'manusia hidup bukan dari roti saja…'

ADA APA DI TAHUN 2014???

ADA APA DI TAHUN 2014

Angka – angka di dalam Alkitab mengandung banyak arti secara rohani.

Mari kita selidiki semua angka 14 di Alkitab untuk mengetahui apa yang Tuhan inginkan buat kita di tahun 2014 ini.

TAHUN 2014

ADALAH TAHUN

SORAK SORAI

Pengelompokan rhema 1

  1. 1.       Pada tanggal 10 pada bulan paskah, dimana bangsa Israel keluar dari tanah Mesir, mereka mengambil anak domba paskah, yang dikurung sampai tanggal EMPAT BELAS, dan pada hari yang ke empat belas itulah disembelih domba paskah dan darahnya dioleskan di ambang pintu rumah ( Keluaran 12: 6-7, Bilangan 28: 16), angka 14 adalah ANGKA PASKAH/ PASSOVER. HARI RAYA ROTI TIDAK BERAGI dirayakan dari tanggal 14 ini- sampai tanggal 21, tujuh hari penuh (perhatikan ada kelipatan dari angka 7 di sini , yaitu: 7-14-21). Yoh 18: 39 pada hari raya Paskah ada pembebasan/ kelepasan, untuk itulah Yesus disalibkan supaya ada pembebasan / kepelasan buat orang berdosa .

  KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN PASKAH

  1. 2.       Empat belas hari lamanya Paulus dan rombongan kapal terkatung katung di laut, dan pada hari itu juga mereka selamat sampai di darat. (Kis 27: 33). Kembali kita ketemu dengan angka yang terkait dengan keselamatan dari celaka.

 KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN KESELAMATAN DARI BENCANA

 

Pengelompokan rhema 2

 3. Matius 1: 17 membagi silsilah Yesus Kristus dalam satuan 14 KETURUNAN, dari Abaraham hingga Daud terhitung 14 keturunan, dari Daud hingga pembuangan ke Babel terhitung 14 keturunan , dan dari Babel sampai pada Kristus, juga terhitung 14 keturunan . Namun jika kita hitung lagi dengan teliti dari Babel sampai ke Kristus sebenarnya hanya terhitung 13 nama, lalu yang ke 14? Apakah Matius si pemungut cukai yang sangat teliti itu bisa saja salah hitung? Jawabannya adalah BUKAN SALAH HITUNG, akan tetapi keturunan ke 14-nya adalah keturunan dari Kristus, yaitu setiap kita yang TELAH LAHIR BARU, adalah keturunan ke 14.  Pada saat Yesus disalibkan, Dia mengeluarkan air dan darah, yang menandakan lahirnya sebuah generasi yang diselamatkan ( karna setiap ibu yang melahirkan pasti mengeluarkan darah dan air) Jadi angka 14 adalah ANGKA GENERASI.

 KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN GENERASI

  1. 4.     Ismail dilahirkan pada saat Abraham berusia 86 tahun, lalu EMPAT BELAS TAHUN KEMUDIAN yaitu saat Abraham berusia 100 tahun, Ishak lahir ( Kej 16: 16, Kej 21:5) Angka 14 tahun ini adalah angka dimana sesudah 13 tahun lamanya semenjak  Ismail lahir- selama 13 tahun itu seolah-olah Tuhan berdiam diri, dan membiarkan Abram berlaku bercela dengan memperanakkan si Ismail yang diperanakkan secara kedagingan, barulah setelah 13 tahun itu berlalu,  dicatat di ayat berikutnya Tuhan menampakkan diri pada Abram (Kej 16: 16- dan Kej 17:1 perhatikan dalam perpindahan kedua ayat ini terdapat rentang waktu 13 tahun.) Lalu di tahun ke 13 itu terjadi SUNAT- lambang paskah- barulah pada tahun ke 14 Ishak- GENERASI/ ANAK YANG DIJANJIKAN ITU LAHIR, yaitu anak perjanjian.  Setelah ada SUNAT sebagai tanda perjanjian dari pihak Abram selesai, maka barulah ada pemberitahuan apa yang terjadi di tahun ke 14 setelah kelahiran Ismail, datanglah generasi Ishak. Tinggalkan kedagingan untuk mendapat anak yang dijanjikan secara rohani. Anak secara rohani ini bisa juga berarti tinggalkan kedagingan ( yang dilambangkan dengan sunat) untuk mendapatkan anak yang dijanjikan, yaitu mendapatkan penggenapan janji-janji Tuhan atas hidup kita. Jika anda membaca tulisan saya tahun yang lalu (Ada apa di tahun 2013)- maka kita dapati tahun 2013 memang adalah tahun dimana kita harus mengalami SUNAT ROHANI, mati dari segala sifat kedagingan. Itu adalah prasyarat untuk mendapatkan janji Tuhan atas kita di tahun 2014.

 KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN PENGGENAPAN JANJI TUHAN.

Pengelompokan rhema 3

  1. 5.      Angka 14 muncul dalam Yehezkiel 43: 17, merupakan ukuran jalur yang mengelilingi perapian mezbah. Berbentuk persegi, 14 kali 14. Semua mezbah berbentuk empat persegi/ bujur sangkar, itu tercatat dalam Alkitab. ANGKA MEZBAH. Lukas 2: 41 tiap tiap tahun, orang tua Yesus pergi ke Yerusalem pada hari raya Paskah. Ini adalah perlambang bahwasannya pada hari Paskah, keluarga-keluarga yang takut akan Tuhan akan datang beribadah ke rumah Tuhan , membangun mezbah di hadapan Tuhan. Mari perkuat mezbah di tahun 2014 lebih mendalam lagi, tambah jam doa, tambah jam ibadah, tambah pembacaan firman, dll Tuhan ingin kita menaruh hidup kita di MEZBAH-NYA, dan mempersembahkan penyembahan yang terbaik untuk Dia.

 KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN MEZBAH

  1. Para petugas ibadah di I Tawarikh 25 sangat unik, yaitu:
  •  keluarga Asaf, Anak Asaf ada 4 orang, tugasnya bernubuat dengan petunjuk raja
  • Keluarga Yedutun, anak-anak Yedutun ada 6, tugasnya bernubuat pada saat menyanyikan syukur bagi Tuhan
  • keluarga Heman , anak-anak Heman ada 14 anak laki-laki. Tugas Heman dan anak-anaknya adalah menyanyikan nyanyian di rumah Tuhan dengan diiringi ceracap, gambus dan kecapi untuk ibadah di rumah Allah dengan petunjuk raja.
  • 24 kepala keluarga ini ( 4 KK dari Asaf, 6 KK dari Yedutun, dan 14 KK dari Heman= 24 KK) dengan masing-masing KK terdiri dari 12 anggota keluarga , seluruhnya berjumlah 288 ( 24X12= 288 petugas musik)
  • Undian untuk para penyanyi ini, pada undian ke empat belas jatuh pada anak daripada Yedutun yang bernama MATICA

Arti nama Matica adalah: Mattithiah = “gift of Jehovah”, atau karunia Allah.

 

Menarik sekali di sini anak-anak Heman adalah EMPAT BELAS ANAK LAKI LAKI. (Perhatikan di sini bahwa 3 anaknya yang perempuan tidak termasuk dalam perhitungan mendapat tugas menjadi penyanyi)

Siapakah Heman ini? Apa Keistimewaan dari Heman ?

  • Heman adalah pelihat raja/ seorang nabi yang bernubuat untuk raja,
  • Arti nama Heman adalah SETIA.
  • Heman mengalami peninggian tanduk kekuatannya karna dikatakan dia mendapat 14 orang anak laki-laki ( I Tawarikh 25: 4-7)
  •  Kata TANDUK yang dipakai pada I Tawarikh 25: 4-7 ini adalah kata KEREN yang muncul lagi di Mazmur 89:16-19, ayat ini berbicara tentang memuliakan Tuhan dengan sorak sorai yang membuat Tuhan berkenan dan meninggikan tanduk kita

 

Para Imam yang bertugas dalam rombongan:

  • Kalau tadi kita bahas mengenai petugas pemusik , kini kita bahas Imam yang bertugas dalam pembagian rombongan-rombongan, undian ke empat belas jatuh pada Yesebeab (I Tawarikh 24; 13) – arti nama Jeshebeab = “dwelling of the father” = tempat tinggal ayah

 

KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN KESETIAAN DALAM PRAISE AND WORSHIP/ TAHUN SORAK SORAI DI RUMAH TUHAN

KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN PERKENAN TUHAN SAAT TUHAN MEMBERI KITA ANUGRAH-NYA

KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN DIMANA TUHAN MENINGGIKAN TANDUK KEKUATAN KITA

KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN TUAIAN JIWA-JIWA MASUK DALAM LUMBUNG DI RUMAH TUHAN.

(Keterangan : hal ini bisa terjadi karna ada banyak jiwa ditarik oleh Tuhan untuk datang kepada-Nya saat kita meninggikan Dia, Yoh 12: 32, Mazmur 40:3, ada hubungan konsekwensi otomatis antara praise and worship dengan datangnya jiwa-jiwa pada Tuhan)

Keterangan dari empat hal di atas:

Keempat  hal ini kait mengait/ berjenjang- jika level satu tidak kita lewati dengan baik kita tidak akan dibawa ke level 2, dst:

Saat kita bersorak-sorai dan meninggikan Tuhan, saat itulah Tuhan berkenan dan memberikan anugrah-Nya atas hidup kita dengan cara meninggikan tanduk kekuatan kita, dan saat kita bersorak-sorai dan meninggikan Tuhan, saat itulah Tuhan menarik banyak jiwa datang kepada-Nya

 

 

Pengelompokan rhema 4

  1.  ANGKA CADANGAN, 12 murid Yesus ditambah Matias dan Yusuf ( Kis 1: 23) 12+2 = 14 nama daripada Matias dan Yusuf ini belum pernah disebut-sebut sebelumnya, akan tetapi baru muncul di Kisah rasul ini, memberi kita suatu pengertian bahwasannya cadangan yang Tuhan berikan seperti selama ini tidak terlihat, tidak nampak, tetapi mereka sudah ada sejak lama di stock cadangan ( Matias dan Yusuf sebenarnya sudah mengikut Yesus tanpa absen sudah sejak Babtisan Yohanes sampai Yesus naik ke surga, Kisah 1: 21-22).  Hal ini juga sama terjadi pada doa akhir daripada Yakub, mencakup pada 12 anaknya, termasuk Yusuf yang kemudian ditambah dengan untuk Efraim dan Manasye dalam Kejadian 48. (12 +2= 14). Suku Efraim dan Manasye selalu hadir untuk menggenapkan angka 12 pada suku Israel. Keterangan lebih lanjut dapat dibaca di link ini: http://www.sarapanpagi.org/144-ribu-orang-dalam-kitab-wahyu-vt1503.html
  2. Umat Israel merayakan Paskah pada tanggal 14, Yos 5: 10. Setelah 40 tahun mereka berjalan melalui padang gurun, GENERASI di bawah mereka belum disunat, akhirnya mereka disunat, sehingga tempat mereka disunat disebut GILGAL, setelah itu mereka pada tanggal 14 merayakan paskah, di dataran Yerikho itu, akhirnya setelah paskah dirayakan, pada hari sesudah Paskah, mereka memakan hasil negri itu berupa roti yang tidak beragi dan bertih gandum, Keesokan harinya manna itu sudah berhenti turun, pada saat itu mereka memakan hasil tanah Kanaan. Ini berbicara mengenai ANGKA PERSEDIAAN, hal ini juga diteguhkan dalam peristiwa Yusuf dimana ada 7 tahun kelimpahan untuk mengatasi 7 tahun kelaparan ( 7+7 = 14), cadangan makanan yang berlimpah pada 7 tahun kelimpahan itu pada awalnya sempat dihitung oleh Yusuf, tetapi belakangan karna sudah bertimbun timbun sudah tidak sempat dihitung lagi karna sedemikian banyak sekali, bahkan pada 7 tahun kelaparan mereka bahkan bisa menjual gandum untuk konsumsi luar negri Mesir, jadi tidak hanya untuk Mesir saja.

KITA SEBUT TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN PERSEDIAAN/ CADANGAN/ KELIMPAHAN

 

Pengelompokan rhema 5

  1. 9.       Dalam pembagian tanah Kanaan, hanya dua ayat ini yang menyinggung-nyinggung angka 14 KOTA, yaitu yang tercatat di Yosua 15: 36,    14 kota untuk suku Bani Yehuda , bandingkan dengan doa berkat untuk Yehuda Kej 49: 8-12, semua nubuatan menunjuk pada Yesus, Singa dari Yehuda.

49:8 Yehuda, q  engkau akan dipuji oleh saudara-saudaramu, tanganmu akan menekan tengkuk r  musuhmu, kepadamu s akan sujud anak-anak ayahmu.

49:9 Yehuda t  adalah seperti anak u  singa: v  setelah menerkam, w  engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya?

49:10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda x  ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak y  atasnya 1 , maka kepadanya z  akan takluk bangsa-bangsa.

49:11 Ia akan menambatkan keledainya a  pada pohon anggur b  dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur. c  49:12 Matanya akan merah karena anggur dan giginya akan putih karena susu. 

Yosua 18: 28,    14 kota untuk bani Benyamin, bandingkan dengan doa berkat untuk Benyamin di Kej 49: 27 nubuatan menunjukkan kemenangan dengan membagi-bagi JARAHAN

Benyamin s  adalah seperti serigala t  yang menerkam; pada waktu pagi ia memakan mangsanya u  dan pada waktu petang ia membagi-bagi rampasannya. v 

KITA SEBUT TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN PEPERANGAN ROHANI

KITA SEBTU TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN OTORITAS ORANG PERCAYA

KITA SEBUT TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN JARAHAN

KITA SEBUT TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN MUSIM PENUAIAN

Perhatikan di sini , jarahan/rampasan daripada Suku Benyamin ini, masih terkait dengan sorak-sorai yang tadi kita bahas di Mazmur 89: 16-19. Sorak-sorai dalam Alkitab selalu terkait dengan pujian kemenangan , pengagungan pada Tuhan, , dan jarahan, dan tuaian, hubungkan dengan ayat ini:

Mazmur

47:1 Untuk pemimpin biduan. Dari bani Korah. Mazmur. (47-2) Hai segala bangsa, bertepuktanganlah, b  elu-elukanlah Allah dengan sorak-sorai! c  47:2 (47-3) Sebab TUHAN, Yang Mahatinggi, d  adalah dahsyat, e  Raja f  yang besar atas seluruh bumi. 47:3 (47-4) Ia menaklukkan g  bangsa-bangsa ke bawah kuasa kita, suku-suku bangsa ke bawah kaki kita,47:4 (47-5) Ia memilih bagi kita tanah pusaka h  kita, kebanggaan Yakub i  yang dikasihi-Nya. Sela 47:5 (47-6) Allah telah naik j  dengan diiringi sorak-sorai, k  ya TUHAN itu, dengan diiringi bunyi sangkakala. l  47:6 (47-7) Bermazmurlah m  bagi Allah, bermazmurlah, bermazmurlah bagi Raja kita, bermazmurlah! 47:7 (47-8) Sebab Allah adalah Raja seluruh bumi, n bermazmurlah o  dengan nyanyian pengajaran! 47:8 (47-9) Allah memerintah p  sebagai raja atas bangsa-bangsa, Allah bersemayam di atas takhta-Nya q  yang kudus. 47:9 (47-10) Para pemuka bangsa-bangsa berkumpul sebagai umat Allah Abraham. Sebab Allah r  yang empunya perisai-perisai bumi; Ia sangat dimuliakan. s 

Mzm 95:1 Marilah x  kita bersorak-sorai 1  y  untuk TUHAN, bersorak-sorak z  bagi gunung batu a  keselamatan kita.
Mzm 98:4 Bersorak-soraklah b  bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!
Mzm 126:5 Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, u  akan menuai v  dengan bersorak-sorai 1 .w 
Mzm 126:6 Orang yang berjalan maju dengan menangis x  sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-soraisambil membawa berkas-berkasnya.

Khusus bagi hal ini / point ini , adalah BERSYARAT, artinya MENDAPATKAN OTORITAS ORANG PERCAYA DAN JARAHAN hal ini hanya akan dialami oleh orang yang masuk bergabung dalam PASUKAN  PERANG dalam area peperangan rohani

( sebenarnya ini bukan pilihan, tapi kewajiban, sebenarnya setiap orang mau atau tidak mau, sadar atau tidak sadar, setiap orang itu sebenarnya ada di kancah /arena peperangan rohani, akan tetapi ada yang tidak menyadarinya dan tidak berperang, tidak berdoa, tidak berjaga, tidak TUNDUK PADA ALLAH dan tidak MELAWAN IBLIS, sehingga iblis tidak lari daripadanya. JADI janji ini hanya berlaku bagi mereka yang mau melakukan Yakobus 4:7 Karena itu tunduklah kepada ALLAH, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu !)

Demikian juga dengan tuaian, ini juga BERSYARAT, artinya apa yang DITUAI, juga sudah diukur dengan apa yang selama ini sudah kita tabur, jadi kalau selama ini tidak pernah menabur ya jangan berharap mengalami 2014 sebagai musim tuaian, akan tetapi apabila selama ini menabur maka pada tahun 2014 menjadi MUSIM TUAIAN, karna pada masa-masa ini ada tingkap-tingkap yang dibukakan dan ada banyak cadangan persediaan yang akan diturunkan/diluberkan/dilimpahkan, sesuai dengan apa yang sudah ditabur/diusahakan/dikerjakan/dilakukan.

Contoh, jika pada masa kelimpahan Yusuf dan orang Mesir malas menanam, ya jangan diharap akan ada tuaian berlimpah, dan jangan harap dapat selamat pada masa kelaparan nantinya. Walaupun itu janji Tuhan, tetap ada bagian orang Mesir yang harus terlibat MENANAM/ MENABUR.

Baca ayat sbb:

2Kor 9:6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga 1 , dan orang yang menaburbanyak, akan menuai banyak e  juga.

Ada tambahan di sini bahwa angka 14 ini adalah perpanjangan hari kedua daripada hari pembalasan terhadap musuh-musuh Israel, di hari raya Purim. Tadinya pada hari Purim ( tanggal 13 bulan Adar) bangsa Israel akan ditumpas oleh Haman yang sangat jahat, akan tetapi terjadi pembalikan keadaan di tanggal 13 , belum cukup sampai di situ justru ada perpanjangan waktu pembalasan terhadap musuh. Raja lah yang menawarkan pada Ester, perpanjangan waktu, dan Ester tidak menyia-nyiakan kesempatan itu, Ester meminta hukum yang berlaku pada tanggal 13 diperpanjang hingga tanggal 14, bahkan pada tanggal 14 itu ke-10 anak-anak Haman disulakan pada tiang.

hal ini menunjukkan bahwa angka 14 ini masih terkait dengan TAHUN PEPERANGAN ROHANI, TAHUN JARAHAN, TAHUN PEMBALIKAN KEADAAN, TAHUN KEMENANGAN. TAHUN PERPANJANGAN WAKTU ( WAKTU CADANGAN)

Pengelompokan rhema 6

  1. 10.   Rasul Paulus menyatakan hal supranatural yang dia alami 14 tahun yang lampau (II Korintus 12: 2. Peristiwa dimana dia diangkat ke sorga baru diceritakannya 14 tahun setelah peristiwa itu terjadi. Angka 14 ini menunjukkan suatu PENYINGKAPAN RAHASIA dari sesuatu yang sudah tersimpan sangat lama. Jadi rasul Paulus sudah lama mengalami ini, akan tetapi baru disingkapkan/diceritakan/dikisahkan dengan penuh kerendahan hati setelah lewat 14 tahun berselang.

KITA SEBUT TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN PENYINGKAPAN RAHASIA-RAHASIA ILAHI

Pengelompokan rhema 7

  1. Rasul Paulus bertobat, setelah bertobat, selama3 tahun rasul Paulus pergi ke tanah Arab, kemudian setelah 3 tahun dia bertobat, dia melakukan kunjungan penginjilan yang pertama, setelah itu 14 tahun berselang setelah kunjungan pertamanya, dia mengadakan kunjungan yang ke dua . Galatia 2: 1. Waktu itu adalah bertepatan dengan sidang para rasul di Yerusalem yang dicatat dalam Kisah Rasul 15, dimana rasul Paulus dan rasul rasul lainnya membicarakan banyak hal yang sangat penting dan doktrinal. Kita simpulkan bahwasannya angka 14 ini adalah angka KONFERENSI

KITA SEBUT TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN KONFERENSI

 

Kesimpulan dari pengelompokan rhema 1-8, TERNYATA ADA 16 ARTI DALAM TAHUN 2014

  1. 1.       KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN PASKAH
  2. 2.       KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN KESELAMATAN DARI BENCANA
  3. KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN GENERASI
  4. 4.     KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN PENGGENAPAN JANJI TUHAN.
  5. 5.      KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN MEZBAH
  6. 6.       KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN KESETIAAN DALAM PRAISE AND WORSHIP/ TAHUN SORAK SORAI DI RUMAH TUHAN
  7. 7.       KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN PERKENAN TUHAN SAAT TUHAN MEMBERI KITA ANUGRAH-NYA
  8. 8.       KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN DIMANA TUHAN MENINGGIKAN TANDUK KEKUATAN KITA
  9. 9.       KITA SEBUT TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN TUAIAN JIWA-JIWA MASUK DALAM LUMBUNG DI RUMAH TUHAN.
  10. 10.   KITA SEBUT TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN PERSEDIAAN/ CADANGAN/ KELIMPAHAN
  11. 11.   KITA SEBUT TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN PEPERANGAN ROHANI
  12. 12.   KITA SEBTU TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN OTORITAS ORANG PERCAYA
  13. 13.   KITA SEBUT TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN JARAHAN
  14. 14.   KITA SEBUT TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN MUSIM PENUAIAN
  15. 15.   KITA SEBUT TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN PENYINGKAPAN RAHASIA-RAHASIA ILAHI
  16. 16.   KITA SEBUT TAHUN 2014 INI SEBAGAI TAHUN KONFERENSI

 

Arti angka 14 dalam Alkitab

untuk menyongsong 2014.

  • Pada tahun 2014 akan ada KESELAMATAN turun atas jiwa-jiwa yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka, karna sudah ada karya Salib Kristus pada masa Paskah. Ini adalah tahun tuaian hujan keselamatan atas jiwa-jiwa
  • Pada tahun 2014 akan ada penggenapan janji-janji Tuhan atas orang-orang percaya, dan ada bencana-bencana yang dihindarkan Tuhan dari hidup kita
  • Pada tahun 2014 adalah tahun yang sangat tepat untuk mempersiapkan LAHIRNYA GENERASI YANG TAKUT AKAN TUHAN, generasi yang dijanjikan oleh Tuhan dalam Yoel 2:28, generasi yang mengalami SUNAT ROHANI, generasi yang merebut kota-kota musuhnya.
  • Bagaimana cara kita menggenapi janji Tuhan atas 2014 ini? Bagaimana caranya menarik jiwa-jiwa datang pada Tuhan? Dengan memperkuat barisan Praise and Worship, tambahkan lebih banyak nyanyian-nyanyian baru, meninggikan Tuhan dengan nyanyian baru dan sorak sorai di Rumah Tuhan. Perkuat kantong-kantong praise and worship, dirikan mezbah sebanyak mungkin, mezbah di sini juga berbicara mengenai keintiman dengan Tuhan yang semakin diperdalam.
  • Untuk menuai banyak jiwa kita butuh dana, biaya, persediaan, dan cadangan. Untuk hal itu semua sudah disediakan oleh Tuhan dengan berlimpah-limpah. Kita tidak perlu kuatir tentang hal ini, semua akan berjalan dengan seiring sejalan, saat ada tuaian, Tuhan sediakan dana untuk menuainya. Cadangan di sini tidak main-main, sesuatu yang tidak terduga sebelumnya , yang tidak pernah dipikirkan, tidak pernah dibayangkan, sampai tidak terhitung karna sangat banyaknya I Kor 2:9. Pada tahun 2014 ini akan ada banyak tabungan/deposito, property dan investasi yang Tuhan tambahkan untuk persediaan menuai jiwa-jiwa yang sangat banyak sekali. Gunakan tabungan anda untuk menabur bagi pekerjaan MISSI, sisihkan dana anda untuk menabur sebanyak banyaknya bagi MISSI
  • Akan ada banyak rahasia yang diungkapkan atau disampaikan atau dibukakan pada pertemuan pertemuan konferensi. Semua cadangan rhema akan Tuhan curahkan dengan luar biasa. Adakan konferensi pengajaran sebanyak mungkin pada tahun 2014.

Catatan untuk kita:

  • Bangun keintiman dengan Tuhan khususnya perkuat praise and worship
  • Perkuat pelayanan atas generasi di gereja dan komunitas
  • Perkuat missi penginjilan karna ladang tuaian sudah tersedia
  • Latih sebanyak mungkin para penuai sebagai kantong/wadah dilahirkannya jiwa jiwa dan perlunya peltihan untuk sebanyak mungkin orang untuk bisa membimbing jiwa jiwa baru
  • Latih kerendahan hati, dan persembahkan segala kemuliaan dan pujian hanya bagi Tuhan. Dengan kerendahan hati dan terbiasa mengembalikan pujian bagi Tuhan, adalah karakter yang dibutuhkan untuk Tuhan ditinggikan dan jiwa-jiwa dimenangkan
  • Peka untuk semua berkat-berkat cadangan yang harus DIAMBIL dengan pro aktif dan dikelola dengan hikmat Tuhan dan integritas
  • Buat pengajaran sebanyak mungkin untuk rhema rhema Tuhan dialirkan dalam kelas konferensi/ tatap muka

Karakter apa yang kita harus lebih pertajam lagi di tahun 2014 ini?

Pengelompokan rhema 8:

JADIKAN TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN KETEKUNAN DAN INTEGRITAS

Yakub bekerja pada Laban,  pamannya, selama 14 tahun sebagai pembayaran mendapatkan kedua istrinya, Lea dan Rahel. Kej 31:41. Tujuh tahun pertama pada saat dia bekerja dirasanya seperti 7 hari saja, karna cintanya pada Rahel, setelah pada hari pernikahan, justru yang diberikan Lea, setelah genap 7 hari pernikahan dengan Lea, kini diadakan pernikahan lagi dengan Rahel, asalkan Yakub mau bekerja 7 tahun lagi. Kisah ini dapat anda baca di Kejadian 29.

Jadi jika kita membaca dari Kejadian 31:6, 38 dapat kita simpulkan, bahwasannya dalam kurun waktu 7 tahun yang kedua Yakub tetap bekerja dengan sekuat-kuatnya ( rajin) dan penuh integritas- tidak satu pun atau sedikitpun kerugian yang pernah dialami oleh Laban selama Yakub bekerja 20 tahun pada Laban ( 14 tahun + 6 tahun)

Angka 14 ini menunjukkan bahwa kita harus BEKERJA DENGAN TEKUN DAN INTEGRITAS YANG TINGGI-

hal yang sama kita jumpai pada tokoh lain:

tokoh Yusuf

Yusuf yang kita bahas tadi dalam menghadapi 7 tahun kelimpahan  dan 7 tahun  kelaparan = 14 tahun, ini berlaku untuk setiap aspek hidup kita, mulai dari tekun dan berintegritas dalam kehidupan keseharian dalam keluarga, tekun dan berintegritas dalam pekerjaan dan pelayanan yang Tuhan percayakan

tokoh Matias dan Yusuf

Matias dan Yusuf tekun mengikut Yesus walau hanya sebagai murid cadangan , tetapi mereka tetap tidak pernah absen ikut kuliah, walau hanya berstatus mahasiswa pendengar saja, tetapi ternyata ketekunan mereka diperhitungkan untuk menjadi kandidat pengganti Yudas Iskariot. Dan walau dalam undian si Yusuf tidak terpilih menggantikan Yudas, tidak pernah bagian Alkitab lain mencatat bahwasannya Yusuf meninggalkan jalan Kristus ! Inilah namanya integritas.

Pengelompokan rhema 9

ada 14 definisi kasih pada I Kor 13

  1. 13:4 Kasih itu sabar 3 ;
  2. v  kasih itu murah hati;
  3. ia tidak cemburu.
  4. Ia tidak memegahkan diri
  5. dan tidak sombong. w 
  6. 13:5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan
  7. dan tidak mencari keuntungan diri sendiri.
  8. x  Ia tidak pemarah
  9. y  dan tidak menyimpan kesalahan z  orang lain.
  10. 13:6 Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, a  tetapi karena kebenaran.
  11. b  13:7 Ia menutupi segala sesuatu,
  12. percaya segala sesuatu,
  13. mengharapkan segala sesuatu,
  14. sabar menanggung c  segala sesuatu.

Ingatlah bahwa kasih yang menjadi dasar dari segalanya.

APA HUBUNGAN TAHUN 2013 DENGAN 2014?

Aangka `3 dan 14 dalam Alkitab ternyata saling kait mengait, hal ini dapat kita lihat dari berbagai peristiwa di ALkitab yang mengaitkan keduanya:

1. Hari raya purim diperpanjang dari tadinya hanya tanggal 13 OLEH PERKENAN RAJA diperpanjang sampai tanggal ke 14.

2. Cadangan suku Israel adalah NAMA  KE 13 DAN KE 14, EFRAIM dan MANASYE

3. Cadangan murid Yesus juga adalah murid ke 13 dan ke 14 yaitu Matias dan Yusuf

4. 14 tahun dimana Yakub bekerja juga terkait dengan dua orang istri yaitu Lea dan Rachel

5. Tahun ke 14 dimana Abraham mendapatkan Ishak, tidak dapat dilepaskan kaitannya dengan penyunatan yang diperintahkan Tuhan pada tahun ke 13 setelah Ismail lahir.  Ini juga berlaku bagi Yosua dan rombongan Israel, saat menginjak tanah Kanaan sebelum mereka merebut Yerikho hal pertama yang harus mereka lakukan adalah SUNAT. (Yos 5, penyunatan pada hari raya Paskah di Gilgal)

Kesimpulannya adalah: Apa yang sudah Tuhan kerjakan di tahun 2013 akan ada kaitannya dengan  2014.

Bagi anda yang belum pernah membaca ADA APA DI TAHUN 2013? yang saya sebut sebagai TAHUN EKSPANSI.

dapat meng-klik tulisan ini: ADA APA DI TAHUN 2013?

Dimana pada tahun Ekspansi (2013 ) Tuhan bawa kita menjangkau area yang baru, penambahan kapasitas, penambahan wilayah, dll. Dan pada tahun SORAK SORAI (2014) ini, tugas kita adalah BEKERJA KERAS untuk MENGISI area baru itu, mengisi wilayah itu, dengan jiwa-jiwa dengan jarahan, dengan kemenangan, dengan mezbah, dengan integritas dll.

Jadi pada tahun lalu (2013) Tuhan mempersiapkan wadahnya, sedang pada tahun ini (2014)Tuhan memberikan ISINYA.

Tapi ingat! Tidak ada kata santai/malas, karna di manapun kemenangan itu membawa konsekuensi tersendiri, misalnya pada saat panen, tentu butuh dana untuk menggaji buruh panen yang akan memetik hasil panen, ada keringat yang dikeluarkan untuk memetik panenan, misalnya pada saat menang perang, saat mengambil jarahan, itu juga buituh tenaga dan waktu ( Di II Taw 20 kita baca bahwa Yosafat dan anak buahnya menjarah jarahan musuh butuh 4 hari bolal balik, baru jarahan itu habis. Kalau malas balik ke medan perang, sementara semua tas sudah penuh pada hari pertama, tentunya kelimpahan yang sebenarnya jatahnya 4 hari itu banyak terbuang sia sia. Bahkan orang yang menang lomba nyanyi pun dia tidak bisa santai, karna akan kebanjiran job nyanyi di sana sini. Itu sih contoh sederhana saja yang mudah dimengerti.

Jika di tahun 2013 lalu ada hal hal yang belum sanggup anda raih/lakukan (ketaatan, ketulusan hati, kebenaran, disiplin dalam doa dan puasa, peka akan Roh Kudus, rela berkorban, memberi yang terbaik, tepat berjalan dalam waktu Tuhan, semangat, rendah hati, pengampunan, sunat dari kedagingan), masih ada perpanjangan waktu sampai 2014 ini anda kejar ketinggalan, karna di sepanjang tahun 2014 ini nanti bagi yang sudah siapakan wadah akan Tuhan berikan ISINYA.

Musuh-musuh dalam diri anda yang belum ditaklukkan harus segera DISUNAT, sehingga jangan sampai ketika 2014 berlalu, anda masih hidup dalam pemberontakan, sehingga gagal meraih ekspansi, bahkan kehabisan waktu cadangan untuk meraih sorak sorai.

Namun bagi anda yang telah mendapat penggenapan arti 2013 sebagai tahun ekspansi, kini anda siap melangkah pada tahun sorak sorai yang sudah Tuhan sediakan di 2014 ini.

ADA LAGI TAMBAHAN DARI TEMAN FB SAYA YESSI KANSIL SBB:

ADA 14 PENJABARAN ARTI KASIH DALAM I KOR 13

BUKAN SUATU KEBETULAN KINI BERSANDING LAGI ANGKA 14 DAN 13 ( I KOR 13 ADA 14 DEFINISI)

  1. 13:4 Kasih itu sabar 3 ;
  2. v  kasih itu murah hati;
  3. ia tidak cemburu.
  4. Ia tidak memegahkan diri
  5. dan tidak sombong. w 
  6. 13:5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan
  7. dan tidak mencari keuntungan diri sendiri.
  8. x  Ia tidak pemarah
  9. y  dan tidak menyimpan kesalahan z  orang lain.
  10. 13:6 Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, a  tetapi karena kebenaran.
  11. b  13:7 Ia menutupi segala sesuatu,
  12. percaya segala sesuatu,
  13. mengharapkan segala sesuatu,
  14. sabar menanggung c  segala sesuatu.

Kesaksian saya pribadi, lebih kurang sepanjang 10-12 tahunlalu ada seorang ibu pendeta mendorong saya menulis dan berkata saya diberi Tuhan talenta menulis, dan tepat pada tanggal 28 Juli 2013 saya membicarakan kontrak dengan salah satu penerbit untuk terbitnya buku. Tanggal 31 Agustus 2013 penandatanganan kontrak, dan Editan buku 1 selesai pada tanggal 31 Desember 2013. Inilah ekspansi bagi hidup saya, di mana Tuhan membawa saya ke area baru, penulisan buku.

Tahun 2014 Tuhan menuntun saya untuk mendirikan sekolah Jenius Cara Alkitab untuk guru-guru SM di Kendari dan sekitarnya, sejak Januari hingga Desember 2014. Pada saat itu saya belum menyelidiki arti tahun 2014 sebagai salah satu artinya tahun generasi. Itulah yang membuat saya terkejut ternyata pesan Tuhan untuk mendirikan sekolah ini, ternyata sangat tepat sekali dengan arti tahun 2014 ini.

Pada saat rhema ini saya khotbahkan di GPDI Kharisma Kalinegoro Magelang, Tuhan bekerja secara luar biasa dan kami saat itu berdoa untuk generasi- dari bayi sampai pemuda yang ada di ibadah saat itu, Puji Tuhan !

Mari gunakan waktu sebaik mungkin, menjelang kedatangan-Nya yang semakin mendekat !! Amin !!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: