'manusia hidup bukan dari roti saja…'

RAJA JUGA BISA BERMAIN PETAK UMPAT

Ada fakta menarik bahwa ternyata bermain petak umpat sudah ada di Alkitab…. ha ha ha

Yang memainkan permainan ini adalah seorang calon raja pertama Israel. Atau bisa lebih tepat dikatakan sebagai raja- karena pada saat itu sebenarnya Saul sudah diurapi menjadi seorang raja, walaupun belum dinobatkan di depan publik.

Seorang yang dari bahu ke atas lebih tinggi daripada setiap orang sebangsanya.

Saul mendapatkan banyak tanda-tanda yang meneguhkan bahwa dia akan menjadi raja Israel. ( I Samuel 10).

Tetapi pada saat ada undian untuk menetapkan siapa yang jadi raja, Saul ternyata bersembunyi di antara barang-barang. ( I Sam 10: 21-23)

Dia hadir di situ melihat dari balik barang-barang apa yang terjadi. Dan ketika nama suku Benyamin dipanggil, dia mendengarnya. Ketika nama Kaum Keluarga Matri dipanggil, dia juga mendengar dari balik barang-barang itu. Sampai pada akhirnya nama ayahnya Kish dan namanya sendiri Saul diumumkan, dia masih tetap tak bergeming, masih mendekam di balik barang-barang itu, bahkan saat semua orang mencarinya dia masih tetap bersembunyi.

Bagaimana akhirnya mereka bisa menemukan dia? Karena Tuhan memberi tahu apa yang terjadi dengan raja yang satu ini. Raja yang bersembunyi di balik barang-barang !

Saul bersembunyi.

Sudah lama dia menyembunyikan rahasia ini. Ketika dia mencari keledai ayahnya yang hilang, dan pada akhirnya dia bertemu dengan Nabi Samuel, dan pada akhirnya dia diurapi oleh nabi Samuel menjadi raja pertama Israel, pada saat dia pulang ke ruamahnya, dia menyembunyikan fakta ini dan tidak menceritakan peristiwa ini kepada pamannya (I Sam 10:16).

Ada beberapa rhema yang kita dapatkan di sini:

  1. Kita tidak dapat bersembunyi dari Tuhan. Ke mana pun kita pergi dan di mana pun kita berada, dan setebal apa pun topeng yang menutupi wajah kita, TUHAN tetap melihat di pojok dan sudut mana kita sedang bersembunyi. Apakah kita sedang bersembunyi dari panggilan? Apakah kita sedang bersembunyi dari talenta yang Tuhan percayakan? Apakah kita sedang bersembunyi dengan hidup di dalam dosa? Apakah kita sedang bersembunyi dari tanggung jawab? Apakah kita sedang bersembunyi dari kehendak Tuhan?
  2. Pandangan Saul tentang dirinya sendiri bahwa dia dari suku Benyamin, suku yang terkecil, dan kaumnya adalah kaum yang paling hina dari segala kaum suku Benyamin ( I Sam 9:21), menunjukkan bahwa Saul telah gagal melihat dirinya sendiri seperti bagaimana Tuhan melihat dia, sebagaimana juga bangsa Israel melihat dia. Cara pandang yang salah inilah membuat orang yang tinggi sekali ini, bisa bermain petak umpat dengan mahir dan tidak terlihat , karena bersembunyi di balik barang-barang. Apakah kita sedang melihat diri kita begitu hina, miskin, papa, bodoh, jelek, tidak layak, tidak dikasihi, dan lain lain? Tahukah kita bahwa kita begitu berharga di mata TUHAN?
  3. Saul adalah seorang raja yang tidak siap secara karakter, tidak siap secara mental, tidak siap secara segalanya sebagai seorang raja. Lalu mengapa Tuhan memilih dan mengurapi Saul? Karena Saul memenuhi kriteria orang Israel, bukan kriteria Tuhan. Jadi Tuhan memilihkan seorang raja sesuai dengan kriteria yang diinginkan bangsa Israel. (I Sam 9:20, bandingkan dengan KIS 13:22). Sebaliknya dengan dibentuknya Daud dari sejak diurapi sampai dia menjadi raja diperkirakan memakan proses waktu sampai 13 tahun, menjadikan Daud siap secara mental, siap secara karakter, untuk menjadi seorang raja. Jadi kesimpulannya saat kita diproses Tuhan habis-habisan, percayalah, kita sedang dipersiapkan untuk sesuatu di depan nanti yang mana kita akan lebih tangguh untuk bertahan. Maukah kita diproses oleh TUHAN??

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: