special.

belajar dari Daniel, dia tetap mempererat hubungan pribadi dengan Tuhan, di tengah-tengah bangsa yang sombong, dan tidak takut akan Tuhan.  Inilah yang menjadikannya pribadi yang luar biasa !! Punya spirit of excellence !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: