'manusia hidup bukan dari roti saja…'

“Mau kemana Mbak?”
Perhatikanlah apa yang terjadi saat seseorang berpapasan dengan orang yang dikenalnya dalam sebuah perjalanan, misalnya ketemu di kolt atau di toko atau di kaki lima atau di warung bahkan.
Pasti seperti ini “Hei.., mau kemana ?” Dan jawabannya bisa beragam, dan biasanya di balas dengan pertanyaan yang sama “ Lha kamu mau ke mana?”
Mengapa orang selalu memusingkan jawaban dari ‘mau kemana?’
Mengapa setiap kendaraan umum selalu bertuliskan kode rute misalnya KMK artinya Kalinegoro-Magelang-Kalinegoro. Nomor jalur, bahkan daerah-daerah mana yang akan dilewati selalu ditulis di body mobil tersebut. Kenek-kenek selalu meneriakkan “terminal mas, terminal mbak’ , dlsb. Bahkan setiap melihat pejalan kaki mereka selalu bertanya kemana mbak, bu, pak , dlsb.
Sebuah Bus akan menuliskan tujuan perjalanannya agar orang yang setujuan dapat bergabung dalam bus itu. Penumpang selalu menanyakan ‘ ini ke Borobudur ya Mas?” untuk memastikan kembali bahwa tujuan mereka sama.
Sama juga dengan hidup kita, masing-masing kita haruslah punya tujuan dalam hidup kita. Orang yang tidak punya tujuan hidup sama saja seperti orang yang pergi tanpa tujuan dan naik sembarang bus dan tidak tahu mau turun di mana, hanya putar-putar dan tiu menghabiskan banyak waktu dan menurut saya itu sia-sia.
Hai anak muda, apa tujuan hidupmu? Kamu bertujuan jadi orang gagal ? Kamu bertujuan jadi orang berhasil ? Kamu akan menuju tempat yang kamu tuju. Kalau kamu bertujuan jadi Boss kelak, kamu mulai sekarang akan ‘naik bis’ kearah jadi bos, artinya gaya berpakaian yang rapi seperti bos, belajar yang baik biar kelak jadi bos yang berhasil nggak gampang ditipu orang. Kamu ingin jadi guaid yang handal ? Kamu perkuat bahasa asingmu.
Kamu ingin jadi orang berhasil ? tunjukkan niatmu itu dengan bertanggung jawab terhadap tugasmu. Kamu ingin jadi orang yang punya rumah bagus ? Tunjukkan bahwa kamu ‘menuju ke sana’ dengan belajar menjaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya, dll.
Sebaliknya, kamu ingin jadi wanita murahan? Nggak heran kalau penampilanmu ‘menuju kea rah sana, gaya bergaulmu menuju ke arah sana. Kamu ingin dihargai orang, mulailah dengan menghargai dirimu sendiri.
Atau kamu tidak punya tujuan ? pokoknya jalani aja apa adanya, tidak heran orang-orang yang seperti ini hidupnya hanya biasa-biasa saja. Persaingan dunia saat ini begitu keras, tunjukkan bahwa kamu serius, kamu punya tujuan.
Beberapa contoh:
Tuhan Yesus punya tujuan: Mat 18:11 Karena Anak Manusia datang untuk menyelamatkan yang hilang.
Tuhan Yesus datang ke dunia bukan piknik, bukan iseng, bukan daripada nganggur, bukan coba-coba, bukan juga uji coba, bukan!! Dia datang dari surga,meninggalakan surga yang mulia lahir di kandang yang hina untuk satu tujuan, yaitu menyelamatkan manusia yang telah terhilang dalam dosa, dalam kegelapan, manusia yang hidupnya tanpa tujuan dan pengharapan. Makanya Dia mau-maunya njalanin salib, karna Dia tahu hanya itu satu-satunya cara untuk Dia mencapai tujuanNya, tidak ada cara lain.
Saya dulu pernah punya ‘mimpi’ jadi orang yang bisa nolongin anak-anak Smp, dan sekarang saya sudah sampai ke titik itu.
Dulu saya pernah punya tujuan, capek ngontrak, pingin punya rumah sendiri, dan saya sudah samapi ke titik itu. Dulu saya punya tujuan ingin mengajar di kota magelang, semacam pendidikan musik, dan saat ini saya sudah sampai pada titik itu, saya punya tujuan untuk bisa masak, dan saat ini saya sudah sampai ke titik itu, saya punya tujuan kuliah saya harus selesai 4 tahun dan saya sampai ke titik itu, saya punya tujuan skirpsi saya harus selesai dalam waktu 1 semester dan saya akhirnya sampai ke titik itu. tapi masih banyak lagi tujuan saya yang belum tercapai, saya ingin mengumpulkan guru-guru sekolah minggu se kota magelang, dan kita bikin persekutuan guru skop kota, saya ingin menerbitkan sebuah buku, saya ingin …ingin…dan ingin banyak lagi.
Nah sekarang apa tujuanmu ? Apa mimpimu? Berjalanlah kea rah tujuanmu, persiapkan dirimu, jalani apa yang harus dijalani. Kalau kamu ingin berhasil, jalani semua yang ada di depanmu, raih semua kesempatanmu, hadapi emua rintangan, dan capai tujuanmu.
Semua orang akan berjalan ke arah tujuannya, hanya orang gila dan gelandangan saja yang berjalan tanpa tujuan, mereka tidak punya tujuan, mereka berjalan berkeliling bukan karna pekerjaan mereka sales yang menjajakan barang dagangan dengan berkeliling, tetapi mereka berkeliling karna tidak tahu harus ke mana, tak tahu arah.
Ayo…….miliki tujuan spesifik dalam hidupmu! Jangan berjalan tanpa arah. Miliki jawaban dari pertanyaan ‘untuk apa kamu sekolah di sini ?’ Untuk apa gunanya kamu belajar computer? Untuk apa kamu belajar berpakaian rapi, belajar bergaul, belajar bahasa Inggris, apa kamu punya mimpi suatu saat akan ke Luar Negri? Untuk apa kau mengikuti PSK ? Karna dipaksa? Atau karna kamu punya tujuan….yaitu semakin karib dengan Tuhan, dll
Hai anak muda, ketahuilah bahwa
Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda Maz 127:4
Kalian semua adalah anak panah kami, para guru yang adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Kalian akan kami persiapkan jadi anak panah yang lurus, ujungnya tajam, ekor bulunya membuat anak panah itu seimbang, tapi ingat sebuah anak panah tidak akan melesat menuju sasaran apabila ia tidak mau dibentuk jadi anak panah yang lurus, tajam dan seimbang, dan focus.
Semakin anak panah itu mendekati titik sasaran tengah bahkan pas di sasaran tengah , pointnya semakin tinggi. Jangan kita jadi sutle kok yang dibuang pemain karena bulu-bulunya yang udah njeber, dan keseimbangannya berkurang dan akhirnya nggak vokus.
Selamat merumuskan tujuan hidupmu bersama Tuhan! Selamat mempertajam tujuanmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: