PASAL KEMENANGAN ORANG YANG DIURAPI

PA dengan Cik Anie, tanggal 25 Mei 2011

SEBUAH PASAL KEMENANGAN ORANG YANG DIURAPI

Mazmur 20 : 1-10

Ayat 1

Pasal 20 ini ditulis oleh Daud. Judul

Ayat 2 – 3

Kiranya Tuhan menjawab engkau pada waktu kesesakan.

Tuhan memberi respon terhadap jeritan umat-Nya.

Tidak hanya pada saat suka saja Tuhan mau hadir, tetapi juga pada waktu duka/kesesakan.

Tuhan tidak pernah bosan terhadap doa kita , walaupun terkadang doa kita itu mengenai sesuatu pergumulan yang sama terus menerus dalam waktu yang cukup lama, justru Tuhan menganjurkan kita untuk tidak jemu-jemu berdoa, dan harus berdoa dengan tekun.

Contoh anak yang hilang, pada saat berfoya foya hidup jauh dari Bapa. Baru setelah melarat, ingat pada Bapa. Tetapi saat anak itu pulang, Bapa tetap menerima dan menyambut dengan baik.

Hal ini diulangi lagi di ayat 10b

Kiranya nama Allah Yakub membentengi engkau.

 

Mengapa di sini yang disebutkan adalah Allah Yakub, bukan AllahIsrael, Allah Abraham, Allah Ishak, dll?

Dan nama ini mengapa dikait-kaitkan dengan BENTENG?

Kejadian 31: 13

Tuhan mengingatkan Yakub, bahwa di Betel dulu ia pernah bernazar kepada Tuhan. Apa isi nazar Yakub itu?

Isi nazar Yakub bisa kita baca di Kejadian 28: 20-22

Nazar itu berisi bahwa

Tuhan akan diakui Yakub menjadi Allahnya kalau Tuhan melakukan beberapa hal sebagai syaratnya:

  • Tuhan menyertai dan melindungi dia
  • Tuhan menyediakan kebutuhannya berupa roti dan pakaian
  • Tuhan membuat dia selamat kembali ke rumah ayahnya

Point pertama dan kedua , sudah terbukti bahwa Tuhan melindungi Yakub dan menyediakan segala kebutuhan Yakub , walaupun upahnya diganti-ganti selama 10 kali oleh mertuanya laban, tetapi Tuhan tetap menolong memberikan semua kebutuhannya.

Sekarang tinggal point ke 3, akankah dia selamat sampai ke rumah ayahnya?

Ternyata, semalam sebelum Laban mengejar dia, Tuhan sudah memperingatkan Laban, agar Laban jangan mengata-ngatai Yakub. Dan akhirnya didirikan tugu untuk batas antara Laban dan Yakub. Dan Tuhan ternyata membuat Yakub pergi dengan anak dan istrinya dengan tetap membawa upah, hasil kerjanya, yang kalau dia berpamitan baik-baik dengan Laban, tentulah dia akan pergi dengan tangan hampa. (Kejadian 31: 22-55)

Kejadian 32: 6

Esau sedang berjalan kea rah Yakub dengan diiringi 400 orang….

Hal ini bukan main-main, bisa saja Esau berniat untuk PERANG, karna ia tidak sendiri, melainkan membawa pasukan.

Akhirnya dengan seribu akal cerdik Yakub, ia membagi keluarganya dalam dua pasukan yang terpisah, serta mengirim persembahan persembahan ternak pada Esau terlebih dahulu sebelum esoknya ia berangkat menyusul.

Malam itulah ia bergumul dengan malaikat Tuhan, dan terjadilah pemulihan, dari nama Yakub yang artinya penipu diubar menjadiIsraelyang artinya Pemenang. Barulah ia mendapat doa berkat, sehingga saat keesokan harinya ia bertemu dengan Esau, ia selamat.

Kej 33: 4

Terjadi pemulihan kakak beradik, yang tadinya sebenarnya direncakan pertumpahan darah.

Mengapa di pakai nama Allah Yakub? Dan dikaitkan dengan benteng?

Karna untuk Abraham memanggil Allah sebagai Allahnya itu mudah. Untuk Ishak memanggil Allah Abraham menjadi Allahnya itu juga mudah

Tetapi untuk Yakub mengakui Allah Abraham dan Allah Ishak itu menjadi Allahnya- tidak mudah, dalam arti Yakub meminta bukti bahwa ALLAH sanggup menjadi Allah yang membentengi hidupnya.

Dan ternyata terbukti bahwa Allah Abraham Allah Ishak itu juga adalah Allah Yakub, karna Allah membuktikan bahwa janji-Nya terhadap Yakub di Bethel itu terbukti..

Mazmur 20:3

Kiranya dikirimkan-Nya bantuan kepadamu dari tempat kudus, dan disokongnya engkau dari Sion.

Keren !! Bantuan bukan dari walikota, gubenur, bahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah, melainkan BANTUAN LANGSUNG DARI SORGA….

Yang menjadi dekingan kita adalah TUHAN sendiri.

Hal ini ditegaskan lagi di ayat 7

Ayat 4

Kiranya diingat-Nya segala korban persembahanmu, dan disukai-Nya korban bakaranmu

Adahubungan dua arah di ayat ini, kita memberikan persembahan dan korban bakaran, ternyata Tuhan meresponi dengan mengingatnya dan menyukainya.

Apakah korban itu? Segala sesuatu yang kita persembahkan pada Tuhan , dengan melalui rasa sakit. Misalnya ; korban syukur, artinya pada saat yang tidak enak, sedang sedih, diminta tetap bersyukur dan bersukacita. Itu namanya korban. Kalau sedang senang diminta bersyukur, itu gampang.

Ayat 5

Kiranya diberikan-Nya kepadamu apa yang kaukehendaki dan dijadikan-Nya berhasil apa yang dirancangkannya

Janji Tuhan:

Bukan hanya apa yang kita butuhkan saja, tetapi juga apa yang kita kehendaki. Di kata ‘kehendaki’ mengandung unsure selera kita. Misalnya; kita membutuhkan panci, Tuhan tidak hanya sekedar memberi panci sembarangan, tetapi Tuhan akan berikan sesuai apa yang kita kehendaki, misalnya ukuran panci nya, tutupnya, warnanya, modelnya, gambarnya, dll.

Apa yang jadi rancangan…kita dijadikan Tuhan berhasil. Jadi Tuhan itu sampai mengerti dan mau memahami rancangan kita sampai sekecil-kecilnya, ibarat rancangan bangunan rumah, Dia itu mau mewujudkan sampai ke berapa ukuran kamar, kermaiknya, lampunya, jendelanya, ac –nya, warna catnya dll

Diulangi lagi di ayat 6c

Kiranya Tuhan memenuhi segala permintaanmu

 

Ayat 6a

Kami mau bersorak-sorai tentang kemenanganmu dan mengangkat panji-panji demi nama Allah kita.

 

Ayat ini bicara tentang : peperangan rohani. Harus bersorak. Semangat, pekik peperangan. Seperti mayoret di depan barisan drum band, harus ada tongkat tinggi yang terlihat sampai barisan belakang untuk memberi aba-aba, demikian juga kita harus mengangkat panji-panji kemenangan Allah kita, dengan menaikkan doa dan puji-pujian/ praise and worship.

Di ayat 6 belum menang, tetapi sudah bersorak, bandingkan dengan II Tawarikh pasal 20. Itulah yang dinamakan SORAKAN IMAN

Ayat 7

Sekarang aku tahu, bahwa Tuhan memberi kemenangan kepada orang –orang yang diurapi-Nya dan menjawabnya dari sorganya yang kudus, dengan kemenangan yang gilang gemilang oleh tangan kanan-Nya.

Kemenangan itu adalah pemberian dari Tuhan, tetapi kita sendiri harus menjadi orang-orang yang tinggal dalam pengurapan Tuhan.

Pengurapan tidak dapat dilepaskan dari kekudusan (bandingkan dengan Pengkotbah 9: 8 biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu. Putih bicara tentang kekudusan, minyak bicara tentang urapan)

Bayangkan bahwa tangan kanan Tuhan sendiri lho yang memberi kemenangan.

Ayat 8-9

Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama Tuhan, Allah kita. Mereka rebah dan jatuh, tetapi kita bangun berdiri dan tetap tegak

Boleh-boleh saja orang-orang di sekitar kita mengandalkan kekuatannya sendiri, dan hartanya, kepandaiannya, warisannya, gelarnya, bisnisnya, jabatannya dll, tetapi andalan kita hanya Nama Tuhan, Allah kita.

Karna kebanggaan itu semua semu, tetapi kebanggaan karna punya Allah yang luar biasa, itu kekal.

Orang yang mengandalkan itu semua akan jatuh dan hidup di bawah hukum kutuk ( Yeremia 17: 5-8)

Tetapi orang yang mengandalkan Tuhan, akan tetap tegak berdiri karna hidup dibawah hukum berkat.

Ayat 10:

Ya Tuhan berikanlah kemenangan kepada raja !

Walaupun Daud adalah raja, dia tetaplah meminta kemenangan yang dia sadari sepenuhnya, itu asalanya dari Raja berhuruf R besar. Yaitu Raja di atas segala raja.

Jawablah kiranya kami, pada waktu kami berseru

 

Sangat mengandalkan akan jawaban dari Tuhan atas seruan doa.

zwani.com myspace graphic comments

Diterbitkan oleh Susan Grace Hadazah Sumilat Widiono S.MG. HP.081946262599

Saya sangat bersyukur bisa berbagi rhema dengan anda semua. Kunjungi Kanal YouTube BERBAGI RHEMA

Tinggalkan komentar