'manusia hidup bukan dari roti saja…'

PA Senin, 10 Januari 2011

PA bersama cik Anie

Pesan Tuhan untuk Indonesia

Sungguh menarik bahwa Tuhan memiliki sebuah pesan khusus untuk Indonesia yang tertuang dalam Firman-Nya di Yesaya 42:1-17. Minggu ini akan kita bahas, bukti bahwa Yesaya 42:1-17 adalah pesan khusus untuk Indonesia yang sedemikian unik dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain di seluruh alam jagad raya, dimana semua keunikan tersebut tidak dapat dipungkiri, tertuang dalam Yesaya 42: 1-17. Di tulisan berikut (maybe next week, kami akan menyelediki, apa pesan Tuhan untuk Indonesia)

Yesaya 42:1-17

Mengapa kita menggunakan judul “Pesan Tuhan untuk Indonesia?” dari Yesaya 42: 1-17 ini?
Karna banyak hal yang ditulis di Yesaya 42:1-17 ini menunjukkan secara spesifik tentang ciri-ciri Indonesia:

• Indonesia terdiri dari banyak pulau, ayat 4, 10, 12, yang tiada tertandingi dibandingkan dengan bangsa di manapun juga

Data yang ada dan berdasarkan hasil pemantauan satelit, pulau Indonesia total sebanyak 17.480 pulau, sedangkan yang telah didaftarkan hingga tahun 2007 baru 4.981 pulau.
(http://www.endonesia.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=21&artid=4119)
Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau kecil yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni).
Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2). http://koranbaru.com/indonesia-miliki-36-rekor-dunia/

• Suku-suku bangsa, dan bahasa suku (penduduk dari pulau-pulau) ayat 10

Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia.
Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa. Bahasa daerah seperti Batak, Sunda, Minang, Melayu, Madura, Bali, Bugis, Ambon, Flores, Minahasa, Aceh dan sebagainya masih eksis memperkaya budaya Nusantara.
http://koranbaru.com/indonesia-miliki-36-rekor-dunia/

• Indonesia didiami suku Kedar ayat 11

Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia.
Jumlah pemeluk Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia. Jika penduduk muslim 216 juta maka kuota haji seperseribunya atau 216 ribu orang, yang tentu menjadi bagian terbesar dari 3 juta jamaah haji tiap musim di Makah. http://koranbaru.com/indonesia-miliki-36-rekor-dunia/
Satu dari 4 masjid kubah emas didunia terdapat di Indonesia.
Berikut nama dan tempat masjid kubah emas 1. Masjid Jame’ Asr atau Masjid Bandar Seri Begawan di Brunei, 2. Masjid Al-Askari di Samarra, Irak, 3. Masjid Qubbah As Sakhrah / Dome of the Rock di Yerusalem, Palestina, 4. Masjid Dian Al Mahri di Depok, Indonesia. http://koranbaru.com/indonesia-miliki-36-rekor-dunia/
Indonesia menjadi negara dengan jumlah bank dan lembaga keuangan yang berlandaskan sistem syariah terbanyak di dunia. Hal ini terbukti dengan hadirnya 33 bank, 46 lembaga asuransi, dan 17 mutual fund yang menganut sistem syariah untuk semester pertama tahun 2009. http://koranbaru.com/indonesia-miliki-36-rekor-dunia/

• Indonesia terdiri dari Desa-desa, ayat 11, yang angka ini sangat fantastis.

jumlah total desa di Indonesia sebanyak 72.000 desa. (http://kabar.in/2009/indonesia-headline/rilis-berita-depkominfo/09/09/menkominfo-tahun-2010-seluruh-desa-di-indonesia-terkoneksi.html)

• Indonesia terdiri dari kota-kota , ayat 11

398 kabupaten, 93 kota, 1 kabupaten administrasi, dan 5 kota administrasi di Indonesia. Kabupaten administrasi dan kota administrasi bukanlah daerah otonom, tetapi merupakan kabupaten/kota tanpa DPRD. (http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kabupaten_dan_kota_Indonesia)

• Gunung-gunung , ayat 11, 15
1. Letusan Gunung Terdahsyat di dunia
Meletusnya gunung Eyjafjoell di Islandia tanggal 14 April silam
sempat mengacaukan jadwal penerbangan dunia, sebenarnya belum seberapa besar efeknya dibanding gunung di Indonesia.
Tahun 1815, ada gunung di pulau Sumbawa yaitu Gunung Tambora meletus bulan April dengan ledakan terdahsyat di dunia, setidaknya itu yang pernah terdokumentasi sejarah.
Dalam skala index letusan gunung, Tambora meletus pada posisi index hingga angka tujuh, tertinggi. Letusan tersebut menjadi letusan terbesar sejak letusan danau Taupo pada tahun 181.
Letusan gunung Tambora terdengar hingga pulau Sumatera atau sekitar radius 2.000 kilometer. Abu vulkaniknya jatuh hingga di
Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku.
Mengakibatkan kematian lebih dari 71.000 orang dengan 11.000—12.000 di antaranya terbunuh secara langsung akibat dari letusan tersebut.
Padahal saat itu penduduk di Hindia Belanda (Indonesia) baru sekitar 19 juta jiwa. Sebanding dengan 3 persen jumlah penduduk Indonesia saat itu tewas oleh ledakan gunung Tambora.
Dahsyatnya lagi, letusan gunung ini mengakibatkan perubahan iklim dunia. Satu tahun berikutnya (1816) sering disebut sebagai tahun tanpa musim panas karena perubahan drastis dari cuaca Amerika Utara dan Eropa efek dari debu yang dihasilkan Tambora ini. Orang menyangkan dunia mau kiamat.
Akibat perubahan iklim yang drastis ini banyak panen yang gagal dan kematian ternak di Belahan Utara memicu terjadinya kelaparan terburuk pada abad ke-19.
2. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di
antaranya termasuk gunung berapi aktif.
Sebagian dari gunung berapi terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire). Terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia.
Sebagian dari gunung berapi terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire). Terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia. (http://koranbaru.com/indonesia-miliki-36-rekor-dunia/)

• Bukit-bukit , ayat 15

Kita harus bangga dengan Indonesia karena di Kalimantan Barat, tepatnya di kota Sintang terdapat sebuah bukit yang unik dengan nama bukit kelam.

Keunikannya adalah bukit ini merupakan sebuah bukit yang murni terdiri dari segumpal batu raksasa. Bukit dengan jenis seperti ini hanya terdapat 2 buah di dunia ini yaitu di Australia dengan nama Ayers Rock dan di Indonesia dengan nama Bukit Kelam. Kedua bukit ini memiliki keistimewaan yang sama yaitu warnanya dapat berubah-ubah. Ayers Rock akan berubah-ubah warnanya sesuai dengan cuaca seperti merah,hitam, biru dll. Sedangkan bukit kelam warnanya akan berubah menjadi Kelam/Hitam ketika pagi dan sore hari. (http://www.lintasberita.com/go/545657)

• Sungai-sungai. Ayat 15

Keistimewaan sungai-sungai di Indonesia bukan hanya mengenai jenis air yang terdapat di dalamnya. Tapi juga berbicara mengenai keistimewaan dalam hal lain. Berikut ini adalah nama sungai di Indonesia yang terkenal karena keistimewaannya.
Pertama, sungai Citarum. Sungai ini memiliki “keistimewaan” sebagai sungai terkotor di dunia. Sungai ini merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Barat. Di sungai ini, sedikitnya ada tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang beroperasi. Aliran sungai Citarum banyak digunakan oleh warga di sekitar sungai untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Tidak sedikit pula masyarakat yang dengan sadar membuang sampah di aliran sungai ini. Hal inilah yang menjadikan air sungai Citarum menjadi sangat kotor.
Sungai di Indonesia yang juga tidak kalah terkenal adalah sungai Musi. Sungai Musi terletak di Sumatera Selatan. Keistimewaan dari sungai ini terletak pada Jembatan Ampera yang berdiri kokoh di atasnya.
Pada zaman dahulu, Jembatan Ampera memiliki bagian yang bisa diangkat secara mekanik. Sehingga, memudahkan kapal yang akan melintasi sungai Musi. Saat ini, Jembatan Ampera tidak pernah dioperasikan seperti itu, karena waktu yang dibutuhkan untuk mengangkat bagian dari jembatan terbilang lama, sekitar 30 menit. Sehingga apabila itu dilakukan, maka akan mengganggu jalur transportasi di Jembatan Ampera tersebut.
Keistimewaan lain dimiliki oleh sungai Barito, Kalimantan Selatan. Di sungai ini kita akan menemukan pasar terapung. Di pasar ini kita bisa menemukan berbagai kebutuhan untuk kehidupan sehari-hari. Sistem barter rupanya juga masih berlaku di pasar terapung ini. Para pedagang dan pembeli menggunakan jukung untuk melakukan aktivitas jual beli di sungai tersebut.
Pasar terapung ini biasanya ramai setelah subuh dan mulai sepi sekitar pukul tujuh pagi. Sayangnya, pasar yang sudah terkenal di mancanegara ini perlahan mulai berkurang jumlahnya. Pedagang pasar terapung, mayoritas sudah berpindah tempat dagang ke daratan. Bila tidak diperhatikan dan dijaga dengan baik oleh masyarakatnya, bukan tidak mungkin lambat laun keistimewaan di sungai Barito ini bisa punah.
http://www.anneahira.com/nama-sungai-di-indonesia.htm

• Telaga, ayat 15

Indonesia memiliki 87 telaga/danau, setidaknya itulah yang ditulis oleh anak-anak SDN 1 Jambi di situs mereka, yang dengan teliti mendaftar nama-nama danau sesusai abjadnya.

http://sdn1jambi.wordpress.com/2010/10/12/nama-nama-danau-dan-waduk-di-indonesia/

• Padang gurun , ayat 11

Gumug Pasir Parangkusumo terletak di Yogyakarta. Gumuk pasir merupakan gundukan-gundukan yang berisi material pasir di sepanjang Pantai Parangtritis-Parangkusumo sampai muara Sungai Opak. Hal ini merupakan fenomenal unik karena hanya satu-satunya di Asia Tenggara kita bisa melihat padang pasir seperti padang pasir sahara. Walaupun gundukan pasir ini tidak seluas Sahara tapi membuat seolah-olah kita berada di Gurun Sahara. Kadang-kadang Gumug Pasir Parangkusumo ini disebut juga sebagai Sahara in Java.
http://www.huteri.com/557/indonesia-memiliki-padang-pasir-dan-savanna-afrika/

• Hutan/tumbuh-tumbuhan , ayat 15

Hutan di Kalimantan berada di Pulau Kalimantan. Hutan Kalimantan memiliki hutan hujan tropis dengan beberapa flora dan fauna yang mirip dengan hutan Amazon. Contohnya adalah Pesut, ular anaconda dan beberapa hewan yang merupakan satwa langka yang hanya ada di Kalimantan dan Amazon. Kehidupan alam dan hutan di Amazon tak jauh beda dengan hutan Kalimantan. Lembab, becek, berawa serta terdapat beberapa danau-danau kecil yang kaya akan kehidupan khas lahan basah. Di Kalimantan juga ditemukan jenis tumbuhan yang sama dengan tumbuhan endemik yang ada di Amazon. Sungai-sungai di Kalimantan yang mirip dengan sungai Amazon menambah kemiripan antara Kalimantan dan hutan Amazon.
http://www.huteri.com/557/indonesia-memiliki-padang-pasir-dan-savanna-afrika/

• Patung (ayat 8)

Di Indonesia banyak sekali terdapat patung-patung, yaitu di candi-candi peninggalan jaman dulu, juga bayak pengerajin patung di pulau Bali dan di pulau-palau lainnya. Candi Borobudur adalah salah satu 7 keajaiban dunia.

Daftar candi yang terdapat di Jawa Barat ada 3
Daftar candi yang terdapat di Jawa Tengah ada 34
Daftar candi yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada 21
Daftar candi yang terdapat di Jawa Timur ada 61
Daftar candi yang terdapat di Bali ada 2
Daftar candi yang terdapat di Sumatra ada 3
Daftar candi yang terdapat di Kalimantan ada 5
Total ada 129 candi di Indonesia

http://syadiashare.com/daftar-candi-di-indonesia.html

• Bukit Batu (ayat 11)

Cagar Biosfer Giam Siak Kecil – Bukit Batu Riau (CG-GSK-BB) merupakan salah satu dari 7 Cagar Biosfer yang ada di Indonesia. Terletak di 2 wilayah pemerintahan yaitu Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Siak di Propinsi Riau. CG-GSK-BB Riau ditetapkan dalam sidang 21st Session of the International Coordinating Council of the Man and the Biosphere Proggramme UNESCO di Jeju, Korea Selatan, 26 Mei 2009 lalu. CG-GSK-BB adalah satu dari 22 lokasi yang diusulkan 17 negara yang diterima sebagai cagar biosfer pada tahun tersebut. Cagar Biosfer merupakan satu-satunya konsep kawasan konservasi dan budidaya lingkungan yang diakui secara internasional. Dengan demikian pengawasan dan pengembangannya menjadi perhatian seluruh dunia atas kawasan tersebut.

CG-GSK-BB menjadi khas karena Hutan Rawa Gambut yang tiada duanya di dunia ini, agak berbeda kekhasannya dengan Hutan Gambut Semenanjung Kampar (dengan sedikit rawa). Kekhasan lainnya adalah CG-GSK-BB ini diinisiasi oleh pihak swasta yang bekerjasama dengan pemerintah melalui BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam). Di kawasan ini, nama Grup Sinar Mas cukup membaik karena grup perusahaan inilah yang menginisiasi dari pihak swasta. Tetapi untuk kawasan lainnya, nama Grup Sinar Mas cukup mengkhawatirkan karena terjadinya perluasan perkebunan sawitnya yang tidak wajar (investigasi Greenpeace).

Cagar Biosfer Giam Siak Kecil – Bukit Batu Riau memiliki luas 178.722 hektar terdiri dari :
Zona Inti :
Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil seluas 84.967 hektar.
Suaka Margasatwa Bukit Batu seluas 21.500 hektar.

Zona Penyangga :
Hutan Produksi yang tidak ditebangi lagi dan telah diserahkan ke pemerintah dari Grup Sinarmas Forestry seluas 72.255 hektar. Terdiri atas :
PT. Dexter Timber Perkasa Indonesia = 31.745 hektar.
PT. Satria Perkasa Agung = 23.383 hektar.
PT. Sakato Pratama Makmur = 12.302 hektar.
PT. Bukit Batu Hutani Alam = 5.095 hektar.

Berdasarkan penelitian LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesai) di tahun 2007, di kawasan CB-GSK-BB memiliki Keanekaragaman Hayati sekitar 126 jenis tumbuhan (52 jenis merupakan tumbuhan langka dan dilindungi) yang terdiri dari 67 marga dan 34 suku tumbuhan, yang jumlahnya bertambah jika ditambahkan dengan jenis “semak” dan “terna”. Marga pohon yang dominan adalah Calophyllum, Chamnosperma, Dyaera, Alstonia, Shorea, Gonystylus, dan Palaquium. Hal yang paling membanggakan dan menarik adalah masih banyaknya jenis Pohon Ramin (Gonystylus bancanus), Pohon Gaharu (Aquilaria beccariana), Pohon Meranti Bunga (Shorea teysmanniana), dan Pohon Punak (Tetramerista glabra). Semua jenis pohon tersebut merupakan indikator bagi Hutan Rawa yang masih baik.

CG-GSK-BB juga memiliki Keanekaragaman Satwa sekitar 150 jenis burung, 10 jenis mamalia termasuk yang dilindungi, Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) dan Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae), 8 jenis reptil, dan lain-lain. Salah satu jenis reptil adalah Buaya Sumpit (Tomistoma schegelii) sebagai reptil yang biasa disebut senyulong, kerap dijumpai oleh masyarakat setempat. Jenis satwa terbang yang kadang-kadang nampak adalah Burung Julang Jambul Hitam (Aceros undulatus).

http://www.attayaya.net/2010/05/cagar-biosfer-giam-siak-kecil-bukit.html

PA Tgl 26 Januari 2011
Pesan Tuhan untuk Indonesia

Sungguh menarik bahwa Tuhan memiliki sebuah pesan khusus untuk Indonesia yang tertuang dalam Firman-Nya di Yesaya 42:1-17. Minggu lalu sudah kita bahas, bukti bahwa Yesaya 42:1-17 adalah pesan khusus untuk Indonesia yang sedemikian unik dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain di seluruh alam jagad raya, dimana semua keunikan tersebut tidak dapat dipungkiri, tertuang dalam Yesaya 42: 1-17.

Minggu ini, kita akan menyelediki, apa sebenarnya pesan Tuhan untuk Indonesia

Yesaya 42:1-17

Tuhan yang seperti apa, yang sedang berbicara di Yesaya 42 ini? TUHAN ATAS ALAM SEMESTA
Ayat 5
• Yang menciptakan langit dan membentangkannya
• Menghamparkan bumi dengan segala tumbuhan di atasnya
• Memberi nafas kepada manusia yang mendudukinya
• Dan nyawa kepada mereka yang duduk di atasnya

Ada 3 masa Indonesia di mata Tuhan:
• Ayat 9
Ada 3 masa dalam ayat ini:
Masa lalu, masa kini dan masa datang
Jadi Indonesia dibagi menjadi Masa dulu / masa penjajahan, masa sekarang /masa kemerdekaan, masa mendatang – masa transformasi Indonesia
Ayat 1, bangsa Indonesia di mata TUHAN
• Tuhan telah memanggil banyak dari bangsa Indonesia menjadi Hamba Tuhan/ alat di tangan Tuhan, ( ini diulangi lagi di ayat 6)
• Tuhan memanggil untuk maksud khusus yaitu untuk maksud : PENYELAMATAN (Ay 6)
• Dipegang oleh tangan Tuhan yang kuat (diulangi lagi di ayat 6)
• Dipilih oleh Tuhan
• Tuhan berkenan atas orang pilihan-Nya di Indonesia
• Tuhan telah menaruh Roh-Nya atas orang-orang pilihan-Nya Indonesia
Ayat 6,
• Tuhan membentuk orang-orang pilihan-Nya di Indonesia ( ayat 6)
• Tujuan pembentukan Tuhan adalah; agar orang-orang pilihan-nya di Indonesia, bisa menjadi terang untuk bangsa-bangsa, dan hal ini telah dijanjikan oleh Tuhan kepada umat manusia. (ayat 6)
• Kesimpulan: suatu saat nanti Indonesia akan menjadi berkat bagi seluruh isi Dunia.
Yang Tuhan inginkan atas orang-orang pilihan-Nya di Indonesia adalah:
1. Menegakkan supremasi Hukum di Indonesia
• Agar hamba-hamba Tuhan menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa (ayat 1)
• Ayat 2, orang-orang pilihan Tuhan di Indonesia tidak akan memakai cara DEMONSTRASI di jalan-jalan.
• Melainkan orang-orang pilihan Tuhan di Indonesia diharapkan dapat menyatakan hukum dengan setia (ayat 3) dengan cara
o Tetap berpengharapan akan hal-hal yang baik, berupa pemulihan akan sumbu yang pudar nyalanya dan buluh yang patah terkulai.
o Walaupun ada pemudaran dan ada patahan
2. Jangan ikut arus, tetap berkomitment menegakkan hukum
• Ayat 4, walaupun di sekitar kita ada patahan dan pemudaran, kita tidak boleh ikut memudar dan ikut patah, harus tetap jadi Terang dunia, dan garam dunia. Hanya dengan cara itulah kita sebagai orang-orang pilihan Tuhan dapat menegakkan hukum di Indonesia. Jangna ikut korupsi, kolusi, nepotisme, mafia hukum, mafia pajak, dll
• Ayat 4, segala pulau mengharapkan pengajarannya. Lihatlah bahwa bangsa Indonesia saat ini sangat mengharapkan penegakkan hukum di negri ini, yang selama ini sudah diputar balikkan. Rakyat menunggu kapan adanya pemimpin-pemimpin yang memiliki kesamaan antara apa yang dikatakan/dipidatokan/dijanjikan/diajarkan dengan apa yang dilakukan.
3. Menjadi terang bagi bangsa-bangsa sehingga dapat ( ayat 6c) melakukan mujizat-mujizat
• Membuka mata yang buta (ayat 7)
• Mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan
• Mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap dari rumah penjara
Ketiga panggilan ini, sama dengan panggilan yang diterima oleh Yesus, di Lukas 4: 18-19 , yang dikutip dari nubuatan Yesaya di Yesaya 61: 1-2.
Itu berarti : orang-orang pilihan Tuhan di Indonesia dipanggil untuk melakukan hal-hal yang lebih besar dari yang pernah dilakukan Yesus 2000 tahun yang lalu Yohanes 14: 12
Dengan kata kunci : Roh Tuhan Allah ada padaku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku. (Luk 4: 18 ) …artinya untuk melakukan semua perkara mujizat tersebut, dibutuhkan URAPAN dari Roh Tuhan.
Hal ini dicatat juga di Yes 42: 1…..Tuhan telah menaruh Roh-nya atas orang-orang pilihan di Indonesia.
Untuk menyatakan hukum di Indonesia, membutuhkan Urapan dari Roh Kudus, dan orang-orang yang diurapi oleh Tuhan.
Mengapa hukum di Indonesia masih jauh dari rasa ‘adil’ , karna orang-orang pilihan Tuhan belum banyak yang duduk di titik-titik penting, misalnya di pemerintahan, di wakil rakyat, di kejaksaan, di pendidikan, di semua bidang.
4. Ayat 10-12 menyanyikan nyanyian baru bagi TUHAN. Tuhan menginginkan adanya kebangkitan praise and worship di Indonesia, bahkan sampai ke pelosok tepi pantai dan penduduk pulau-pulau, kota-kota, desa-desa, orang-orang yang tinggal di gunung-gunung dan penduduk bukit batu
5. Ayat 13. Tuhan menginginkan praise and worship tersebut dapat menjadi alat peperangan rohani di Indonesia
Masa Tuaian Indonesia
1. ayat 14 a , ada sekian kurun waktu lamanya dimana tampaknya Tuhan itu diam saja melihat keadaan di Indonesia , tetapi ada kata SEKARANG.
2. Kapankah ‘sekarang’ itu?
• Pada waktunya Tuhan
• Pada waktu point 1-5 sudah digenapi: ( dimana orang-orang pilihan Tuhan sudah menjalankan tugas dari Tuhan atas Indonesia)
• Penegakkan hukum di Indonesia
• Orang-orang pilihan tidak ikut arus, melainkan membawa perubahan
• Mujizat-mujizat terjadi
• Kebangkitan praise and worship di Indonesia
• Peperangan rohani
3. Masa tuaian jiwa-jiwa ini, akan didahului dengan adanya BENCANA ALAM yang sedikit banyak akan merusak keadaan alam bumi pertiwi, dan hal ini sudah mulai digenapi dengan adanya sunami, gunung meletus, gempa bumi, banjir, dll
4. mengapa hal hal itu diijinkan oleh TUHAN? Karna ayat 16-17, melalui bencana alam yang bertubi-tubi itu, akan dipakai TUhan sebagai alat untuk membawa kaum Kedar datang pada TUHAN, Tuhan sendiri yang akan menuntun orang Kedar menjadi mengenal Terang Tuhan. Ayat 17 bukan hanya orang kedar saja, tetapi juga orang-orang yang menyembah patung-patung di candi-candi.

Kesimpulan:
1. Anak-anak Tuhan di Indonesia harus tahu apa yang jadi kehendak Tuhan untuk Indonesia
2. Anak-anak Tuhan harus jadi orang-orang kunci/ key person/ pengambil keputusan di semua bidang kehidupan bermasyarakat, di pemerintahan, dll, sebagai anak-anak Tuhan yang jadi TERANG, tidak ikut arus dunia
3. praise and worship di Indonesia harus bangkit dan menuju pada alat peperangan rohani, anak-anak Tuhan harus bisa jadi saksi dan membawa mujizat-mujizat Tuhan.
4. Indonesia akan dituai oleh Tuhan, didahului dengan bencana alam
5. Indonesia akan dijadikan berkat bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: