CARA PANDANG ILAHI

TULISAN INI ADALAH TULISAN SERI

CARA PANDANG ILAHI

MEFIBOSET DAN TAHUN TAHUN HIDUPNYA

SI PINCANG DI PELUKAN AYAH

LAMPIRAN 1

CARA PANDANG ILAHI

(diselidiki oleh Grace)

Kita tentunya tahu bahwasannya Saul itu dirasuk iri pada Daud, sampai –sampai ingin membunuh Daud tanpa alasan yang masuk akal. (I Sam 19:10)

Daud punya kesempatan untuk membunuh Saul selama dua kali, tetapi Daud tidak mau menjamah orang yang diurapi oleh Tuhan.

(I Sam 24: 10-11, I Sam 26: 18)

Saat Saul dan Yonatan dan dua adiknya mati dalam pertempuran, Daud pun berkabung II Sam 1: 17

Daud mengikat janji dengan Yonatan untuk supaya nama Yonatan jangan terhapus dari keturunan Daud. I Sam 18: 3, dan peristiwa perjanjian yang ke dua I Sam 20:16

Terbukti Daud menepati janjinya, dia mengangkat Mefiboset menjadi anggota keluarganya, makan sehidangan dengannya dan tinggal di istana bersamanya. (II Sam 9:13)

Tetapi Daud tidak saja berlaku ramah terhadap anak dari Yonatan, yaitu Mefiboset, saja, tetapi Terlepas dari itu semua kita bisa melihat kebesaran hati Daud dalam penelusuran keluarga berikut ini

Latar Belakang Keluarga

Raja Saul memiliki empat anak laki-laki dan dua anak perempuan

Empat anak laki-laki Saul

1. Yonatan, adalah putra mahkota, Yonatan memiliki anak tunggal bernama Mefiboset/ Mefiboset. I Taw 8: 34, II Sam 9:6

Mefiboset memperanakkan Mikha, dan Mikha memiliki anak Piton, Melekh Tarea dan Ahas I Taw 8: 34, I Taw 8:35

Yonatan akhirnya mati dalam pertempuran ( II Taw 10:2)

2. Malkisua, mati dalam pertempuran ( II Taw 10:2)

3. Abinadab, mati dalam pertempuran ( II Taw 10:2)

4. Esybaal/ sama dengan ISYBOSET , adalah anak Saul yang menggantikan Saul menjadi raja II Samuel 2: 10-11, sementara itu hanya kaum Yehuda saja yang dipimpin oleh Daud. Isyboset mati terbunuh oleh penjahat bernama Rekhab dan Baana bin Rimon, saat ia tidur siang di rumahnya, dan dipenggal kepalanya.  II Sam 4: 7. Alkitab tidak menceritakan bahwa Isyboset itu memiliki anak atau istri.

Esybaal yang arti namanya adalah SEORANG BAAL- baal juga berarti Tuan/Pemilik ) mengganti nama menjadi Isyboset , pria pemalu.

 

Dua  anak perempuan Saul

5. Merab yang sedianya akan diberikan pada Daud menjadi istrinya, tetapi akhirnya dinikahkan dengan orang lain bernama Adriel bin Barzilai. Merab memiliki 5 anak laki-laki yang namanya tidak dicatat dalam Alkitab I Sam 18:17

6. Mikhal yang akhirnya menjadi istri Daud, tetapi kemudian oleh Saul dinikahkan lagi dengan  Palti bin Lais dari Galim Mikhal tidak memiliki anak sampai hari matinya. I Sam 18:19, I Sam 25: 44

Raja Saul memiliki gundik, gundiknya bernama Rizpa binti Aya II Sam 21: 11

Gundiknya ini memiliki dua anak ARMONI dan Mefiboset II Sam 21:8

(jangan bingung dengan nama ini, karna ada dua nama Mefiboset dalam keluarga Saul, yang pertama adalah Mefiboset anak dari Yonatan, yaitu Cucu Saul, dan yang kedua adalah Mefiboset yang ini, anak dari Saul yang di dapat dari gundiknya)

II Samuel 21:1-14

Bangsa Israel mengalami kelaparan, dan saat Daud bertanya pada Tuhan, ternyata penyebabnya adlah hutang darah, di mana Saul melanggar perjanjian yang sudah dibuat antara Yosua dengan orang-orang Gibeon

Saat Israel mengalami kelaparan dan orang Gibeon menuntut nyawa dari 7 orang dari keluarga Saul; inilah yang dilakukan Daud, dia memilih 7 orang ini untuk ditumpas sebagai pembayaran hutang darah tersebut. :

  • 5 cucu Saul dari anak perempuannya Merab II Sam 21:8
  • 2 anak Saul yang didapat dari  gundiknya (yakni yang bernama Armoni dan Mefiboset – anak dari gundik-bukan mefiboset bin Yonatan) II Sam 21:8

Dan Daud tidak memilih:

  • 5 orang cucu Saul dari anak perempuannya Merab (Alkitab tidak pernah mencatat siapa nama kelima anak Merab ini)
  • Serta dua orang, yaitu anak Yonatan bernama Mefiboset serta cucu Yonatan bernama Mikha.  Menurut perhitungan sejarah ( dalam lampiran 2)  usia Mefiboset pada saat itu diperkirakan 38 tahun dan usia Mikha saat itu adalah 18 tahun – jika diasumsikan selisih usia Mefiboset dengan Mikha anaknya 2o tahun.

Dari semua bagian alkitab yang bersinggungan dengan keluarga Saul, kita mendapati bahwa ternyata Daud sangat menghormati dan mengasihi keluarga Saul, ini dibuktikan dengan adanya :

Daud justru menghukum mati orang-orang yang menyampaikan kabar kematian Saul (2 Sam 4: 10, 2 Sam 1: 1-16)

Menghukum mati orang yang membunuh Raja Isyboset bin Saul ( 2 Sam 4: 12)

Mengumpulkan tulang-tulang Saul dan tulang-tulang Yonatan, yang telah dicuri oleh warga kota Yabesh Gilead, juga tulang-tulang dari 7 orang yang digantung oleh orang Gibeon itu, dan semua tulang-tulang itu dikuburkan secara terhormat di tanah Benyamin di Zela di kubur Kish, ayah Saul. II Sam 21:13

Setelah itu kalaparan itu pun berhenti. II Sam 21: 1, 14

Daud menepati janjinya pada Yonatan dan Daud tidak pernah beriktiar untuk memusnahkan keluarga Saul, tetapi Tuhan sendiri yang mengkondisikan anak-cucu Saul mati di medan pertempuran, mati dibunuh, mati karna dituntut nyawa oleh orang GIBEON, dan ada yang terhenti keturunan karna kemandulan

Dari semua keluarga Saul, semuanya musnah , kecuali anak dan cucu dan cicit daripada Yonatan, mereka tetap hidup. (anaknya bernama Mefiboset bin Yonatan, dan cucunya bernama Mikha bin Mefiboset, serta cicitnya bernama Piton bin Mikha, Melekh bin Mikha,  Tarea bin Mikha dan Ahas bin Mikha.)

Ada beberapa rhema yang Tuhan berikan di sini  buat kita:

  1. Daud tahu betul bahwa kepemimpinannya atas Israel bukan dicapai dengan cara memusnahkan keluarga Saul. Bukan cara pintas seperti itu.
  2. Daud tidak terburu-buru menjadi raja Israel secara keseluruhan, saat dia masih memerintah atas Yehuda saja, Daud tidak secara kasar kemudian mengkondisikan bahwa dia akan memerintah Israel secara keseluruhan
  3. Daud memperlakukan Saul sebagai ayah mertuanya dan bukan memposisikan Saul sebagai musuhnya, sehingga kematian dari anggota keluarga Saul adalah perkabungan yang mendalam buat dirinya, walaupun sebagai seorang menantu, Daud dipermalukan karna calon istrinya (Merab) diberikan Saul pada orang lain, dan istri Daud (Mikhal) juga dinikahkan untuk kedua kalinya pada orang lain. (Hal ini bisa kita lihat dari cara Daud memanggil Saul dengan sebutan ‘ayah’ di I Sam 24: 1-23)
  4. .Yonatan memandang keberadaan dirinya sebagai putra mahkota secara budaya kerajaan, tidak dengan kacamata manusia, tetapi dengan mata imannya jauh ke depan, dia sudah menyadari bahwa kepemimpinan Israel akan jatuh ke tangan Daud yang memang sudah diurapi untuk menjadi raja menggantikan ayahnya.
  5. Yonatan tidak bersikap iri terhadap Daud, yang kelak bakalan menggeser kemungkinannya menjadi raja menggantikan ayahnya, tetapi sebaliknya Yonatan justru menjalin persahabatan dengan Daud dan membuat ikat janji agar Daud menjadikan keturunannya sebagai keturungan Daud. Inilah yang dinamakan perjanjian berdasarkan IMAN.
  6. Keturunan Yonatan pada akhirnya selamat baik dari pedang musuh, kejahatan, kemandulan, atau penuntutan balas dari para pendendam, sungguh berbeda sekali dengan keturunan Saul dari anak-anaknya yang lainnya. Mengapa ini terjadi? Perjanjian Daud dengan Yonatan adalah gambaran dari ikat janji keselamatan yang daripada Tuhan atas hidup kita. Dimana keselamatan yang daripada Tuhan akan melepaskan kita dari segala hutang darah, kematian, kekalahan, kemandulan, kejahatan, kutukan, hukuman, dll
  7. Saat keselamatan itu tiba, seperti hidup dari Mefiboset yang pincang, tinggal terasing di Lodebar, menganggap diri seperti anjing mati (minder), dan seluruh harta warisan dirampok oleh Ziba (gambaran dari kemiskinan yang menyerang), hidup menumpang di rumah orang bernama Makhir bin Amiel (tentunya tidak enak menumpang di rumah orang, merasa asing), TUHAN ADAKAN PEMULIHAN, sehingga Mefiboset dipanggil oleh Raja, diajak makan sehidangan dengan raja, semua harta kekayaan yang dirampok oleh Ziba dikembalikan kepadanya, tinggal di istana, semua kebutuhannya dicukupi oleh raja, memakai pakaian kerajaan, dan diperlakukan sebgai keluarga kerajaan.

Diterbitkan oleh Susan Grace Hadazah Sumilat Widiono S.MG. HP.081946262599

Saya sangat bersyukur bisa berbagi rhema dengan anda semua. Kunjungi Kanal YouTube BERBAGI RHEMA

Tinggalkan komentar