MAZMUR 150:6 KOTBAH NATAL 2019

REUNIAN

Apakah ada sebuah reunian antara Tuhan dengan Daud, karna Dia lahir di kota Betlehem, di kota Daud, dan untuk lahir di sana, Yusuf harus mengikuti sensus penduduk dikala Maria hamil tua,

dan kabar berita para malaikat ditujukan pada para gembala, sebuah profesi Daud di masa kecilnya,

dan bisa jadi padang yang sama di Betlehem itu adalah padang penggembalaan yang biasa dipakai Daud menggembalakan domba-dombanya

…dan baru kali itu malaikat datang dan membawakan berita sambil menyanyi/konser…sebelum-sebelumnya di PL tidak ada malaikat yang membawakan berita sambil menyanyi…

apakah ini sebuah bentuk reunian Tuhan dengan tokoh Daud yang sangat musikal….dan Yesus pun disebut Anak Daud….waaaaaau i love praise n worship

 

 

 

 

 

 

 

 

NATAL 2019

BIARLAH SEGALA YANG BERNAFAS MEMUJI TUHAN HALELUYA

MAZMUR 150:6

 

Mazmur 150:6 kemungkinan besar ditulis oleh DAUD,

Biarlah segala yang bernafas memuji Tuhan, Haleluya !!

 

Tahukah saudara, bahwa di seluruh PL dan PB, bagaimana para utusan Tuhan, sebagai para malaikat, saat mereka menyampaikan pesan Tuhan pada manusia, belum pernah ditemukan malaikat Tuhan menyampaikan pesan Tuhan dengan cara BERNYANYI.

Baru di peristiwa kabar natal pada para gembala, Malaikat Tuhan menyampaikan NYANYIAN atau konser natal yang pertama Lukas 2:13-14

Mungkinkah ada kaitan antara YESUS, DAUD dan NYANYIAN???

 

Yesus Kristus disebut juga Yesus Kristus, anak Daud.

Bisa kita baca di Matius 1:1.

Matius 1:20 menuliskan kata pertama yang dikatakan malaikat Tuhan dalam mimpinya adalah :”Yusuf, anak Daud…”

Itu artinya Yesus Kristus, Anak Daud adalah dalam silsilah-Nya dari Abraham sampai ke Yesus, melalui Daud, Yesus garis keturunan Daud, sampai ke Yusuf, oleh karena itu Yusuf disebutkan malaikat, Yusuf, anak Daud, Yusuf adalah ayah-Nya yang sah secara hukum. Karena Yusuf menikahi Maria. Namun kehamilan Maria adalah dengan cara dianungi Roh Kudus, bukan karena hubungan suami dan isteri antara Yusuf dan Maria.

 

Lukas 1:27 juga menuliskan hal yang sama

Yusuf dari keluarga Daud.

 

Saat malaikat Tuhan menjumpai Maria, ada berita bahwa:…

Tuhan akan mengaruniakan tahta Daud, bapa leluhur-Nya, (Lukas 1:32). Kembali di sini dikait-kaitkan dengan DAUD.

 

Oleh karena itu dalam peristiwa Natal, kelahiran Yesus, ada banyak sekali hal-hal terkait dengan DAUD.

  1. Lokasi kelahiran Yesus adalah di kota DAUD ( Lukas 2:11), yaitu di Betlehem

Betlehem adalah KOTA TERPILIH sebagai kota kelahiran Juru Selamat itu. Yesus ditentukan untuk lahir di KOTA DAUD. Untuk menggiring Yusuf dan Maria bisa menuju KOTA DAUD, maka Tuhan pun mengatur jalannya sejarah, di mana pada saat itu diadakan sensus ( Lukas 2:1-7). Sensus ini membuat Yusuf dan Maria harus melakukan perjalanan dari Nazaret yang di Galilea ke Yehuda, ke kota Daud bernama kota Betlehem, sampai akhirnya di Betlehem inilah Maria melahirkan YESUS.

Betlehem artinya adalah rumah roti.  Bukankah Yesus adalah roti hidup? (Yohanes 6:48)

Daud adalah orang yang sangat mencintai taurat TUHAN. Inilah salah satu buktinya , dalam salah satu Mazmur yang ditulis Daud, Daud mengatakan sbb:

Mazmur 19:8 Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa

Daud menjadikan taurat Tuhan sebagai makanan bagi kesegaran jiwanya.

  1. Efrata adalah daerah kelahiran Yesus

Di manakah Yesus dilahirkan? Di Efrata, Betlehem, tanah Yehuda ( Mikha 5:1) Itu adalah nubuatan nabi Mikha atas lokasi kelahiran Mesias.

Darimanakah daerah asal Daud? Dari Betlehem Efrata ( I Sam 17:12)

Di manakah lokasi penggembalaan Daud? Di Efrata, di padang Yaar, Mazmur 132:6

Apa arti EFRATA? Place of fruitfulness, TEMPAT BERBUAH.

Bukankah Yohanes 15:5 Yesus berkata “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rangtingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.”

  1. Berita kelahiran Yesus disampaikan pada para GEMBALA.

Gembala adalah profesi Daud yang paling awal, sejak dia masih sangat muda, yaitu menjadi seorang penggembala kambing domba. (Mazmur 78:70-72)

Kapan sebenarnya Tuhan memilih Daud untuk menjadi hamba-Nya? Sejak Daud masih jadi penggembala kambing domba, Tuhan sudah memilih Daud, untuk menjadi GEMBALA Israel, yang akan memimpin dengan KETULUSAN HATINYA dan dengan KECAKAPAN TANGANNYA.

Ketulusan; bicara karakter yang berintegritas

Kecakapan; bicara tentang skill atau keahlian.

  1. Sebagai seorang gembala, Daud pandai bermain kecapi. ( I Samuel 16:16, 18, 19, 23).

Tidak heran para gembala yang sudah melihat Bayi Yesus, mereka kembali ke tempat penggembalaan mereka SAMBIL MEMUJI DAN MEMULIAKAN ALLAH ( Lukas 2:20)

Apakah para gembala ini memuji dan memuliakan Allah sambil bermain kecapi? Alkitab tidak menuliskannya, namun bisa saja hal itu terjadi. Karena permainan kecapi adalah salah satu keahlian gembala dalam pekerjaannya sebagai seorang gembala dalam menggembalakan kambing dombanya.

  1. Berita kepada para gembala disertai dengan konser para malaikat. ( Lukas 2:14). Dan ini baru pertama kali terjadi, malaikat menyampaikan pesan ke manusia sembari bernyanyi/ memuji Allah.

Bukankah Daud adalah seorang pribadi yang suka memuji dan menyembah Tuhan/ seorang worshiper/ penyembah?

Daud memuji Tuhan, 7 kali dalam sehari ( Mazmur 119:164)

Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.

Oleh karena itulah, sebagai Anak Daud, berita kelahiran Yesus pun dinyanyikan/ dikonserkan.

 

Mari kita lihat apa yang terjadi pada orang yang suka memuji Tuhan, seperti DAUD??

Menjadi pribadi yang berkenan di hati TUHAN, dan menjadi pribadi yang melakukan segala kehendak TUHAN ( Kisah Rasul 13:22-23, I Samuel 13:14, Mazmur 89:21, Mazmur 78:70-72)

Lihatlah dari referensi ayat-ayat tersebut, bahwa ketika Daud dikatakan berkenan di hati TUHAN, adalah saat dia ditunjuk menjadi raja oleh Tuhan, untuk menggantikan Saul. Jadi posisi Daud saat itu masih sebagai seorang gembala, dia ditunjuk oleh Tuhan. Lalu Tuhan memerintahkan Samuel untuk mengurapi Daud. Pada saat itu, Daud belum menunjukkan prestasi apa-apa dalam kemiliteran, dll, bahkan saat itu Daud belum menjadi pemain kecapi kerajaan, belum menjadi pembawa senjata Saul, belum menang berduel dengan Goliat.

Hanya karena Daud rajin praise and worship/ rajin memuji Tuhan, dengan bermazmur, ( contoh misalnya Mazmur 23) saat dia menggembalakan kambing domba itulah, Daud didapati menjadi pribadi yang berkenan di hati TUHAN, menjadi pribadi yang melakukan kehendak TUHAN

Kisah Rasul 13:22  seorang yang berkenan di hati-Ku

 

MSG ©

biblegateway Act 13:22

God removed him from office and put King David in his place, with this commendation: ‘I’ve searched the land and found this David, son of Jesse. He’s a man whose heart beats to my heart, a man who will do what I tell him.’

 

Daud dikatakan menurut terjemahan MSG; He’s a man whose heart beats to my heart

Orang yang mengikuti irama detak jantung TUHAN.

Oleh karena itulah Daud menjadi pribadi yang dapat mengerti irama detak jantung TUHAN, sehingga dia pun pada akhirnya menjadi pribadi yang melakukan kehendak TUHAN dalam hidupnya/ TAAT.

Ketaatan Daud adalah karena dia memahami isi hati TUHAN.

Darimanakah didapat yang semacam itu, bisa satu tempo, satu irama dengan hati TUHAN?

Didapat dari memuji dan menyembah Tuhan setiap hari. Praise and Worship di hadirat TUHAN.

Oleh karena itulah tidak heran Yesus disebut Anak Daud, karena pribadi Daud sangat berkesan di hati TUHAN. Walaupun Daud tetap punya kekurangan, pernah jatuh dalam dosa, tetap manusia biasa, tetapi KECUALI DALAM PERKARA URIA, ORANG HET ITU, Daud menjadi pribadi yang berkenan di hadapan Tuhan.

 

 

KESIMPULAN;

Marilah kita sebagai pribadi yang bernafas, marilah kita menjadi pribadi yang rajin memuji Tuhan, bersyukur pada Tuhan.

Dalam keadaan apa pun, memuji Tuhan

Sama seperti Yesus pun menyanyi pada saat Dia akan menjalani Via Dolorosa/ Jalan Salib. (Markus 14:26). Nyanyian pujian menjadi nyanyikan yang terus terngiang di hati Yesus, saat mana dia menjalani masa sengsara yang sangat hebat itu.

Untuk menebus kita di kayu salib, Yesus tidak melakukannya dengan keluhan, tetapi dengan bernyanyi, memuji, bersyukur, melakukannya dengan urapan sukacita ( Ibrani 1:9)

 

Diterbitkan oleh Susan Grace Hadazah Sumilat Widiono S.MG. HP.081946262599

Saya sangat bersyukur bisa berbagi rhema dengan anda semua. Kunjungi Kanal YouTube BERBAGI RHEMA

Tinggalkan komentar