'manusia hidup bukan dari roti saja…'

ALLAH MAHA TAHU

ALLAH MAHA TAHU

I Samuel 10:1 – 16 adalah bukti bahwa Mazmur 139 :1-24 adalah benar-benar nyata.
Lalu Samuel mengambil buli-buli berisi minyak, dituangnyalah ke atas kepala Saul, diciumnyalah dia sambil berkata: “Bukankah TUHAN telah mengurapi i engkau menjadi raja atas umat-Nya Israel? Engkau akan memegang tampuk pemerintahan atas umat TUHAN, dan engkau akan menyelamatkannya dari tangan musuh-musuh di sekitarnya. Inilah tandanya bagimu, bahwa TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas milik-Nya sendiri: Apabila engkau pada hari ini pergi meninggalkan aku, maka engkau akan bertemu dengan dua orang laki-laki di dekat kubur Rahel, di daerah Benyamin, di Zelzah.
Mereka akan berkata kepadamu: Keledai-keledaiyang engkau cari itu telah diketemukan; dan ayahmu tidak memikirkan keledai-keledai itu lagi, tetapi ia kuatir  mengenai kamu, katanya: Apakah yang akan kuperbuat untuk anakku itu?
Dari sana engkau akan berjalan terus lagi dan sampai ke pohon tarbantin Tabor, maka di sana engkau akan ditemui oleh tiga orang laki-laki yang naik menghadap Allah di Betel; seorang membawa tiga ekor anak kambing, seorang membawa tiga ketul roti dan yang lain lagi sebuyung anggur. Mereka akan memberi salam kepadamu dan memberikan kepadamu dua ketul roti yang akan kauterima dari mereka.
Sesudah itu engkau akan sampai ke Gibea Allah, tempat kedudukan pasukan orang Filistin. Dan apabila engkau masuk kota, engkau akan berjumpa di sana dengan serombongan nabi, yang turun dari bukit pengorbanan dengan gambus, rebana, suling  dan kecapi di depan mereka; mereka sendiri akan kepenuhan  seperti nabi Maka Roh TUHAN akan berkuasa atasmu; engkau akan kepenuhan bersama-sama dengan mereka dan berubah menjadi manusia lain
Apabila tanda-tanda ini terjadi kepadamu, lakukanlah apa saja yang didapat oleh tanganmu, sebab Allah menyertai engkau.Engkau harus pergi ke Gilgal mendahului aku, dan camkanlah, aku akan datang kepadamu untuk mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan. Engkau harus menunggu tujuh hari lamanya, sampai aku datang kepadamu dan memberitahukan kepadamu apa yang harus kaulakukan.” Sedang ia berpaling untuk pergi meninggalkan Samuel, maka Allah mengubah hatinya menjadi lain.
Dan segala tanda-tanda yang tersebut itu terjadi  pada hari itu juga. Ketika mereka sampai di Gibea dari sana, maka bertemulah ia dengan serombongan nabi; Roh  Allah berkuasa atasnya dan Saul turut kepenuhan seperti nabi di tengah-tengah mereka. Dan semua orang yang mengenalnya dari dahulu melihat dengan heran, bahwa ia bernubuat bersama-sama dengan nabi-nabi itu; lalu berkatalah orang banyak yang satu kepada yang lain: “Apakah gerangan j yang terjadi dengan anak Kish itu? Apa Saul juga termasuk golongan nabi? ” Lalu seorang dari tempat itu menjawab: “Siapakah bapa mereka?” –Itulah sebabnya menjadi peribahasa: Apa Saul juga termasuk golongan nabi? Setelah habis ia kepenuhan  seperti nabi, pulanglah ia. Dan paman  Saul berkata kepadanya dan bujangnya: “Dari mana kamu?” Jawabnya: “Mencari keledai-keledai itu, tetapi ketika tidak terlihat, maka kami pergi kepada Samuel.” Kemudian paman Saul itu berkata: “Coba ceritakan kepadaku apa yang dikatakan Samuel kepada kamu.” Kata Saul kepada pamannya itu: “Terus saja diberitahukannya kepada kami, bahwa keledai-keledai  itu telah diketemukan.” Tetapi perihal menjadi raja yang telah dikatakan Samuel kepadanya, tidak diceritakan kepadanya.
Perhatikan bahwa yang dikatakan Samuel, yang dinubuatkan Samuel kepada SAUL, tepat dan teliti dan detail, dan kronologis dan bahkan meliputi:
urut-urutan peristiwa- tempat terjadinya peristiwa- jumlah orang yang akan dijumpai- jenis kelamin orang yang akan dijumpai- dan bahkan apa yang akan dikatakan orang-orang itu kepadanya- kalimatnya seperti apa- dan bahkan orang-orang itu mengatakan juga apa yang dikatakan oleh ayahnya juga dinubuatkan di situ- tujuan perjalanan orang yang akan ditemuinya di jalan- apa saja yang mereka bawa- dan apa saja yang akan diberikan kepadanya- berapa jumlah pemberian orang itu kepadanya-alat musik apa saja yang dibawa oleh orang yang akan dijumpainya- dan bahwa dia akan kepenuhan seperti nabi juga dinubuatkan.
Bayangkanlah bahwa Tuhan itu luar biasa detailnya?
Mazmur 139
139:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki k  dan mengenal l  aku 1  2 ; 139:2 Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, m  Engkau mengerti pikiranku n  dari jauh. 139:3 Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan o  dan berbaring, segala jalanku p  Kaumaklumi. 139:4 Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya q  telah Kauketahui, ya TUHAN. 139:5 Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung r  aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku. 139:6 Terlalu ajaib bagiku s  pengetahuan itu, terlalu tinggi, t  tidak sanggup aku mencapainya. 139:7 Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu 3 , ke mana aku dapat lari u  dari hadapan-Mu? 139:8Jika aku mendaki ke langit, v  Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku w  di dunia orang mati, di situpun Engkau.139:9 Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, 139:10 juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, x  dan tangan kanan-Mu y  memegang aku. 139:11 Jika aku berkata: “Biarlah kegelapan saja melingkupi aku, dan terang sekelilingku menjadi malam,” 139:12 maka kegelapanpun tidak menggelapkan z  bagi-Mu, dan malam menjadi terang seperti siang; kegelapan sama seperti terang. 139:13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku,a  menenun b  aku dalam kandungan c  ibuku 4 . 139:14 Aku bersyukur kepada-Mu d  oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib e ; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. 139:15 Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan f  di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam g  di bagian-bagian bumi h  yang paling bawah; 139:16mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis 5  hari-hari yang akan dibentuk, i  sebelum ada satupun dari padanya. 139:17 Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, j  ya Allah 6 ! k  Betapa besar jumlahnya! 139:18Jika aku mau menghitungnya, l  itu lebih banyak dari pada pasir. m  Apabila aku berhenti, n  masih saja aku bersama-sama Engkau. 139:19 Sekiranya Engkau mematikan orang fasik, o  ya Allah, sehingga menjauh dari padaku p  penumpah-penumpah darah, q  139:20 yang berkata-kata dusta terhadap Engkau, dan melawan r  Engkau dengan sia-sia. s  139:21Masakan aku tidak membenci orang-orang t  yang membenci Engkau 7 , ya TUHAN, dan tidak merasa jemu u  kepada orang-orang yang bangkit melawan Engkau? 139:22 Aku sama sekali membenci mereka, mereka menjadi musuhku. v  139:23Selidikilah aku, w  ya Allah 8 , dan kenallah hatiku, x  ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; 139:24 lihatlah, apakah jalanku y  serong, dan tuntunlah aku z  di jalan yang kekal!
Terbukti kan, bahwa Tuhan yang Maha Tahu itu menyatakan kemahatahuan-Nya kepada SAUL..?? Dengan secara detail dan akurat.
Jadi apa yang mesti kita kuatirkan lagi jika kita punya Allah yang Maha Tahu?

Tinggalkan Balasan

